Punya Segudang Ide Bisnis Rumahan, Tapi Takut Mengeksekusinya? Ikuti Tips Ini Aja! (2/2)

Punya Segudang Ide Bisnis Rumahan, Tapi Takut Mengeksekusinya? Ikuti Tips Ini Aja! (2/2)

Claudia Jessica Official Writer
197

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas 6 cara untuk mengeksekusi ide bisnis rumahan yang kamu miliki.

JCers tahu gak sih kalau mengeksekusi ide itu lebih berat daripada mendapatkan ide itu sendiri? Ide memang mahal, tapi eksekusinya jauh lebih mahal. Karena itu, jawaban mau bantu kamu supaya bisa segera mengeksekusi ide kamu.

Coba disimak yaa. Tapi sebelumnya, baca dulu 6 langkah pertamanya DI SINI.

7. Pilih waktu yang tepat

Membangun bisnis tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan tanpa persiapan yang tepat. Kita membutuhkan perhitungan yang cermat karena, salah sedikit saja bisa membuatmu mengalami kerugian. Manfaatkan juga momen-momen tertentu untuk membuka bisnismu.

8. Berikan keunikan atau kelebihan produk atau jada kamu

Agar produk kamu dapat diterima dengan baik oleh konsumen, kamu harus memiliki produk yang lebih unik dibanding dengan produk sejenis lainnya. Kita tahu bahwa persaingan dunia bisnis semakin kuat, sehingga jika kita ingin memiliki usaha sendiri, kita harus membuat produk kita menjadi unik dan brand yang kamu miliki lebih mudah diingat oleh konsumen.

9. Lakukan promosi

Promosi adalah hal wajib yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada calon pelanggan. Semakin sering kamu melakukan promosi, maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal produkmu. Supaya promosi lebih efisien, buatlah target yang tepat dan gunakan platform yang tepat juga.

10. Berikan yang terbaik

Jika kamu ingin produkmu semakin dikenal, berikanlah yang terbaik untuk membuat konsumen merasa puas. Ketika konsumen memiliki pengalaman yang menyenangkan bersamamu atau produkmu, biasanya, mereka akan kembali untuk membeli atau memakai produk kamu lagi. Bahkan, mereka juga bisa menjadi pelanggan regular ataupun pelanggan yang loyal sehingga menguntungkan bagimu.


Baca juga: Berbagai Macam Makanan Rumahan yang Bisa Dijadikan Sebagai Bisnis Kecil-kecilan


11. Lakukan evaluasi

Dalam dunia bisnis, ada begitu banyak hal yang dapat kita perbaiki dan ada banyak hal juga yang dapat kita tingkatkan. Belajar dari kesalahan, kita harus membuat produk atau jasa yang kita tawarkan ini menjadi lebih baik.

Jangan ragu untuk berinovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik karena tidak ada perusahaan yang puas hanya dengan 1 produk saja. Ketika kita melakukan improvisasi, produk atau jasa kita pun menjadi terupgrade sehingga kita bisa bersaing dengan kompetitor lain.

Simpanlah segala catatan secara detail sebagai bahan evaluasi yang lebih komprehensif.

12. Miliki layanan pelanggan yang baik

Pada awal berjalannya usaha, pasti kamu akan menemukan berbagai kesalahan. Dari kesalahan-kesalahan ini, mungkin kamu akan mendapatkan komplain dari pelangganmu. Oleh karena itu, kamu wajib memiliki layanan pelanggan yang ramah, informatif, serta solutif.

Gunanya adalah ketika pelanggan mengajukan komplainm kamu dapat memberikan solusi yang bersifat win-win. Dengan demikian kekecewaan pelangganmu dapat terobati dan usaha yang sudah kamu bangun dari nol tidak akan tercoreng namanya.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis yang mau kamu jalankan. Namun, kamu perlu memiliki tekad yang kuat untuk dapat membuat usahamu berjalan lancar. Semoga, 12 tips ini dapat membantu kamu mewujudkan bisnis impian JCers semua ya. Jangan lupa untuk selalu sertakan Tuhan dalam setiap proses yang kamu jalani. God bless you, JCers.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami