Gak Bisa Liburan, Ya Staycation Aja! Ini 5 Cara Tetap Aman Meski Pandemi

Gak Bisa Liburan, Ya Staycation Aja! Ini 5 Cara Tetap Aman Meski Pandemi

Lori Official Writer
150

Di masa pandemi seperti sekarang ini, staycation adalah satu-satunya cara untuk lepas dari rasa bosan.

Istilah staycation sendiri merujuk pada liburan pendek yang dilakukan tanpa keluar ruangan. Jadi kebanyakan orang melakukannya dengan menyewa penginapan dan menikmati setiap fasilitasnya. Entah itu staycation di dalam kota maupun di luar kota tujuannya tetap sama yaitu untuk berelaksasi dari rasa bosan, jenuh dan capek.

Tapi untuk melakukan staycation di masa-masa ini gak bisa sembarangan. Ada peraturan-peraturan yang perlu dipertimbangkan supaya tetap aman.

Karena itu ada 5 hal yang bisa dilakukan selama staycation untuk memastikan biar tetap aman.

1. Pilih penginapan atau hotel yang sudah disterilisasi

Ini penting karena di masa-masa pandemi, kita perlu memastikan tempat yang kita tuju benar-benar bebas virus. Jadi, sebelum membayar sewa penginapan cobalah tanyakan kepada pihak penginapan apakah mereka benar-benar sudah melakukan sterilisasi atau penyemprotan dan pembersihan dengan desinfektan penginapan secara menyeluruh.

Juga jangan lupa untuk memastikan apakah penginapan berisi banyak pengunjung atau tidak. Hindari penginapan yang ramai. Di masa-masa ini akan jauh lebih baik memilih penginapan yang sepi pengunjung.

2. Pastikan Pihak Penginapan Menerapkan Protokol Kesehatan

Sesuai dengan peraturan dari pemerintah, semua pihak dan lembaga harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan. Gak terkecuali, semua hotel, vila atau guest house juga wajib menerapkan aturan ini.

Misalnya, saat pengunjung tiba pihak penginapan harus melakukan pengecekan suhu tubuh dan mensterilisasi semua barang yang dibawa pengunjung. Lalu menyediakan handsanitizer dan pos-pos cuci tangan di sekitar penginapan.

3. Pilih Lokasi Staycation yang Strategis

Di masa-masa pandemi, kita tahu kalau ada saja daerah yang masih dinyatakan merah atau penyebaran virusnya sedang tinggi.

Nah, supaya staycation-nya aman akan sangat penting buat kita memilih lokasi yang berstatus hijau atau aman dari virus.

Kalau lokasinya lebih aman, pasti hati kita akan jauh lebih tenang selama menginap dan melakukan beberapa kegiatan di sana.


Baca Juga: Traveling di Masa New Normal Aman Gak Ya?


4. Tetap Jalankan Physical Distancing dan Pakai Masker

Bukan hanya menuntut pihak penginapan loh. Tapi pengunjung juga perlu menjalankan aturan yang berlaku. Misalnya saat keluar ruang kamar, kita harus tetap pakai masker dan jaga jarak.

Karena kita gak tahu persis kondisi para stafnya, jadi akan sangat penting untuk tetap menjaga jarak sosial dan fisik.

5. Pastikan Naik Transportasi Pribadi

Walaupun gak semua orang punya kendaraan roda empat. Tapi penting sekali untuk menjaga diri dari paparan virus.

Apalagi buat yang sudah berkeluarga, pastikan untuk pergi dengan kendaraan pribadi. Tapi buat para single yang gak punya kendaraan, mungkin bisa minta bantuan dari kerabat lain yang punya mobil. Entah disewa atau minta diantarkan itu harus sesuai dengan pilihan. Biar mahalan dikit tapi yang pasti tetap aman ya.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami