Puncak Bogor Ramai Pengunjung, 4 Tempat Wisata Ini Diberi Peringatan Gugus Tugas

Puncak Bogor Ramai Pengunjung, 4 Tempat Wisata Ini Diberi Peringatan Gugus Tugas

Puji Astuti Official Writer
302

Libur panjang pada akhir pekan jelang HUT RI Ke 75 lalu, menimbulkan polemik baru karena berbagai tempat wisata di kawasan Puncak Bogor dipadati pengunjung dan jalanan di daerah wisata ini mengalami kemacetan panjang. 

Teguran dari Gugus Tugas

Kondisi ini menimbulkan keprihatinan dan membuat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 melayangkan surat teguran kepada 4 pengelola lokasi wisata yang berada di kawasan Puncak, Bogor. 

"Mencermati situasi yang terjadi di Kawasan Wisata Puncak Bogor selama masa liburan (long weekend) HUT Kemerdekaan RI tanggal 15-17 Agustus 2020 yang beredar di media memperlihatkan ribuan pengunjung memadati kawasan puncak," demikian pernyataan Ketua Divisi Pengamanan dan Penanganan GTPPC-19 Jabar, Dedi Taufik yang dikutip oleh Antara News, Jumat (21/8/2020).

Tempat wisata yang mendapat teguran tersebut adalah, Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Taman Wisata Matahari (TWM), Pesona Alam Resort and Spa, serta The Grand Hill Resort Hotel.

Respon Taman Safari

Meresponi teguran tersebut Humas Taman Safari Indonesia (TSI) Yulius Suprihardo menyatakan bahwa pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengatur pengunjung sesuai ketentuan protokol kesehatan.

"Sebenarnya kita ada juga pembatasan sesuai anjuran. Terlihat membludak itu kan karena terjadi kemacetan juga yang berimbas ke Taman Safari. Standar protokol sebenarnya sudah kita jalankan,"  demikian pernyataan Yulius Suprihardo yang dirilis oleh TribunnewsBogor.com, Sabtu (23/8/2020) lalu.

Protokol kesehatan yang telah dilakukan berupa pembatasan jumlah pengunjung, pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan desinfektan di pintu masuk hingga loket TSI ditutup lebih awal dibanding hari biasanya.

Satpol PP Inspeksi Taman Wisata Matahari 

Dilain pihak, meresponi teguran dari Gugus Tugas, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor melakukan inspeksi mendadak di lokasi Taman Wisata Matahari (TMW) dan mengungkapkan bahwa fakta dilapangan pengunjung tidak padat seperti yang diberitakan. 

“Untuk TWM sendiri yang berkapasitas 30 ribu pengunjung, pada minggu lalu hanya dikunjungi kurang dari seribu orang saja, jauh di bawah dari anjuran total kapasitas tempat wisata,” demikian ungkap Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor, Iman Wahyu Budiana, Minggu (23/8/2020) lalu. 

Masyarakat Perlu Dukung Pemerintah Dengan Taati Protokol Kesehatan

Saat ini pemerintah bekerja keras untuk menangani COVID-19, terutama dengan memperketat penerapan protokol kesehatan. Hal ini dengan harapan tidak terjadi lonjakan jumlah orang yang terpapar virus, seperti yang terjadi di beberapa negara. 

Tentunya kerja keras pemerintah tidak bisa berdampak maksimal jika masyarakat tidak mentaati anjuran dan juga aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Untuk itu penting sekali bagi setiap orang memiliki kesadaran mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu juga masyarakat perlu membatasi diri untuk pergi ke tempat-tempat keramaian sehingga bisa menghindari resiko terpapar COVID-19. 

Semua itu tentunya untuk kebaikan diri sendiri dan kepentingan bersama, sebab dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, Anda bukan hanya sedang menjaga diri sendiri agar tetap sehat, namun juga orang-orang Anda cintai yang berada di sekitar Anda. Mari saling menjaga dan juga bantu pemerintah dalam penanganan pandemi ini. 

Baca juga :

Selama Patuhi Protokol Kesehatan, 4 Tempat Ini Masih Tetap Aman Dikunjungi Loh!

Jelang Pilkada 2020, KPU Buat Protokol Kesehatan Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami