7 Lagu Natal Paling Legendaris Sepanjang Masa

7 Lagu Natal Paling Legendaris Sepanjang Masa

Lori Official Writer
713

Setiap memasuki bulan Desember, kita akan mulai menyetel musik bertema Natal. Kita seakan rindu menikmati suasana teduh dan damai selama masa persiapan menyambut perayaan kelahiran Yesus yang jatuh pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya.

Jadi, gak heran kalau 7 lagu Natal legendaris ini paling sering diputarkan dimana-mana. Lagu-lagu apa saja itu?

1# Hark! The Herald Angels Sing

Hark! The Herald Angels Sing adalah lagu Natal yang pertama kali muncul pada tahun 1793. Lagu ini ditulis oleh Charles Wesley. 

Bait pertama pembukaan lagu ini aslinya adalah Hark! How all the welkin rings/Glory to the King of Kings. Hanya saja lagu ini mulai diubah menjadi versi yang saat ini populer didengarkan. Pada tahun 1840, setelah penemuan mesik cetak, lagu ini kemudian diadaptasi oleh musisi Inggris William H. Cummings dan membuat lagu ini menjadi salah satu lagu paling fenomenal.

2# Joy To The World 

Joy To The World ditulis oleh penulis himne asal Inggris Isaac Watts yang dikutip dari kitab Mazmur 98. 

Lagu ini pertama kali terbit pada tahun 1719 dan dijadikan sebagai lagu wajib di ibadah gereja. 

Dalam kisahnya, Watts menulis kata-kata Joy To The World ini sebenarnya dibuat sebagai lagu pujian kepada Yesus atas kedatangan kedua-Nya daripada merayakan kelahiran-Nya ke dunia. 

Sementara musiknya diyakini sebagai adaptasi dari penyanyi himne ternama George Frideric Handel.

3# The Little Drummer Boy

The Little Drummer Boy adalah lagu Natal populer yang ditulis oleh komposer dan guru musik klasik Amerika Katherine Kennicott Davis pada tahun 1941. Lagu itu lalu direkam pada tahun 1955 oleh Trapp Family Singers dan dipopulerkan oleh Harry Simeone Chorale. Versi inilah yang didengarkan secara secara luas sampai hari ini.

4# Silent Night

Silent Night adalah lagu Natal yang bisa dibilang selalu wajib dinyanyikan. Lagu ini ditulis pada tahun 1818 oleh Franz Xaver Gruber bersama Joseph Mohr di kota kecil Oberndorf bei Salzburg, Austria. 

Uniknya, lagu ini tercipta karena sebuah insiden yang tak terduga dimana organ gereja rusak. Sehingga Pastor Joseph membuat lirik tersebut secara langsung. Saat itulah Silent Night dinyanyikan sebelum secara resmi diterbitkan pada tahun 1838.

 

Baca Juga: Buat Yang Belum Tahu, Ini Sejarah Munculnya Lagu Natal ‘Silent Night’ Loh!

 

#5 Hai Kota Mungil Betlehem

Hai Kota Mungil Betlehem atau O Little Town of Bethlehem adalah lagu Natal yang ditulis pertama kali oleh Philips Brooks, seorang imam Episkopal dan rector di Gereja Tritunggal Mahakudus, Philadelphia. Dia menulis lagu ini karena terinspirasi setelah melakukan ziarah ke kota Betlehem di Yerusalem pada tahun 1865. Tiga tahun kemudian, dia menulis puisi untuk gerejanya dan meminta untuk mengiringinya dengan organ. 

Siapa sangka puisi itu justru dianggap cocok untuk dijadikan lagu dan terciptalah lagu O Kota Mungil Betlehem.

6# Angels We Have Heard on High

Angels We Have Heard on High adalah lagu Natal asal Prancis. Lagu ini berisi tentang kisah kelahiran Yesus yang ditulis di injil Lukas. Di sana dikisahkan tentang para gembala yang bertemu malaikat dan mereka memuji Tuhan. 

Kata-kata yang ditulis dalam lagu diambil dari bahasa Prancis Les Anges dans nos campagnes (Malaikat di Pedesaan Kami). 

Lagu ini kemudian mengalami beberapa perubahan termasuk menjadikannya dalam versi bahasa Inggris yang diterjemahkan pada tahun 1862 oleh James Chadwick. 

Dengan versi bahasa Inggrisnya, lagu inipun melejit menjadi salah satu lagu favorit Natal.

 

Baca Juga: Inilah Kumpulan Lagu Natal Terbaru. Cocok Banget Untuk Segala Usia!

 

7# Hai Siarkan di Gunung

Hai Siarkan di Gunung atau dalam versi Inggris-nya Go Tell It on The Mountain adalah lagu Natal yang dikarang oleh John Wesley Work, Jr. Lagu aslinya dibuat oleh seorang penulis lagu keturunan Afrika-Amerika. Pada tahun 1907, John menemukan lagu ini dan menerbitkannya. Hari ini lagu Natal inipun menjadi sangat terkenal dan salah satu lagu yang paling dirindukan saat perayaan Natal.

Dari daftar lagu di atas, yang mana sih favoritmu? Yuk bagikan komentarmu di kolom komentar di bawah ini ya.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami