Sering Pegal-pegal di Kantor? Segera Atasi Dengan Cara yang Bisa Dilakukan Semua Orang!

Sering Pegal-pegal di Kantor? Segera Atasi Dengan Cara yang Bisa Dilakukan Semua Orang!

Claudia Jessica Official Writer
339

Bekerja didepan layar sambil duduk selama 8 jam sehari membuat kita rentan terhadap berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas. Ini adalah risiko yang mungkin menghampiri kamu dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Ada juga efek yang langsung terasa jika kita duduk terlalu lama seperti:

- Sakit leher: Leher menopang beban kepala, ditambah dengan posisi kepala yang menatap layar satu arah, menyebabkan otot di bagian leher bekerja berlebihan.

- Kaku di daerah bahu, punggung dan pinggang: Biasanya hal ini dialami oleh orang-orang yang berada di depan komputer dengan gerakan jari sedangkan anggota tubuh lainnya tetap diam.

- Nyeri pada bagian paha hingga betis: Biasanya akan terasa setelah kita selesai bekerja. Hal ini disebabkan karena posisi duduk yang tidak ergonomis (sesuai dengan bentuk tubuh) sehingga membuat kaki jadi menggantung dan tidak menyentuh permukaan tanah atau justru sebaliknya, kursi terlalu rendah sehingga kaki jadi terlalu menekuk.

Faktor lingkungan seperti ruang kerja ber-AC yang dingin dapat membuat otot semakin kaku.

Untuk mencegah semua hal di atas, kita harus melakukan peregangan tubuh secara berkala.

Peregangan yang Perlu Dilakukan

Setelah duduk selama dua sampai tiga jam, lakukan peregangan dengan berdiri agar otot kita tidak kaku. Selain itu, ada juga peregangan lain yang bisa kita lakukan, yaitu:

- Peregangan kepala dan leher

- Peregangan lengan dan bahu

- Peregangan pinggang

- Peregangan kaki

- Peregangan otot pernafasan

Peregangan berfungsi untuk meningkatkan kelenturan, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi stres, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi otot, meningkatkan kemampuan fisik, dan menjaga postur tubuh.

Nah kalau JCers yang masih bingung dengan peregangan seperti apa yang harus dilakukan, JCers bisa tonton videonya di sini.

Fasilitas pendukung yang sebaiknya ada di kantor untuk menjaga kesehatan

1. Kursi dan meja yang ergonomis (sesuai dengan bentuk tubuh) dapat membantu kita terhindar dari rasa kaku.

2. Standing desk: Sehingga kita bisa mengerjakan segala sesuatu sambil berdiri. Ketika kita berdiri, tidak ada lekukan tubuh meskipun beban di kaki jadi meningkat. Namun, hal ini mampu mencegah tubuh kita jadi terlalu kaku. Kamu bisa menggunakan standing desk ini selama 15-60 menit kemudian kembali ke posisi semula.

3. Layar kaca komputer yang memiliki filter blue light untuk mengurangi beban mata. Karena ketika beban mata meningkat, otot leher akan kaku. Berapa waktu yang ideal untuk mengistirahatkan mata dari layar?

Waktu untuk mengistirahatkan mata

Gunakan aturan 20-20-20. Jika kamu menggunakan perangkat komputer dalam jangka waktu yang panjang, alihkan padanganmu setiap 20 menit sekali ke arah lain yang bejarak 20 kaki selama 20 detik untuk mencegah ketegangan mata. Ini akan memberi matamu kesempatan untuk fokus kembali. Kemudian, setiap 2 jam menggunakan komputer terus menerus, istirahatkan mata selama 15 menit.


Baca juga: Memakai Masker Membuat Kacamata Jadi Berembun? Begini Triknya Supaya Ga Berembun Lagi


Usahakan juga untuk sering berkedip dan kurangi kontras silau cahaya. Minimalkan silau yang masuk ke mata dan jaga kelembaban matamu dengan banyak mengedipkan mata.

Meskipun aktivitas kita hanya duduk dan tidak menyebabkan haus, minumlah air yang cukup karena kebutuhan cairan harus terpenuhi agar kita tidak dehidrasi. Apabila mengalami dehidrasi, beban ginjal akan meningkat dan bekerja dengan berat sehingga pinggang terasa nyeri. Dalam skenario terburuk, dehidrasi dapat menyebabkan sakit ginjal ataupun batu ginjal.

Oke Jcers, jangan lupa lakukan hal ini supaya tubuh kita lebih sehat dan bugar ya. Ingat, sehat itu mahal lho.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami