Sehat Itu Dimulai Dari Gaya Hidup, Pastikan 4 Hal Ini Bagian Dari Keseharianmu!

Sehat Itu Dimulai Dari Gaya Hidup, Pastikan 4 Hal Ini Bagian Dari Keseharianmu!

Lori Official Writer
500

Hidup sehat bagi kebanyakan orang berarti baik kesehatan fisik maupun mentalnya seimbang dan berfungsi. Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus benar-benar memperhatikan dua kondisi ini secara seimbang. Baik fisik dan emosional perlu diolah dan dirawat guna mencegah beragam penyakit.

Inilah 4 hal sederhana yang perlu kita jadikan sebagai gaya hidup dalam keseharian kita.

1. Pola Makan Sehat

Kebiasaan makan sehat secara langsung berpengaruh pada kesehatan fisik. Ini bisa jadi salah satu alasan kenapa orang Israel diingatkan untuk tidak makan lemak binatang (Imamat 3: 17). Daniel sendiri membuktikan bahwa makan sayur dan air justru memberinya manfaat kesehatan yang luar biasa (Daniel 1: 12-15).

Untuk lebih selektif memilih jenis makanan yang kita makan, kita perlu belajar banyak dari ahli gizi. Dengan itu, kita bisa memilah dengan bijak jenis makanan apa yang mampu mendukung kesehatan tubuh kita.

Misalnya seperti beberapa unsur makanan sehat yang dianjurkan ini:

1. Mengkonsumsi makanan seimbang seperti susu dan produk olahan susu, daging, buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan roti.

2. Sementara hindarilah makanan yang mengandung banyak gula seperti permen dan cemilan olahan yang tidak sehat. Kurangi juga konsumsi daging olahan.

3 Perbanyak makanan alami seperti sayuran mentah.

4. Hindari minuman bersoda, kafein atau alkohol. Sebagai alternatif minumlah the herbal, kopi tanpa kafein dan minuman yang dibuat daun-daunan segar.

Selain itu, kita juga perlu mengontrol jumlah asupan makanan kita. Kita tahu bahwa mengkonsumsi makanan secara berlebih justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh (Filipi 3: 19). Kita perlu mengendalikan keinginan daging kita untuk tujuan kesehatan.

Ilmu kedokteran menemukan bahwa kelebihan berat badan adalah penyebab utama dari munculnya berbagai jenis penyakit komplikasi. Karena itulah, jika kita ingin benar-benar punya tubuh yang sehat kita perlu mengendalikan keinginan mulut kita dan menjadikan makanan sebagai idola.

2. Olahraga Teratur

Di 1 Timotius 4: 8, Paulus menyampaikan bahwa olahraga sangat berguna untuk kebugaran tubuh kita.

Tuhan merancang tubuh kita tahan terhadap aktivitas fisik yang berat. Bahkan semakin kita melatihnya, semakin besar punya manfaatnya bagi kesehatan. Karena itulah kita sangat disarankan untuk membiasakan gaya hidup berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk melatih kesehatan fisik kita seperti jalan kaki, berenang, jogging, bersepeda, senam dan sebagainya. Jenis olahraga apapun itu kita bisa mendapatkan manfaatnya jika kita melakukannya dengan teratur setiap harinya.


Baca Juga: Ternyata Ini Loh Penyebab Nyeri Otot Habis Olahraga


3. Istirahat yang Cukup

Menjalani gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga tidak akan sempurna tanpa menerapkan pola tidur yang cukup setiap hari.

Di Markus 6: 30-32, Yesus menasihatkan murid-murid-Nya untuk mengambil waktu istirahat. Setiap orang memang punya kebutuhan istirahat yang berbeda-beda, tapi berapapun itu istirahat tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sangat disarankan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Karena dengan itu tubuh akan beradaptasi dan menjadikannya sebagai gaya hidup.

Selain di malam hari, kita juga bisa mengambil waktu istirahat di siang hari atau kapanpun jika memang tubuh membutuhkannya. Jangan pernah memaksakan tubuh bekerja ekstra tanpa istirahat.

4. Kelola Kesehatan Emosional dan Mental

Seperti sudah disampaikan di atas bahwa kesehatan fisik dan mental saling mendukung. Karena itulah kita gak hanya makan sehat, olahraga dan tidur yang cukup. Saat pikiran terganggu, kita pasti akan sulit untuk tidur. Dalam hal ini, kita bisa tahu kalau kesehatan mental kita sedang terganggu.

Nah, untuk bisa menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental kita perlu mengelolanya dengan baik.  Masalah dalam kehidupan adalah salah satu sumber dari gangguan mental. Tapi masalah bisa menjadi ringan saat kita melatih pikiran atau emosi kita untuk meresponinya dengan baik.

Bagaimana cara melatihnya? Salah satunya adalah memberikan dirimu waktu untuk mengontrol dan mengalihkan emosi kepada sesuatu yang menyenangkan. Salah satunya menikmati sesuatu yang menyenangkan seperti liburan, memancing, olahraga dan bersenang-senang dengan orang terdekat. Namun sebagian lainnya juga berhasil membentuk kesehatan mentalnya dengan lebih fokus pada firman Tuhan.

Mengkonsumsi obat sama sekali tidak akan memperbaiki gangguan mental. Karena obat hanya berfungsi menahannya untuk sementara waktu dan membuat kita kecanduan. Karena itulah kita butuh orang lain untuk tetap sehat secara mental.

 

Kesimpulan

Tuhan merancang tubuh kita dengan cara kerja yang sangat baik. Tubuh bisa memberi kita sinyal saat sesuatu terjadi. Misalnya, Pusing, mual, dan nyeri yang terus-menerus di area tubuh tertentu adalah contoh sinyal bahaya yang Tuhan izinkan terjadi lewat tubuh kita.

Kadang waktu sinyal bahaya muncul, kita bisa tahu penyebabnya. Misalnya, waktu sedang merasa lesu dan tidak cukup tidur, kita menyadari kalau kita perlu tidur. Dan kalau ternyata tidur pun tidak membuat kondisi lebih baik, kita harus berkonsultasi dengan dokter. Inilah yang dilakukan oleh pemilik kendaraan saat mobilnya rusak yaitu membawanya ke bengkel mobil!

Selain berkonsultasi dengan dokter saat sinyal bahaya muncul, kita juga perlu melakukan pemeriksaan fisik secara rutin sebagai tindakan pencegahan, seperti konsultasi rutin ke dokter dan ahli gizi. Dengan itu, kita bisa merawat tubuh kita setiap waktu.

 

Buat kamu yang belum tahu bagaimana caranya memulai pola hidup sehat, Jawaban.com punya kabar baik buat kamu. Tepatnya pada Rabu, 26 September 2020 nanti, kita akan mengadakan Webinar bertajuk ‘Sehat Kuat Bersama Jawaban’. Bagi kamu yang berminat bisa segera mendaftarkan diri dengan menghubungi atau mengirim pesan ke SINI.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami