Lagi Ngetrend, Pemula Wajib Tahu Untung Rugi Bersepeda Buat Kesehatan
Sumber: US News Health

Health / 29 July 2020

Kalangan Sendiri

Lagi Ngetrend, Pemula Wajib Tahu Untung Rugi Bersepeda Buat Kesehatan

Lori Official Writer
1821

Olahraga bersepeda atau akrab disebut gowes semakin diminati masyarakat Indonesia belakangan ini. Alasannya adalah selain membuat tubuh bergerak, para pengguna juga bisa menikmati suasana sekitar dengan bersepeda.

Selain itu, ada banyak orang yang juga memilih olahraga bersepeda karena menyadari keuntungan besarnya bagi kesehatan.

Beberapa keuntungannya adalah:

1. Membuat tubuh bugar

Bersepeda secara teratur selama dua sampai empat jam seminggu bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina, kekuatan dan kebugaran tubuh. Baik kaki dan tangan akan bekerja dalam mengaktifkan dan memperbesar massa otot selama mengayuh sepeda.

2. Mengeluarkan racun dan meningkatkan kesehatan mental   

Bersepeda adalah aktivitas aerobik yang melatih jantung, pembuluh darah dan paru-paru untuk aktif. Semakin tinggi aktivitas mengayuh sepeda, semakin tinggi pula suhu tubuh yang dihasilkan. Dalam kondisi maksimal, tubuh akan mulai mengeluarkan racun tubuh lewat keringat.

Dalam waktu bersamaan, kesehatan mental pun ikut meningkat dan kondisi stress, cemas dan depresi bisa menurun.

3. Mencegah beragam risiko penyakit

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan mental, bersepeda juga berguna untuk mencegah risiko beragam penyakit seperti:

  • Menurunkan berat badan atau obesitas
  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung
  • Mencegah perkembangan kanker usus besar dan payudara
  • Mencegah penyakit diabetes tipe 2
  • Memulihkan cedera tulang dan radang sendi

Baca Juga: Jokowi Sudah Dua Bulan Pergi Ke Kantor Dengan Bersepeda


Walaupun bersepeda punya segudang manfaat kesehatan, rupanya para pesepeda pemula tetap dianjurkan untuk memperhatikan beberapa bahaya atau kerugian yang tidak diharapkan dari bersepeda diantaranya:

- Risiko terpapar polusi udara jauh lebih tinggi. Hal ini dialami bagi pesepeda yang biasa mengambil rute di jalan raya atau jalan yang padat kendaraan. Karena itu, pesepeda sangat disarankan untuk mengambil rute jalan yang jauh lebih sepi.

- Kasus kecelakaan para pesepeda cukup umum. Para ahli statistik menemukan bahwa alasan paling umum terjadinya kecelakaan sepeda adalah karena pesepeda tidak memiliki jalur khusus. Sehingga pesepeda bisa jadi sasaran kendaraan yang lalu lalang.

Banyak juga pesepeda yang mengabaikan tanda lalu lintas, sehingga saat menyeberang mereka tidak memperhatikan pengendara motor atau mobil yang lewat.

- Risiko meninggal karena serangan jantung. Kasus ini cukup banyak ditemukan di Indonesia sendiri. Risiko ini bukan hanya mengancam pesepeda pemula, bahkan mereka yang sudah senior pun jadi korban serangan jantung. Penyebabnya adalah karena terlalu memaksakan otot jantung bekerja ekstra mengayuh pedal sepeda. Fatalnya, serangan jantung saat bersepeda bisa membuat nyawa seseorang tidak tertolong. Karena itu sangat dianjurkan untuk tidak memaksakan tubuh bersepeda.

Kalau memang sudah merasa lelah dan jantung terasa berdetak cukup kencang, ada baiknya untuk beristirahat sejenak sampai kondisi jantung kembali normal.

Tren bersepeda sekarang ini memang kelihatannya seru buat diikuti. Walaupun sebagai pemula, yuk tetap mengikuti anjuran bersepeda yang baik ya. Pastikan supaya kamu mengkonsumsi air yang cukup juga selama bersepeda.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami