‘The One and Only Ivan’ Film Keluarga yang Wajib Kamu Tonton Karena Ini

‘The One and Only Ivan’ Film Keluarga yang Wajib Kamu Tonton Karena Ini

Claudia Jessica Official Writer
206

The One and Only Ivan menceritakan seekor gorila tangguh yang memiliki punggung berwarna perak, namun memiliki suara yang lembut. Ivan tinggal di mall besar yang ternama dan tempat sirkus, yang menampilkan Ivan, gorila yang memukuli dadanya dan mengaung-ngaung, seperti yang dilakukan gorila lainnya di Afrika.

Nama Ivan tersebar dimana-mana, ada di papan iklan, ada juga di selebaran promosi. Ivan telah tinggal di mall selama 20 tahun dan dia melakukan yang bagus.

Tetapi segala sesuatu tidak semegah yang terlihat di luar. Orang-orang tidak lagi berkumpul untuk menyaksikannya. Toko-toko mulai meninggalkan mal. Ivan mulai terjebak di dalam sangkar. Ia tidak pernah melihat rumput hijau atau langit biru. Dia merasa ada sesuatu yang hilang.

Kemudian hidupnya berubah sejak Mack, pemilik sirkus membeli bayi Gajah yang dinamai Ruby dengan harapan Ruby dapat menarik penggemar sirkusnya untuk mempertahankan bisnisnya. Ruby menjadi ‘anak’ yang tidak pernah Ivan miliki. Dia juga membantu mengubah kehidupannya.

Ada 4 fakta yang perlu kalian ketahui dari film ini:

1. Terinspirasi oleh kisah nyata

Ivan adalah seokor gorila yang lahir di Afrika Tengah pada tahun 1962 yang dibawa ke Amerika, seperti gorila dalam film yang dibesarkan oleh keluarga manusia yang mengasihi dan merawatnya. Pada usia 3 tahun, Ivan menjadi daya tarik di sebuah pusat perbelanjaan di Tacoma, Washington dan tinggal di dalam sangkar selama 27 tahun. Ivan tak mampu pergi keluar sekalipun dirinya belajar melukis.

Pada 1994, setelah adanya protes, Ivan dipindahkan ke Kebun Binatang Atlanta yang memberikan habitat yang lebih alami dan memiliki beberapa hektar tanah yang bisa Ivan jelajahi. Ivan meninggal pada usia 50 tahun 2012.

2. Film bertema hewan yang menyenangkan

Sebagian besar anak-anak dan anggota keluarga tertarik pada hewan lucu yang dapat berbicara. Ada ayam yang bermain bisbol, kelinci penunggang truk pemadam kebakaran, anjing laut penyeimbang bola, dan seekor anjing dan gajah yang berduet.

Serta, ada juga Ivan, yang dengan sengaja menakut-nakuti penonton sirkus dengan tingkahnya yang mendebarkan, tetapi kemudian belajar menggambar dengan krayon. Sebagian besar film menceritakan hal-hal yang ada di balik layar tentang bagaimana bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

3. Menyampaikan pesan tentang persahabatan, empati, dan kebun binatang

Film ini tidak memberikan pesan bahwa ‘hewan tidak boleh ditahan di penangkaran’. Tetapi sebaliknya, film ini memberi tahu kita bagaimana merawat binatang yang seharusnya. Meskipun Ivan dan kawan-kawannya diberi makanan dengan baik, mereka tetap terjebak di ruangan kecil dan suram yang dikelilingi oleh jeruji besi, yang tidak jauh berbeda dengan peti kotak yang ada di gudang.

Mereka tidak pernah mengalami keindahan alam yang Tuhan ciptakan. Mereka ingin melihat rumput, pepohonan, dan langit biru. Mereka mendambakan apa yang dinikmati kerabat hewan mereka mengenai seperti apa alam liar itu.

Film ini juga memberikan pelajaran tentang bagaimana manusia berhubungan satu sama lain dan mengajarkan kebaikan, empati serta cinta. Hal ini mendorong kita untuk merangkul mereka yang memiliki penampilan yang berbeda dari kita.

Ada juga pesan positif tentang kecemburuan yang ditunjukkan oleh Ivan. Dia bisa saja menolah Ruby yang mengambil tempatnya sebagai daya tarik utama di acara itu. Namun sebaliknya, Ivan justru melindungi Ruby.

4. Film ini ramah anak

Di film ini kita melihat banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik. Selain tentang kecemburuan yang dilakukan Ivan serta kerja sama yang mereka perlihatkan, kita juga bisa belajar dari Mack bagaimana dia melatih Ruby ketika dia merasa lelah dan ingin berhenti. Namun pada akhirnya, Mack berubah dan melihat kesalahannya. Film ini mengangkat tema kematian dan mengatasi kesedihan serta kesepian.

Bahkan The One and Only Ivan tidak memiliki bahasa yang kasar sedikitpun, tidak ada seksualitas, tidak ada kekerasan. Ini adalah film yang menyampaikan pesan bagus dan ramah anak. Film ini juga memiliki akhir yang bahagia.

Sumber : crosswalk

Ikuti Kami