Makna Dibalik Nama Imanuel Dalam Tema Natal 2020: Mereka Menamakan-Nya Imanuel!

Makna Dibalik Nama Imanuel Dalam Tema Natal 2020: Mereka Menamakan-Nya Imanuel!

Puji Astuti Official Writer
1536

Pada tahun 2020 ini, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Konfrensi Wali Gereja (KWI) mengutip Matius 1:23 menjadi tema Natal Nasional, yaitu: "Mereka akan menamakan Dia Imanuel." Pernyataan yang ditulis Rasul Matius ini merujuk kepada nubuatan Nabi Yesaya seperti dicatat dalam Yesaya 7:14.

Yesaya menyatakan bahwa "Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel."

Kata Imanuel dalam bahasa Ibrani adalah "Tuhan beserta kita." Yesus secara harfiah tidak dinamai Imanuel, sebab Yusuf mendapatkan instruksi khusus melalui mimpi untuk menamakan Dia Yesus (Matius 1:21), demikian juga dengan pesan malaikat Gabriel kepada Maria (Lukas 1:31). Walau demikian secara peran, Yesus menjadi penggenapan dari janji Tuhan dari nama Imanuel tersebut, sebab  melalui kelahiran-Nya, Dia membawa hadirat Tuhan atau kehadiran Tuhan itu ditengah-tengah manusia. Dia adalah Tuhan yang sejati, berinkarnasi ke tengah-tengah manusia dan menjadi sama dengan manusia. 

Konsep Tuhan hadir di tengah umat-Nya sudah ada sejak di Taman Eden, dimana Tuhan berjalan-jalan dan berbincang dengan Adam dan Hawa. Namun dosa memisahkan Allah dengan manusia, untuk itulah Sang Mesias hadir ke dalam dunia ini untuk menebus manusia dari segala dosa kita, sehingga kita kembali memiliki hubungan yang intim dengan Allah. 

Janji kehadiran Tuhan dalam hidup kita itu telah digenapi, Ia berkata, "Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." (Matius 18:20). Bahkan sebelum Ia naik ke Sorga, Yesus berkata, "Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:20). Tidak hanya sampai di situ, Dia juga menjanjikan kehadiran Roh Kudus yang berdiam di dalam hati kita (Yohanes 14:16). 

Ditengah pandemi ini, ada banyak tantangan yang kita hadapi. Namun janji Tuhan ini tidak pernah berubah, Tuhan beserta kita, Imanuel. Sekalipun harus merayakan Natal dengan sederhana dan ditengah keprihatinan, namun kehadiran Tuhan dalam hidup kita adalah hal utama yang patut kita syukuri. Selamat hari Natal!


Baca juga : 

PGI dan KWI Tetapkan Tema Natal 2020, Berikut Rinciannya...

Natal di Tengah Pandemi, Ini Pesan dan Imbauan Natal 2020 Dari PGI dan KWI


 

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami