Makanan Khas Natal di Berbagai Negara, Indonesia Punya Apa Ya?

Makanan Khas Natal di Berbagai Negara, Indonesia Punya Apa Ya?

Claudia Jessica Official Writer
464

Setiap perayaan pasti memiliki ciri khas sendiri. Mulai dari cara berdoa, pakaian, termasuk hidangan. Nah kalau di Indonesia sendiri, biasanya yang paling identik adalah opor ketika lebaran.

Kalau Indonesia, kira-kira apa ya hidangan yang identik dengan Natal? Lalu di luar negeri, ada hidangan apa ya? Nah, langsung aja yuk kita lihat hidangan identik khas natal di berbagai negara!

1. Brazil, Ceia de Natal

Ceia de Natal memiliki arti ‘Makan Malam Natal.’ Biasanya orang Brasil akan menyiapkan ayam kalkun panggang yang berbeda dari ayam kalkun panggang biasanya. Kalkun ini akan dilumuri dengan sampanye dan rempah-rempah sebagai bumbunya.

2. Meksiko, Chiles en Nogada

Chiles en Nogada adalah daging yang sudah dimasak dan ditaruh di pablano pepper. Makanan ini dilengkapi dengan saus krim kacang walnut. Sebagai sentuhan terakhir, makanan ini juga dihias dengan biji dan buah delima.

3. Indonesia, Babi Panggang

Sebenarnya, tidak ada menu khusus yang dipersiapkan saat Natal di Indonesia. Namun, rata-rata orang Indonesia akan menyajikan babi panggang atau olahan babi lainnya sebagai hidangan ketika Natal.

Tapi, gak hanya di Indonesia. Babi panggang dan olahan babi lainnya juga melengkapi meja makan di seluruh dunia ketika perayaan Natal.

4. Argentina, Vitel Tone

Makan malam Natal di Argentina rasanya tidak lengkap apabila tidak ada sajian satu ini. Vitel tone terbuat dari irisan daging sapi dengan saus tuna di atasnya. Yang membuatnya lebih unik ialah makanan ini disajikan ketika sudah dingin.

Dari menu makanan utama, kita akan pindah ke negara yang menyajikan dessert sebagai menu khas Natal.

5. Jepang, Kurisumasu Keki

Kurisumasu Keki adalah cara orang jepang membaca tulisan berbahasa inggris dari ‘Christmas Cake.’ Sebenarnya, kue ini hanyalah kue sponge biasa yang bagian tengahnya dihiasi dengan whipped cream dan stroberi.

6. Denmark, Risalamande

Risalamande terdiri dari puding nasi dan almond-ceri. Yang membuat hidangan ini jadi lebih spesial adalah bagi orang yang beruntung, mereka akan mendapatkan hadiah mainan yang super kecil atau almond di bagian pudding yang paling dasar.

7. Jerman, Stollen

Kue ini adalah fruit cake khas Jerman yang berbentuk sponge cake dan tidak pernah absen di meja makan warga Jerman ketika Natal.

Kue stollen dibuat dari adonan yang dihasilkan dari campuran rhum dan rempah-rempah. Kue ini juga dipercantik dengan buah-buahan kering serta kacang.

Itulah beberapa hidangan Natal yang khas dari berbagai negara. Mana makanan yang ingin kamu cicipi JCers?

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami