Biar Gak Ketipu, Ini Loh Cara Bedakan Madu Asli atau Palsu

Biar Gak Ketipu, Ini Loh Cara Bedakan Madu Asli atau Palsu

Lori Official Writer
187

Di tengah pandemi saat ini, banyak masyarakat yang memburu madu karena mengandung manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. 

Namun madu akan bekerja dengan baik dalam tubuh jika benar-benar murni. Artinya madu yang dikonsumsi dihasilkan langsung dari sarang lebah.

Tapi gak sedikit orang yang tertipu saat membeli madu palsu yang dijual di pasaran karena secara tekstur dan rasa, banyak orang yang sulit membedakan mana yang asli dan palsu. 

Untuk mendapatkan madu murni yang baik pun bisa jadi tantangan yang sulit. Yang perlu diketahui adalah kualitas terbaik madu berasal dari lebah dan bukan hasil pabrik. 

Karena itu, sebelum membeli madu pastikan untuk melakukan beberapa tes berikut:

1. Madu asli cenderung kental sedangkan madu palsu lebih cair

Untuk memastikan kemurnian madu, cobalah membalikkan madu yang ada di dalam botol. Jika cairan madu bergerak cepat bisa dipastikan madu tersebut tidak murni dan sudah tercampur dengan zat lain. Sehingga tingkat kekentalannya menjadi berkurang. 

Sementara madu murni biasanya sangat kental dan tidak mudah menetes saat dioleskan di ujung jari. 

2. Madu asli mengendap di dalam air

Lakukan tes ini untuk mengetahui apakah madu asli atau palsu.  Pertama, ambil satu sendok the madu dan tuangkan di dalam gelas berisi air. Jika ternyata madu langsung larut dalam air, berarti madu palsu. Sebaliknya, jika madu mengendap di dalam air itu artinya madu asli.

3. Madu asli akan mengkristal

Salah satu cara teraman membeli madu adala h membelinya dalam kondisi sudah mengkristal. Tapi memang tak semua jenis madu yang mudah mengkristal dalam waktu tertentu. Karena ada beberapa jenis madu yang butuh waktu lama untuk mengkristal.

 

Baca Juga: Teh Hijau dan Madu Paduan Tepat Usir Bakteri

 

4. Madu asli mudah terbakar

Lakukanlah tes korek api. Ambil beberapa batang korek api, celupkan ke dalam madu. Lalu nyalakan korek api ke kotaknya. Jika koreknya menyala, berarti madunya asli. Tapi jika tidak menyala, itu artinya madu palsu yang dibuat dengan kandungan air yang tinggi.

5. Madu asli tidak dikerumuni semut

Lakukan tes ini dengan menaruh madu di sebuah wadah, lalu tunggu. Jika banyak semut yang mengerumuni madu itu berarti palsu. Umumnya madu asli tidak akan disukai oleh semut karena alaminya lebah menambahkan zat aditif pada madu untuk melindunginya dari hama seperti semut.

6. Madu asli tidak menghasilkan gelembung

Lakukan tes lain untuk memastikan kualitas madu. Yaitu dengan mencampurkan 1 sendok madu dengan 8 sendok teh. Lalu kocok campuran tersebut. Jika cairan menghasilkan gelembung, berarti madu sudah bercampur dengan air atau palsu. Sementara madu asli tidak akan menghasilkan gelembung di permukaannya.

Selain mencoba tes di atas, kamu juga bisa melakukan tes sederhana berdasarkan warnanya. Seperti disampaikan oleh seorang ahli deiet terdaftar di Washinton, DC, Rebecca Scritchfield, RDN, madu murni biasanya memiliki tiga jenis warna yaitu lebih terang, kekuningan dan lebih gelap (pekat). 

Membeli madu palsu bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena ada banyak oknum di luar sana yang memproduksi madu palsu dengan menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya seperti kandungan glukosa, fruktosa dan molase. Molase sendiri adalah salah satu campuran pakan ternak yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami