10 Cara Jadi Anak Muda yang Peduli Teman dan Sesama, Sederhana Kok!

10 Cara Jadi Anak Muda yang Peduli Teman dan Sesama, Sederhana Kok!

Lori Official Writer
466

Cuma perlu satu menit untuk memberitahu teman atau orang di sekitarmu kalau mereka berharga.

Kenapa kepedulian kita sebagai anak muda itu penting? Alasannya adalah ada banyak orang sebayamu maupun yang lebih tua darimu yang begitu rentan dan rapuh. Ada yang merasa diabaikan keluarganya, ada yang depresi karena kehilangan pekerjaan, ada yang patah hati berlarut-larut, ada yang dikucilkan komunitas dan sebagainya. Kondisi-kondisi ini gak sedikit membuat seseorang memilih jalan pintas, salah satunya bunuh diri.

Tentu saja kita tidak ingin kehilangan lebih banyak nyawa lagi karena mereka mempercayai kebohongan kalau hidup mereka gak berarti dan gak punya harapan.

Sebagai anak-anak Tuhan, kita dikirim atau ditempatkan di tempat dimana kita saat ini bukan tanpa rencana. Mungkin masih ada sebagian dari kita yang bertanya-tanya, ‘Kenapa Tuhan harus menempatkan aku di kota ini dan itu?’ Atau ‘Kenapa aku harus dilahirkan di keluarga inim, lingkungan ini, suku ini dan sebagainya?’

Tahukah kamu, Tuhan memilihmu untuk jadi penolong buat orang lain. Buat tetanggamu, teman sekolah, kuliah, gereja, atau kerjamu. Kita gak pernah tahu, bahkan Tuhan bisa memakai kita untuk menolong orang yang baru kita kenal.

Jadi selagi ada kesempatan, mari memakai krisis pandemi ini untuk ada bagi teman dan sesama kita. Mungkin mereka sedang bergumul dengan keuangan, mereka baru putus cinta, mereka kehilangan orang terkasih dan sebagainya. Menunjukkan kepedulian pun bisa kita lakukan dengan 10 cara sederhana ini:

1. Jadilah pendengar yang baik

Waktu teman life group pun punya masalah, biasanya mereka hanya perlu seseorang untuk mendengarkan keluh kesahnya.

Jadilah orang itu. Setialah mendengar curhatan temanmu. Hindari memberikan masukan, nasihat atau menyudutkan. Dan jika memungkinkan berikan pelukan dan dukungan semangat supaya dia tetap kuat. Sampaikan jika Tuhan terlebih peduli dengan apa yang dia alami.

2. Buat surprise kecil-kecilan

Mungkin tetanggamu merasa sendirian di teras rumahnya dan gak ada yang bisa diajak ngobrol. Datanglah dengan membawa beberapa potong kue atau segelas minuman hangat. Berikan kepadanya dan mulailah berbagi tentang hal-hal yang menyenangkan dengan dia.

Atau saat temanmu sedang sakit, berikan dia dukungan seperti membelikan makanan sehat dan melakukan kunjungan. Kamu juga bisa melakukan hal-hal unik lainnya dengan rekan sekerjamu yang sudah berjerih lelah seharian dengan membelikan segelas kopi hangat.

3. Tuliskan note berisi pujian

Mendapatkan selembar note yang ditempel di layar komputer kerja di pagi hari biasanya akan membuat seseorang semangat. Apalagi jika note tersebut berisi kata-kata pujian dan motivasi.

Jadi, gak ada salahnya menyemangati temanmu, rekan kerjamu atau orang-orang di sekitarmu dengan menuliskan note sederhana.

Pastikan dia akan sangat berterima kasih karena ternyata masih ada orang yang peduli dengannya.

4. Tanya kabarnya

Seorang sahabat akan menaruh kasih setiap waktu kepada sahabatnya. Dan itulah bentuk kepedulian yang bisa kamu lakukan.

Mungkin salah satu dari temanmu sudah beberapa hari gak kasih kabar. Dan gak seorangpun yang tampak peduli dengan dia. Jadi, mulailah untuk menanyakan kabarnya. Sampaikan bahwa kamu gak sabar pengen ketemu lagi dengan dia.

5. Kirimi surat sederhana

Mengirimkan surat sederhana ke teman atau seseorang di lingkungan sekitarmu bisa jadi bentuk perhatian yang sangat membantu.

Tuliskanlah beberapa baris kata-kata yang menggambarkan tentang hari indah yang kamu lalui. Setelah itu ajukan pertanyaan seputar kondisi yang belakangan ini dia alami. Mungkin surat itu akan terus berlanjut dan membuat dia merasa bersemangat.

 

Baca Juga: Sebagai Teman, Kamu Pilih Mana Jadi Sosok yang Tulus atau Baik?

 

6. Kirimi barang kenangan

Kenangan yang manis dan indah membuat siapapun akan merasa bahagia. Jadi, sebagai teman yang baik cobalah sekali-kali untuk membongkar beberapa file kenangan lalu kirimkan ke teman-temanmu. Selain membuat mereka bahagia, mereka juga tahu kalau kamu menyanyangi mereka sepanjang waktu.

7. Kirimi tulisan atau meme

Kalau kamu menemukan sebuah tulisan atau meme yang mengingatkan tentang kenangan masa lalu yang lucu, kirimilah mereka. Hal ini membuat teman-temanmu akan merasa istimewa karena masih ada seseorang yang mengingat percakapan itu.

8. Tawarkan bantuan

Kadang ada orang yang merasa enggan untuk minta bantuan walaupun kondisinya benar-benar butuh bantuan. Jadi, berinisiatiflah untuk menawarkan bantuan. Karena hal itulah yang mungkin sedang mereka tunggu-tunggu.

9. Tanyakan pokok doa yang mereka butuhkan

Menunjukkan rasa peduli juga bisa dilakukan dengan berdoa bagi orang lain. Di life group, contohnya, sebagai teman yang baik tanyakanlah pokok doa apa yang dibutuhkan oleh masing-masing orang. Lalu dukunglah mereka dengan doa.

 

Baca Juga: Salah Satu Kebiasaan Buruk di Alkitab, Begini 4 Cara Hadapi Teman yang Suka Julid

 

10. Benar-benar mendoakan mereka

Kalau kita benar-benar selalu terkoneksi dengan Tuhan, maka kita akan diarahkan untuk peka dengan kebutuhan orang lain. Mungkin saja kita tiba-tiba bertemu dengan seseorang di tengah jalan dan kelihatan punya masalah. Jadi, pakailah waktu dan kesempatan itu untuk berdoa secara langsung untuk orang itu. Doa bisa jadi kekuatan baru bagi orang dan gak bisa ditukar dengan apapun.

Tuhan mau memakai hidup kita untuk jadi berkat buat orang lain. Bukalah hatimu untuk mau dipakai Tuhan jadi teman, pendengar dan saluran sukacita bagi orang lain.

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini. - Markus 12: 30-31

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami