Cara Praktis Hidup Sehat di Masa Pandemi Diungkap Disini

Cara Praktis Hidup Sehat di Masa Pandemi Diungkap Disini

Puji Astuti Official Writer
342

Menjalani hidup sehat di masa pandemi bukanlah hal yang mustahil, ada cara sederhana dan mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang. Hasilnya, tentu saja Anda akan memiliki imunitas tubuh yang kuat, dan sehat secara jasmani dan juga rohani, bukan hanya sekarang namun hingga masa tua Anda. 

Itulah yang dipaparkan oleh Mark McClendon dan Yohanes Sunardi dalam Webinar Cara Praktis Hidup Sehat di Masa Pandemi, yang diselenggarakan pada 10 Oktober 2020 lalu oleh Jawaban.com. 

Webinar ini diawali dengan kisah perubahan hidup dari Mark McClendon, Ketua Yayasan CBN Indonesia yang saat ini sudah berusia 57 tahun, namun masih sangat sehat dan bahkan baru-baru ini baru menyelesaikan sebuah misi bersepeda 1000 km dari Cikarang ke Semarang untuk anak-anak Indonesia. 

Mark mengungkapkan bahwa ayahnya menjadi teladan dalam hidup sehat, saat ini sang ayah sudah berusia 93 tahun dan masih sehat karena menjalankan pola hidup sehat dan rajin berolahraga. 

Namun baru beberapa tahun lalu gaya hidup Mark berubah, setelah dokter menyatakan bahwa ia mengalami obesitas ketika melakukan medical check up.  Saat itulah ia menyadari ada hal penting yang ia lalaikan.

“Kalau dalam hal mengurus tubuh ini, mengurus kesehatan kita, ini prinsip. Karena kita oleh Tuhan dijadikan pengurus. Apakah kita menjadi pengurus yang baik atas apa yang Tuhan percayakan, termasuk tubuh kita,” demikian jelasnya. 

“Karena aset ini satu-satunya yang kita punya dan tidak ada gantinya,” demikian tambahnya. 

Dari titik itulah ia memutuskan mengubah gaya hidupnya dan menjalani pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga yang rutin. 

Senada dengan pernyataan Mark, Yohanes Sunardi seorang pakar kesehatan dan nutrisi juga menekankan pentingnya pola hidup sehat, tapi dia juga mengingatkan pentingnya Tuhan dalam kehidupan orang percaya untuk bisa menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. 

Dengan mengutip Yeremia 33:6 yang berbunyi, “Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah.” Yohanes Sunardi menyatakan bahwa janji Tuhan untuk kesehatan itu sudah diberikan kepada orang percaya. 

“Kesehatan itu dari Tuhan. Tetapi karena sudah pasti sehat, kita harus mengerjakan, mengelola apa yang sudah diberi oleh Tuhan,” jelas Yohanes. 

Pola makan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, olahraga yang tepat dan juga tidur malam yang cukup menjadi kunci untuk memiliki tubuh sehat dan kekebalan tubuh yang kuat. Yohanes juga mengungkapkan pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah untuk menjaga tubuh tetap sehat, namun tetap memperhatikan kondisi tubuh Anda. Untuk itu sangat penting untuk konsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi untuk mengetahui asupan apa yang menjadi kebutuhan tubuh Anda. 

“Imunitas terserah apa yang kamu makan,” demikian ungkapnya. “Makanan membuat fisik menjadi lebih baik, apa yang kamu makan itulah kamu.”

Ketika pola makan semakin teratur, maka Anda akan semakin menikmati hasilnya. Namun jangan lupa untuk olahraga dan istirahat yang cukup. Sebab ketiga hal itu jika tidak dilakukan secara bersamaan, maka tidak akan tercapai tubuh yang sehat seperti yang Anda inginkan. 

Sangat sederhana bukan? 

Tentunya tidak semua hal yang dipaparkan pada webinar ini bisa dituangkan dalam artikel ini, untuk itu pastikan untuk ikut dalam webinar atau event yang diselenggarakan oleh program-program CBN Indonesia, karena pasti sangat memberkati.

Untuk Anda para orangtua, mari daftarkan putra-putri Anda dalam Webinar Kembangkan Potensi yang akan diadakan pada 7, 13, dan 14 November 2020 nanti bersama para pakar dibidang kreatif seperti Saykoji, Yosua Abraham dan Chocky Sitohang. Info lengkap Klik Disini. 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami