5 Alasan Kaum Muda Single Perlu Ikuti Seminar Rohani

5 Alasan Kaum Muda Single Perlu Ikuti Seminar Rohani

Lori Official Writer
142

Bergabung dalam kelompok sel (komsel) adalah salah satu cara untuk bertumbuh dalam iman. Ini dilakukan gereja supaya para dewasa muda yang masih single bertumbuh dengan baik dalam iman.

Namun seiring dengan munculnya beragam tantangan yang dihadapi para muda di usia mereka saat ini, gereja berpikir perlu untuk memfasilitasi anak-anak muda supaya siap menghadapi tantangan dunia ke depan lewat digelarkan berbagai seminar rohani.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa kaum dewasa muda gereja perlu mengikuti seminar-seminar rohani. Sementara alasan lainnya adalah:

1. Memperlengkapi kaum muda untuk siap menjadi pelayan

Menjadi pelayan tidak hanya pantas bagi mereka yang sudah menikah atau berpasangan. Tapi kaum muda memiliki potensi untuk menjadi pengganti dari pemimpin-pemimpin lama di gereja. 

Karena itulah, gereja perlu memikirkan strategi untuk mempersiapkan para dewasa muda single ini untuk siap melayani Tuhan. Karena pada dasarnya, Tuhan memanggil setiap orang untuk melayani Dia tanpa mengenal status. 

2. Seminar menjadi sarana untuk mempertajam pandangan soal menjadi Kristen

Di zaman ini, ada banyak anak muda yang malas ke gereja karena gereja dianggap tempat yang membosankan. Kalau kita membiarkan hal ini terlalu lama, maka gereja akan kosong dengan anak-anak muda. 

Kaum muda single perlu mengikuti seminar yang benar-benar menjawab kebutuhan mereka sekaligus menjadi sarana untuk mempertajam pandangannya soal menjadi Kristen. 

 

Baca Juga: 

5 Hobi yang Bikin Cewek Menarik di Mata Cowok

 

Selagi Masih Ada Waktu, Lakukanlah 6 Hal Ini Sebelum Kamu Berkata Siap Untuk Menikah

 

3. Melatih kaum muda akan pelayanan misi

Walaupun pembimbing rohani di dalam komsel akan mengajarkan hal ini kepada kaum muda. Tapi menjadi sangat penting jika mereka juga mendapatkan pelatihan yang lebih mendalam soal apa itu pelayanan misi. 

Rata-rata anak muda menyukai tantangan di luar dari zona nyamannya. Karena itulah mereka perlu didorong untuk keluar. Percayalah, saat seminar yang mereka ikuti berhasil membuka cara pandang mereka tentang panggilan hidupnya, mereka akan berkata ‘siap’ untuk mengerjakan pelayanan misi yang dipercayakan.

4. Kaum muda single perlu mendapat dukungan

Masa muda mereka terlalu berharga untuk dihabiskan hanya untuk mengejar keinginan mereka sendiri. Sebaliknya, sejak semasa mudalah kita harus menyerahkan hidup kita kepada Tuhan untuk dipakai mengerjakan ladang pelayananNya. 

Gereja atau lembaga Kristen perlu menyadari hal ini. Mendukung anak muda bertumbuh dalam iman tidak cukup dilakukan sebatas berkhotbah di atas mimbar. Tapi alokasikanlah waktu dan uang untuk mengarahkan mereka kepada tujuan ilahi. Mengadakan seminar rohani tentang kepemimpinan atau pelayanan misi adalah salah satu bentuk dukungan gereja terhadap kaum muda single.

5. Membantu kaum muda menemukan komunitas 

Depresi adalah penyakit yang rentan dialami kaum muda single. Hal ini terjadi karena mereka tidak punya pergaulan dan sendirian. 

Dengan adanya seminar atau pertemuan Kristen, kemungkinan para single muda bisa saling mengenal dan bersahabat. Gak heran jika semakin banyak seminar yang diikuti seseorang, akan semakin besar kemungkinan dia bertemu teman-teman baru yang bisa menjadi sahabat di kemudian hari. 

Tentu saja kita berharap setiap seminar yang diadakan gereja atau lembaga Kristen sepenuhnya bertujuan untuk memperlengkapi kaum muda single. Bukan untuk mencari keuntungan atau tujuan tertentu yang tidak berdampak bagi kekekalan.

 

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu." - Amsal 22: 6

 

 


Anda butuh didoakan langsung? Klik link di bawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami: http://bit.ly/InginDidoakan.

 Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling: http://bit.ly/inginKonseling.

 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami