Pahlawanku Sepanjang Masa, Ini Makna Tema Hari Pahlawan 2020

Pahlawanku Sepanjang Masa, Ini Makna Tema Hari Pahlawan 2020

Puji Astuti Official Writer
210

Pada 10 November 2020 ini, Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Tema nasional Hari Pahlawan 2020 kali ini adalah "Pahlawanku Sepanjang Masa". Tema ini diambil dengan sudut pandang bahwa jika dulu para pahlawan berjuang melawan penjajah, hari ini pahlawan berjuang dalam berbagai bidang kehidupan. 

"Makna ‘pahlawan’ bisa dipahami dari berbagai pengertian. Mereka adalah sosok panutan yang dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai sisi, dari segi ekonomi, sosial budaya, seni, politik bahkan pariwisata dengan lingkup lokal hingga internasional," demikian pernyataan Sekretaris Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Bambang Sugeng yang dirilis oleh Kemsos.go.id (30/10/2020) lalu. 

Menurut Bambang, di era digital ini banyak bermunculan sosok yang dengan ide, karya, dan kontribusi yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk masyarakat sekitarnya, lingkup regional, nasional dan bahkan dunia. Jadi sosok 'pahlawan' bisa muncul dalam berbagai profesi. 

Di hari yang bersejarah untuk bangsa Indonesia ini, Wakil Presiden Ma'aruf Amin meminta seluruh bangsa untuk mengambil waktu mengenang jasa para pahlawan. 

"Sudah sepatutnya kita meneladani sikap terpuji para pahlawan yang memiliki semangat juang tinggi, pantang menyerah, tahan uji, rela berkorban, bersatu, dan cinta Tanah Air," demikian ungkapnya dalam video ucapan Selamat Hari Pahlawanan 2020 pada Selasa (10/11/2020).

"Sikap itu semua, harus ditanamkan kembali pada diri generasi saat ini dan yang akan datang, dalam mengisi kemerdekaan dan membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," demikian tambahnya. 

Menurut Ma'aruf, di masa pandemi ini penting untuk membangkitkan jiwa kepahlawanan, terutama dalam rasa saling peduli dan kesatuan sehingga bisa bangsa Indonesia bisa bangkit kembali dari keterpurukan. 

Di momen Hari Pahlawan 2020 ini, setelah menghadiri upacara dan acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Presiden Joko Widodo juga memberikan gelar pahlawan nasional kepada 6 enam orang tokoh, yaitu Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Pol Purn Raden Said Soekanto Tjokrodiatmojo yang adalah Kapolri pertama, Arnold Mononutu dari Sulawesi Utara yang adalah tokoh pergerakan nasional dan Menteri Penerangan RI di masa pemerintahan Presiden Soekarno, dan SUltan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara dan Raden Mattaher bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi. 

Selamat Hari Pahlawan, mari berkarya dan memberi dampak dibidang yang kita tekuni saat ini. Saatnya untuk kita #BERANIBERGERAK untuk Indonesia.

Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami