Kaleidoskop 2020: 8 Peristiwa Besar Menggemparkan Sepanjang Tahun 2020

Kaleidoskop 2020: 8 Peristiwa Besar Menggemparkan Sepanjang Tahun 2020

Lori Official Writer
558

Tahun 2020 sudah terlewati. Bisa dibilang tahun ini benar-benar dipenuhi dengan beragam peristiwa-peristiwa yang menggemparkan, khususnya ketika seluruh aktivitas masyarakat dunia harus berhenti sejenak akibat munculnya virus baru yang mematikan, Covid-19 sejak akhir tahun 2019 silam. 

Tidak sampai di sana, ada banyak peristiwa lain yang mengikutinya di sepanjang tahun 2020. Beberapa diantaranya adalah: 

7 Januari 2020: WHO mengidentifikasi virus novel corona di China 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berlokasi di China secara resmi mengumumkan kemunculan virus jenis baru yang disebut virus novel corona atau 2019-nCov. 

Faktanya, virus ini telah muncul sejak bulan November 2019 di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Namun pemerintah baru menanggapinya dengan serius setelah banyak orang mulai mengalami gejala yang berbeda dengan penyakit lainnya. 

23 Januari: Wuhan, China jadi pusat penyebaran virus Covid-19

Pada 23 Januari, pejabat kota di Wuhan, China memerintahkan isolasi massal kepada sebanyak 11 juta penduduknya setelah munculnya virus Covid-19. 

Selama satu minggu pertama masa isolasi, masyarakat menghadapi masa-masa krisis termasuk kekurangan pasokan makanan dan juga kapasitas rumah sakit yang tidak sanggup menampung pasien.

26 Januari: Pebasket legendaris Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter

Semua pecinta basket terkejut ketika mendengar kabar insiden kecelakaan helikopter di Calabasas, California pada 26 Januari 2020.

Pasalnya, kecelakaan tersebut menyebabkan tewasnya sang legenda basket Laker Kobe Bryant beserta putri keduanya Gianna Bryant serta tujuh orang lainnya. 

Kala itu, mereka berencana mengadakan perjalanan untuk menghadiri pertandngan di fasilitas olahraga Bryant Akademi Mamba. Namun di tengah jalan, helikopter lepas kendali akibat cuaca yang berkabut.

11 Februari: WHO menamai virus Wuhan dengan virus Covid-19

Jika sebelumnya WHO menamai virus baru Wuhan dengan 2019-nCoV, maka pada 11 Februari 2020 virus ini resmi diberi nama Covid-19. 

“Kami harus menemukan nama yang tidak mengacu pada lokasi geografis, hewan, individu, atau kelompok orang,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. 

10 Maret: Italia jadi negara pertama yang lumpuh akibat virus Covid-19

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan kebijakan lockdown nasional di negara itu setelah banyak warganya tertular virus Covid-19 dan menyebabkan banyak kematian.

Italia akhirnya menutup pintu dari negara luar dan fokus mengatasi penyebaran virus. 

25 Mei: Kematian George Floyd mengundang kemarahan di seluruh Amerika

Kematian pria kulit hitam bernama George Floyd pada Senin, 25 Mei 2020 menimbulkan gelombang kericuhan di berbagai wilayah di Amerika.

Isu rasisme pun kembali mencuat karena kematian Floyd terjadi akibat perlakuan semena-mena pihak kepolisian. Floyd diketahui tewas setelah seorang polisi bernama Derek Chauvin menekan bagian lehernya dengan lutut dalam waktuku yang cukup lama. Hingga dia harus menghembuskan nafas terakhirnya.

 

Baca Juga: Wow, 5 Video Kisah Nyata Solusi Ini Viral Di Facebook Di Tahun 2020

 

4 Agustus: Ledakan besar di Pelabuhan Beirut

Sebuah ledakan berskala besar meluluhlantakkan pelabuhan Beirut, Libanon. Ledakan tersebut dinyatakan berasal dari 2750 ton amonia. Akibatnya, sebanyak 190 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka.

7 November : Joe Biden dinyatakan menang secara sah sebagai Presiden Amerika yang ke-46

Pemilihan di Amerika jadi pembahasan yang cukup panas selama beberapa bulan belakangan. Meski banyak yang optimis Donald Trump akan terpilih kembali, namun kenyataannya jumlah suara Trump kalah jauh dari suara pendukung rivalnya Joe Biden.

Setelah menunggu terkumpulnya seluruh surat suara, akhirnya Biden dinyatakan menang sebagai Presiden Amerika ke-46 pada 7 November 2020 lalu.

Di akhir tahun 2020 ini, sebelum memasuki tahun 2021, mari meluangkan waktu untuk berefleksi kembali. Setiap hal yang sudah terjadi sepanjang tahun 2020 ini, kiranya mengajarkan kita bahwa tak seorang pun yang mampu menerawang apa yang terjadi ke depan. Jadi, mari mengandalkan Tuhan setiap saat. Karena Dia saja yang mampu dan mengizinkan segala sesuatu terjadi di dunia ini.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami