Anang Kena Tuding Lecehkan Kaum Difabel, Gimana Sih Cara Menghormati Orang Difabel?

Anang Kena Tuding Lecehkan Kaum Difabel, Gimana Sih Cara Menghormati Orang Difabel?

Claudia Jessica Official Writer
157

Beberapa hari lalu, public figure Anang Hermasyah dan istinya Ashanty dinilai melecehkan bahasa isyarat. Melaui berita yang tersebar di sosial media, kejadian ini bermula ketika Anang dan keluarganya mengikuti lomba 17an.

Dalam video yang tayang di channel YouTube miliknya, terlihat Ashanty yang sedang marah kemudian Anang memberikan gerakan tangan seperti bahasa isyarat.

Momen inilah yang di protes oleh kelompok difabel terutama teman-teman tuli yang merasa kecewa dengan hal yang dilakukan oleh public figure tersebut.

Namun setelah beberapa lama, Anang dan Ashanty telah menyampaikan permintaan maafnya melewati sebuah video.

Tentu saja tidak ada satu orang pun yang menginginkan untuk menjadi cacat dan tidak satu pun orang tua yang ingin memiliki anak yang cacat.

Penyebab cacat sendiri pun memiliki berbagai faktor seperti; cacat sejak lahir, sakit ketika masih kecil, kecelakaan, dan lain sebagainya. Orang-orang difabel memiliki hak dan kesempatan yang setera dengan orang-orang normal lainnya.

Lalu, bagaimana cara menghormati teman-teman kita yang penyandang difabel?

1. Perlakukan mereka sama

Perlakukan penyandang disabilitas dengan setara. Mereka juga ingin memiliki teman, kebahagiaan juga kesempatan. Jangan takut untuk mendekati orang disabilitas.

2. Selalu tanyakan dahulu sebelum membantu

Jangan pernah menganggap seseorang dengan disabilitas memiliki level rendah. Jika kamu melihat seorang difabel sedang berjuang melakukan sesuatu, tanyakan sebelum membantunya. Apakah mereka ingin menerima bantuan atau mereka ingin dibiarkan mandiri. Orang-orang difabel cenderung lebih tangguh dan mandiri.


Baca juga: 

Mencintai Tanpa Pandang Fisik, Pemuda Ini Setia Dampingi Pacarnya yang Difabel

Pasanganmu Penyandang Disabilitas? Kamu Wajib Tahu 4 Hal Ini Agar Selalu Bahagia Bersama

Kaki Cacat Yang Bikin Edward Chen Sempat Kecewa

3. Jangan anggap mereka berbeda

Jangan pernah merendahkan mereka. Perlakukanlah mereka sama seperti individu normal lainnya karena mereka juga ingin diperlakukan sama.

4. Jangan menatap terlalu lama

Orang-orang difabel cenderung rentan mengalami intimidasi orang lain. Mereka tak suka diperhatikan dengan pandangan yang terlalu lama. Hal itu bisa menyinggung perasaan. Hargai dan pahami perasaan mereka.

5. Menghargai

Tunjukkan sikap saling menghargai dan jangan singgung soal kekurangannya. Setiap orang memiliki privasi dan pastikan kamu telah meminta izin jika ingin membahas isu disabilitas sebelum bertanya.

Sumber : berbagai sumber

Related Articles

Live Chat

Email

Phone / SMS
0811 9914 240
0817 0300 5566

Whatsapp
0822 1500 2424

Ikuti Kami