3 Hal Berharga yang Wajib Dilakukan Selagi Single

3 Hal Berharga yang Wajib Dilakukan Selagi Single

Lori Official Writer
702

Masa-masa ini gak dimungkiri ada banyak sekali orang yang masih hidup melajang di usia 30-an ke atas. Selain mengaku belum menemukan orang yang tepat, banyak diantaranya yang mengaku belum siap menikah. 

Apapun alasannya, masa single tetaplah masa single. Bersyukurlah karena masih diberikan waktu yang lebih panjang untuk menikmatinya. Karena di masa-masa ini, para single bisa melakukan apapun yang mereka suka mulai dari bertualang, nongkrong bareng teman, belanja, menabung dan sebagainya. Masa single memungkinkan kita untuk meraih impian. 

Jadi, sebelum menemukan orang yang tepat dan memutuskan untuk menikah, lakukanlah 3 hal berharga ini:

1. PAKAI WAKTU DENGAN MAKSIMAL

Jangan pernah sia-siakan waktu luang yang ada. Jangan pernah berpikir bahwa semua waktu yang ada adalah fokus kepada dirimu sendiri. Tuhan tidak memberikannya supaya kamu menghabiskannya untuk melakukan apa yang kamu mau saja.

Karena itu adalah pemberian Tuhan, maka gunakanlah itu untuk menyenangkan hati Tuhan. Pakailah waktu itu dengan maksimal, investasikan waktumu untuk pekerjaan yang berdampak luas. Pastikan memakainya seperti seorang pedagang saham yang menginvestasikan uangnya. 

“Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan, bagaimana Tuhan berkenan kepadanya. Orang yang beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan isterinya, dan dengan demikian perhatiannya terbagi-bagi. Perempuan yang tidak bersuami dan anak-anak gadis memusatkan perhatian mereka pada perkara Tuhan, supaya tubuh dan jiwa mereka kudus. Tetapi perempuan yang bersuami memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan suaminya.” (1 Korintus 7: 32-34)

Seperti ayat di atas, pusatkanlah perhatianmu pada sesuatu yang berdampak. Misalnya, terlibat dalam pelayanan anak, kegiatan kemanusiaan, komunitas Kristen,organisasi pengentas kemiskinan atau bahkan membangun usaha untuk membantu orang-orang yang kurang mampu.

Gak ada salahnya menghabiskan beberapa bulan untuk pelayanan misi ke suatu tempat. Karena pengalaman itu akan membentuk cara pandangmu terhadap dunia.

 

Baca Juga: Selagi Masih Ada Waktu, Lakukanlah 6 Hal Ini Sebelum Kamu Berkata Siap Untuk Menikah

 

2. PAKAI UANGMU DENGAN BIJAK

Cara mengelola keuangan sejak masa single akan sangat berdampak ketika pada bagaimana pengelolaan keuangan setelah menikah nanti. Karena itu, mulailah mengelola keuangan dengan bijak. Bukan saja menghasilkannya kemudian menghabiskannya dengan gaya hidup yang boros. Sebaliknya, alokasikan semua pendapatan sesuai dengan tujuannya. Misalnya, uang untuk ditabung, uang untuk kebutuhan sehari-hari, uang untuk bersenang-senang dan juga uang untuk berinvestasi.

Masa single adalah masa yang paling tepat untuk menabung secara rutin. Karena itu, kelolalah uangmu dengan bijak. Hindari hidup berfoya-foya dan terlilit utang. Percayalah, ini semua akan berdampak baik untuk masa depanmu.

3. KEMBANGKAN POTENSIMU

Masa single adalah masa untuk memaksimalkan potensi diri. Setiap orang pasti dikarunia talenta tertentu. Temukan potensimu lebih dulu, kemudian asahlah dengan menemukan tempat yang tepat. 

Jika ternyata talentamu adalah untuk membangun komunitas, mulailah dengan mendekati banyak orang yang sevisi denganmu. Jika talentamu untuk mengajar, carilah komunitas yang fokus mengajar anak-anak. Buatlah perubahan di sekitarmu lebih dulu.

Masa single adalah masa dimana kita punya banyak waktu untuk fokus melakukan sesuatu yang besar. Jadi jangan sia-siakan waktu itu. Pakailah semua potensi yang ada untuk membuatmu bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Sumber : Biblestudytools.com
Halaman :
1

Ikuti Kami