Ternyata Ini Loh Penyebab Nyeri Otot Habis Olahraga

Ternyata Ini Loh Penyebab Nyeri Otot Habis Olahraga

Lori Official Writer
366

Pernah gak sih kamu merasa nyeri di bagian otot baik lengan atau paha setelah berolahraga?

Biasanya nyeri ini bisa muncul satu atau dua hari setelah berolahraga. Gak perlu kuatir! Kondisi ini sebenarnya normal. Karena nyeri akan sembuh sendiri.

Perlu diketahui bahwa, munculnya nyeri pada otot setelah olahraga menandakan bahwa tubuh sedang mengalami peningkatan kebugaran. Istilah medis dari nyeri otot ini adalah DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness. Hal ini terjadi karena tubuh yang dipaksa bekerja dengan intensitas yang cukup berat menyebabkan kerusakan pada mikroskopis serat otot. Saat hal ini terjadi, maka nyeri atau kekakuan otot pun timbul.

Apakah jarang olahraga jadi penyebab DOMS?

Walaupun nyeri otot memang sangat rentan dialami oleh mereka yang jarang olahraga. Tapi atlet profesional sekalipun bisa mengalami kondisi ini juga. Karena itulah saat dalam kondisi ini, harusnya kita perlu meningkatkan latihan fisik. Karena rasa sakit akan berkurang saat otot terbiasa dengan tuntutan fisik yang dilakukan setiap hari.

Bisa dibilang, nyeri otot ini merupakan proses adaptasi yang mengarah pada stamina dan kekuatan yang lebih besar saat otot pulih dan mulai terbentuk.

Olahraga apa sih yang biasanya menyebabkan DOMS?

Gak ada jenis olahraga tertentu yang bisa menghindarkan kita dari nyeri otot. Karena selama kita melibatkan bagian tubuh utama seperti tangan, kaki dan bagian punggung, nyeri otot akan muncul. Walau kamu hanya berjalan santai pun, nyeri otot bisa muncul di bagian paha atas sampai ke punggung.


Baca Juga:

10 Tips Otot Relaks

Mau Berotot? Jauhi Makan 3 Kali Sehari


Cara menangani DOMS

Biasanya nyeri otot akan terasa selama 3 sampai 5 hari pertama. Nyeri ini akan perlahan-lahan menghilang seiring waktu. Dan selama menjalani proses pemulihan, gak ad acara yang lebih sederhana selain melakukan beberapa tindakan seperti istirahat yang cukup, mengompres bagian yang nyeri dengan kantong es, mengoleskan obat penghilang rasa sakit dan bisa juga dengan melakukan pijatan.

Nyeri otot sendiri tidak memerlukan penanganan medis yang serius.

Sebagai pertanda dari adaptasi otot, seharusnya tidak masalah jika memulai memberikan latihan ringan kepada otot. Nyeri sendiri akan lebih cepat hilang saat membiarkan fisik tetap berolahraga. Misalnya dengan melakukan peregangan ringan atau jalan santai.

Ada banyak pemula yang merasakan nyeri ini dan akhirnya mengurungkan niat untuk berolahraga. Tapi dengan informasi di atas, mereka memahami bahwa nyeri otot adalah kondisi yang normal saat berolahraga. Jadi jangan kapok ya. Yang penting mulailah aktivitas fisik dari gerakan ringan secara bertahap. 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami