7 Tanda Kamu Punya Ikatan Jiwa yang Merusak

7 Tanda Kamu Punya Ikatan Jiwa yang Merusak

Lori Official Writer
729

Ikatan jiwa yang merusak bisa membuatmu merasa tertekan, cemas, dimanipulasi dan kelelahan. Ikatan jiwa bisa mengganggu tidurmu dan membuatmu merasa bingung.

Apa itu ikatan jiwa?

Ikatan jiwa adalah ikatan yang dibangun oleh dua orang baik secara pikiran, tubuh, emosi maupun hati.

Sebagai manusia yang terdiri dari tubuh, jiwa dan roh, kita tanpa sadar bisa mengikat jiwa kita kepada sesuatu atau seseorang. Jiwa adalah pusat dari kehidupan karena dari sanalah timbul pikiran, kehendak dan emosi kita.

Ikatan jiwa bukan hanya terjadi karena hubungan seksual dengan seseorang. Tapi ikatan jiwa juga bisa dalam bentuk perjanjian lain dengan orang lain yang membuatmu menyesal sekarang.

Seseorang yang mengalami ikatan jiwa yang merusak bisa dikenali dengan 7 tanda-tanda umum ini diantaranya:

1. Komunikasi selalu menghasilkan pertengkaran

Ikatan jiwa yang merusak menghancurkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Setiap percakapan dengan orang lain pada akhirnya akan berujung pada pertengkaran.

Gaya komunikasi pun akan bersifat manipulatif dan merendahkan. Inilah gejala awal dari ikatan jiwa yang merusak.

2. Kehilangan identitas

Seseorang yang mengalami ikatan jiwa yang merusak akan menerima apapun panggilan yang diberikan oleh orang lain, entah itu orang bodoh, orang gak berguna, pecundang dan sebagainya.

Saat seseorang menghidupi ucapan negatif yang disampaikan atas dirinya, saat itulah dia kehilangan identitasnya sendiri . Akibatnya, dia tidak lagi mempercayai rancangan Tuhan yang besar atas hidupnya.

Di dalam Alkitab, Haman memiliki ikatan jiwa yang jahat kepada Mordekai, dia menjadi terobsesi dengan rencana untuk menyingkirkan Mordekai.

Tapi dengan dukungan Ester, Mordekai pun selamat dari tindakan jahat Haman.

3. Gak lagi punya rasa peduli dengan orang lain.

Ikatan jiwa yang merusak bisa timbul dari kesombongan. Sikap buruk ini bisa membuat seseorang berpikir kalau mereka jauh lebih baik daripada orang lain dan akibatnya, kesombongan ini bisa berujung pada dibutakannya mata hati kita terhadap kebenaran sehingga kita bisa bertindak sesuka hati kepada orang lain.

4. Mati rasa terhadap kemanusiaan

Hati-hatilah saat tak lagi punya rasa iba atau empati kepada orang lain. Ikatan jiwa bisa membuat mengeraskan hati, tidak berperasaan dan tidak peduli dengan penderitaan orang lain. Kita bisa jadi orang yang tidak punya hati nurani.

5. Merasa malu

Rasa malu adalah gejala yang paling merusak dari ikatan jiwa yang jahat. Karena hal itu membuat kita merasa kalau hidup kita adalah sebuah kesalahan.

Rasa malu membuat seseorang merasa tidak layak, tidak pantas dicintai, tertuduh dan menderita. Banyak orang yang terikat dengan sesuatu yang salah membuatnya depresi karena mempercayai kebohongan bahwa mereka pantas diperlakukan dengan buruk.

6. Jadi pribadi yang pengecut

Ikatan jiwa bisa membuat seseorang menjadi pengecut dan tidak berani menghadapi apapun yang ada di hadapannya.

Karakter inilah yang membuat mereka jadi korban perlakuan jahat orang ain.

7. Suka mendikte orang lain

Ini adalah ikatan jiwa yang sangat buruk. Karena kita gagal melihat orang lain sebagai pribadi yang unik. Seseorang yang terikat dengan suatu ikatan jiwa yang merusak hanya akan membuat cara pandang mereka terhadap orang lain menjadi dangkal.

Semua tanda-tanda di atas hanya akan menyebabkan kerusakan pada hubungan kita dengan orang-orang terdekat. Baik itu ikatan jiwa secara emosional, fisik dan sosial yang merusak hanya akan membuat hidup kita diperbudak.  

Jadi untuk melepaskan diri dari ikatan ini, ambillah tindakan iman dengan berdoa dan memperkatakan firman Tuhan di bawah ini:

1 Korintus 6: 16-18

Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: "Keduanya akan menjadi satu daging. Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

Perkatakanlah ayat ini untuk menghancurkan ikatan jiwa secara emosional dan fisik dengan seseorang.

2 Korintus 6: 17

Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.

Pakailah ayat ini untuk mematahkan ikatan jiwa yang dibentuk dari lingkungan sosial yang buruk atau latar belakang sejarah yang mengerikan.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami: http//bit.ly/InginDidoakan. Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling: http //bit.ly/inginKonseling.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami