6 Tips Kerja Online Nyaman Ala Co-Working Space yang Lagi Trending

6 Tips Kerja Online Nyaman Ala Co-Working Space yang Lagi Trending

Lori Official Writer
390

Sebelum pandemi merebak, co-working space sudah menarik minat para pekerja online. Istilah yang didefinisikan sebagai ruang kerja santai bersama ini pun terus meningkat bahkan di Indonesia.

Meskipun pandemi memaksa banyak pekerja online mustahil untuk keluar dan bekerja dalam sebuah ruangan bersama orang lain. Bukan berarti pelayanan ruang kerja baru ini ditinggalkan. Justru penyedia pelayanan co-working space terus berbenah untuk menyediakan ruang kerja bersama yang aman dan nyaman bagi pekerja online.

Tujuan munculnya co-working space adalah para pekerja online bisa lebih produktif bekerja di sebuah ruangan yang ditata semenarik dan fleksibel mungkin. Kalau sebelumnya banyak pekerja yang memilih nongkrong di kafe atau coffeeshop untuk bekerja, maka saat ini ada banyak pelaku bisnis yang merancang ruang kerja bersama khusus yang lebih nyaman dari kafe. Bahkan di beberapa co-working space mereka menawarkan pelayanan lengkap kepada pengunjungnya, seperti menyediakan ruang kerja bernuansa rekreasi yang santai. Ada juga yang memanjakan dengan makan sambil bekerja.

Meski begitu, bekerja di satu ruangan dengan orang yang kita tidak kenal bisa jadi salah satu tantangan. Tapi bagi sebagian besar pekerja online, hal ini justru menjadi daya tarik dari co-working space karena mereka bisa membangun hubungan dan membentuk komunitas baru.

Ada 6 tips yang bisa diterapkan untuk bisa kerja produktif di ruang kerja bersama ini.

Tips 1: Berinisiatif memperkenalkan diri lebih dulu

Gak ada hal yang lebih baik selain menciptakan kesan pertama yang baik dan ramah kepada pekerja lain. Ucapan sederhana seperti ‘Halo’ bisa jadi pembuka yang menunjukkan kemarahan. Atau dengan menebarkan senyuman sederhana dan ucapan ‘selamat pagi’ bisa menjadi awal dari sebuah hubungan yang baik.

Jadi, saat memilih untuk bekerja di co-working space berinisiatiflah untuk menjadi orang ramah yang pertama.

Bangunlah hubungan yang lebih akrab dengan orang-orang yang juga bekerja di sana. Misal dengan mengajak mereka makan siang bersama sembari berbagi tentang pekerjaan masing-masing. Itu akan sangat membantu untuk menciptakan komunitas pekerja yang baru.

Tips 2: Tunjukkan siapa dirimu

Bagi tipe pekerja yang tidak nyaman berkomunikasi dengan orang lain perlu mempertimbangkan hal ini. Bahwa semakin banyak orang mengenalmu dana pa yang kamu kerjakan, akan semakin besar peluangmu untuk berkembang. Alih-alih berkutat sepanjang waktu dengan pekerjaan sendiri, kenapa tidak mengambil waktu sekali-kali untuk menyapa atau ngobrol sederhana dengan pekerja lain.

Tindakan sederhana ini bisa jadi peluang besar supaya orang lain bisa lebih mengenal kita dan memungkinkan untuk mengajak kita di berbagai acara atau kegiatan di luar pekerjaan.

Tips 3: Berkolaborasi

Sebagai manusia, kita selalu punya keterbatasan. Karena itulah kita perlu bantuan orang lain.

Kamu mungkin adalah seorang pengembang perangkat lunak, tapi kamu belum tentu mengerti soal desain, manajemen produk atau pemasaran. Karena itulah kamu butuh orang lain yang ada di sekitarmu. Bisa jadi orang yang duduk di sebelahmu memahami betul kesulitan yang kamu sedang alami. Jadi, ya gak ada salahnya untuk membangun komunikasi dan menawarkan kolaborasi.

 

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan Fokusmu Ketika Bekerja di Rumah

 

Tips 4: Jangan takut bertanya

Salah satu keunggulan co-working space adalah menyediakan layanan bantuan. Misalnya, waktu kita punya pertanyaan seputar bidang pekerjaan lain yang kita tidak pahami. Maka mereka bisa membantu kita terhubung dengan seseorang yang bekerja di sana dan yang punya keahlian tersebut.

Karena itu, sangat disarankan untuk tidak sungkan bertanya kepada penanggung jawab co-working space.

Tips 5: Tetap Disiplin

Menjadi terorganisir dan disiplin selama bekerja akan meningkatkan kapasitas kerja. Tanpa disiplin, kita hanya akan terbawa suasana dan lupa akan pekerjaan utama kita.

Supaya kita tetap produktif, kita juga perlu menyusun ‘to do list’ setiap kali bekerja di co-working space. Misalnya, berapa lama kamu butuh bekerja di sana dan apa hal prioritas yang harus diselesaikan lebih dulu. Begitu juga dengan bagaimana kamu mengatur waktu untuk istirahat dan ngobrol dengan orang lain.

Tips 6: Bereksperimen dengan ruang kerja yang berbeda

Salah satu hal terbaik dari bekerja di ruang kerja bersama adalah memungkinkan kita untuk memilih tempat kerja yang kita suka. Banyak co-working space yang dirancang dengan suasana kerja yang berbeda-beda. Dari bentuk meja dan kursi biasa, ruang komunal, ruang terpencil sampai ruang rapat.

Jadi, jangan sia-siakan pelayanan yang disediakan. Cobalah sekali-kali suasana baru di ruang kerja yang berbeda. Jangan berhenti mengeksplorasi sampai menemukan ruang yang benar-benar membuatmu merasa sangat nyaman.

Selama bekerja di satu ruangan bersama pekerja lain yang kamu tidak kenal, penting pula untuk tahu apa yang boleh dan tidak boleh maupun yang harus dan tidak harus dilakukan. Beberapa poin yang harus diperhatikan adalah mampu beradaptasi dengan situasi yang ada. Jika memang suasananya bising, cobalah untuk mencari ruangan yang lebih tenang. Atau jika kamu merasa kesulitan menggunakan fasilitas yang ada, cobalah untuk lebih proaktif dengan bertanya kepada pengelola atau orang yang ada di sekitar. Begitu juga dengan cara kita memperlakukan fasilitas yang ada, dimana akan sangat baik jika mengembalikan sesuatu ke tempat semula setelah digunakan dan membereskan sampah setelah selesai bekerja.

Bekerja di co-working space tidak membuat kita lepas dari tanggung jawab sederhana seperti di atas. Karena itu, mari tunjukkan kalau kita adalah pekerja-pekerja profesional yang menghargai semua hal yang ada di sekitar kita.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami