Arkeolog Israel Temukan Koin 1.000 Tahun di Yerusalem
Sumber: CBN

News / 13 November 2020

Kalangan Sendiri

Arkeolog Israel Temukan Koin 1.000 Tahun di Yerusalem

Claudia Jessica Official Writer
2060

YERUSALEM, Israel – Arkeolog Israel menemukan botol kecil berisi koin yang berusia 1.000 tahun saat mengerjakan proyek pemasangan elevator di Kota Tua Yerusalem.

Perusahaan untuk Rekonstruksi dan Pengembangan Kawasan Yahudi di Kota Tua memprakarsai pemasangan elevator agar Western Wall Plaza dapat diakses oleh pengunjung kawasan Yahudi.

Inspektur Otoritas Kepurbakalaan Israel Yevgenia Kapil di Kota Tua memprakarsai pemasangan elevator agar Western Wall Plaza dapat diakses oleh pengunjung kawasan Yahudi.

Inspektur Otoritas Kepurbakalaan Israel Yevgenia Kapil menemukan kendi itu ketika melakukan penggalian awal di situs tersebut pada bulan Oktober. Tak lama setelah itu, direktur penggalian David Gellman memeriksa dan mengosongkan toples tersebut dan terkejut dengan apa yang dilihatnya di dalamnya.

“Saya sangat terkejut. Bersamaan dengan tanah, ada Empat koin emas berkilau jatuh ke tangan saya. Ini adalah pertama kalinya saya menemukan emas dalam karir saya sebagai arkeolog, dan itu sangat menarik,” kata Gellman dalam sebuah pernyataan.

Koin berusia 1,000 tahun itu berasal dari masa ketika Tanah Suci berada di bawah kendali Islam.

Foto: Dafna Gazit, Otoritas Barang Antik Israel

“Koin-koin itu dalam pengawetan yang sangat baik dan dapat segera diidentifikasi sekalipun tanpa pembersihan,” Menurut pakar koin Israel Antiquities Authority, Dr. Robert Kool.


Baca juga: Paus Ucapkan Selamat Pada Joe Biden, Presiden Amerika Kedua Yang Beragama Katolik


“Koin-koin tersebut berasal dari periode yang relatif singkat, dari akhir 940-an hingga 970-an Masehi. Ini adalah masa perubahan politik radikal, ketika kendali atas Eretz Israel berpindah dari kekhalifahan Sunni Abbasiyah, yang ibukotanya adalah Baghdad, Irak, ke tangan saingan Syiahnya — dinasti Fatimiyah Afrika Utara, yang menaklukkan Mesir, Suriah dan Eretz Israel pada tahun-tahun itu. Profil koin yang ditemukan di dalam kendi adalah cerminan yang hampir sempurna dari peristiwa bersejarah.”

Foto: Dr. Robert Kool sedang memeriksa koin-koin itu. Foto: Shai Halevi, Otoritas Barang Antik Israel

Dua dari koin itu dicetak di kota Ramla di Israel tengah, yang berada di bawah pemerintahan Khalifah al-Muti dari 946-974 M. Sedangkan dua koin emas lainnya dicetak di Kairo.

“Empat dinar adalah jumlah uang yang cukup besar bagi sebagian besar penduduk, yang hidup dalam kondisi sulit pada saat itu,” kata Dr. Kool. “Itu sama dengan gaji bulanan seorang pejabat di bawah umur, atau gaji empat bulan untuk pekerja biasa.”

Dr. Kool juga menjelaskan bahwa ini adalah pertama kali koin dari periode Fatimiyah Islam ditemukan di Yerusalem.

Sumber : CBN
Halaman :
1

Ikuti Kami