Ratusan Ribu Orang Minta Turunkan Film ‘Cuties’ Dari Netflix, Ada Apa Ya?

Ratusan Ribu Orang Minta Turunkan Film ‘Cuties’ Dari Netflix, Ada Apa Ya?

Lori Official Writer
337

Lebih dari 200.000 orang menandatangani petisi di situs Change.org terkait penayangan film berjudu Cuties di Netflix. Mereka menilai film ini menimbulkan kontroversi karena telah melibatkan dan menyorot anak-anak di bawah umur secara seksual.

Cuties sendiri mengisahkan tentang seorang anak perempuan berusia 11 tahun yang memberontak terhadap keluarga dan memutuskan untuk bergabung dengan komunitas penari.

Pihak Netflix pun meminta maaf terkait poster sensual yang dipakai untuk promosi film. Pihak Netflix pun akhirnya memotong sebagian dari tayangan tersebut.

"Kami sangat menyesal atas karya seni yang tidak pantas yang sudah kami gunakan untuk Mignonnes/Cuties. Itu tidak baik, juga tidak mewakili film Prancis ini yang memenangkan penghargaan di Sundance. Sekarang kami sudah memperbaharui gambar dan deskripsinya," kata pihak Netflix.

Petisi di situs Change.org ini sudah ditandatangani oleh 226.000 orang hanya dalam tiga hari. “Film ini menjijikkkan karena menampilkan seorang anak berusia BELASAN tahun untuk menyenangkan para penonton pedofil dan juga secara negatif mempengaruhi anak-anak kita! Konten semacam ini sesuai dengan kelompok usia itu, apalagi saat perdagangan seks dan pedofilia begitu marak! Tidak ada alasan, ini konten berbahaya!” demikian ditulis dalam petisi.

Allison Mitchell, yang membuat petisi, mengatakan dalam pembaruannya bahwa protes ini disebabkan oleh konten film.

“Film ini tentang tarian sensual anak usia sebelas tahun yang dibuat untuk memuaskan orang dewasa. Turunkan film ini karena kami punya screenshot-nya,” demikian disampaikan.

Sementara sutradara Maimouna Doucoure menyampaikan bahwa niatnya di balik film tersebut adalah mencari tahu alasan kenapa anak-anak remaja memiliki cukup banyak pengikut.

“Saya melihat beberapa anak-anak gadis yang sangat muda diikuti oleh 400.000 orang di media sosial dan saya mencoba memahami alasannya. Tidak ada alasan khusus, selain fakta bahwa mereka memposting foto seksi atau setidaknya mengekspos dirinya: itulah yang membuat mereka terkenal,” kata Doucoure.


Baca Juga: Waktu Kecil Dikenal Sangat Rohani, Billie Eilish Akui Berubah Karena Alasan Ini…


Dia meyakini bahwa semakin seksi seorang wanita sebagai objek, semakin banyak nilai yang dia dapatkan di media sosial. “Dan saat berusia 11 tahun, Anda tidak benar-benar memahami semua mekanisme ini. Tapi Anda cenderung meniru, melakukan hal yang sama seperti yang lain untuk mendapatkan respon yang sama. Saya pikir penting untuk kita membicarakannya, supaya muncul debat tentang masalah ini,” pungkasnya.

Di era media sosial ini, anak-anak di bawah usia bahkan tidak lagi diberikan batasan tertentu. Karena itu fenomena yang disampaikan oleh Doucoure menarik untuk dibahas oleh lembaga perlindungan anak maupun dari pihak orangtua sendiri.

Walaupun pembuat film mengaku tidak memiliki niatan untuk memakai tayangan tersebut untuk mengekspos anak-anak di bawah umur secara sensual. Namun akan jauh lebih baik jika film ini diperuntukkan untuk edukasi dan penayangannya dibatasi secara publik.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami