Mengenal Cerebal Palsy, Penyakit Lumpuh Otak yang Tidak Bisa Disembuhkan

Mengenal Cerebal Palsy, Penyakit Lumpuh Otak yang Tidak Bisa Disembuhkan

Claudia Jessica Official Writer
381

Cerebral palsy adalah kelainan gerakan, tonus otot, ataupun postur yang disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada otak yang belum matang dan berkembang, paling sering sebelum kelahiran sehingga menyebakan gangguan pada gerakan dan koordinasi tubuh.

Adapun faktor yang mempengaruhi risiko cerebral palsy yaitu ibu mengalami cedera atau infeksi selama kehamilan, anak tidak mendapatkan cukup oksigen di dalam kandungan, atau cedera atau infeksi pada masa awal kanak-kanak.

Gejala cerebral palsy, dapat terlihat ketika anak masa bayi atau sebelum masa sekolah. Pada umumnya, cerebral palsy menyebabkan gangguan gerakan yang disertai refleks yang tidak normal, terlalu lemah atau kakunya anggota tubuh, postur tubuh yang tidak normal, gerakan yang tidak bisa dikendalikan, tidak stabil ketika berjalan, atau kombinasi dari semua yang telah disebutkan.

Penderita cerebral palsy biasanya memiliki masalah ketika menelan makanan dan umumnya memiliki ketidakseimbangan otot mata atau dengan kata lain, tidak fokus pada objek yang dilihat. Selain itu, penderita juga dapat mengalami pengurangan rentang gerak dari berbagai sendi tubuh mereka karena otot yang kaku.

Beberapa penderita cerebral palsy memiliki dampak yang berbeda-beda. Beberapa penyandang tetapi bisa berjalan, beberapa lainnya membutuhkan bantuan dari kursi roda. Beberapa memiliki intelektual normal atau mendekati normal, namum beberapa orang memiliki disabilitas intelektual, bahkan beberapa penyandang juga dapat memiliki epilepsi, kebutaan, dan tuli.

Selain itu, cerebral palsy dapat mempengaruhi seluruh tubuh, setengah tubuh atau hanya di satu bagian tertentu saja. Gangguan otak yang menyebabkan cerebral palsy tidak berkembang seiring berkembangnya waktu atau seiring pertumbuhan anak.

Tapi walau demikian, ketika anak tumbuh dewasa, ada beberapa gejala seperti pemendekan dan kekakuan otot dapat menjadi lebih parah jika tidak dirawat dengan baik.

Cerebral palsy bukanlah kondisi yang dapat disembuhkan, tetapi gejala dan cacat dapat dibantu dengan terapi fisik, terapi okupasi, konseling psikologi dan operasi.

Terapi fisik juga membantu anak mengembangkan otot yang lebih kuat dan bekerja dengan keahlian, seperti berjalan, duduk, dan keseimbangan. Alat tertentu, misalnya penyangga logam untuk kaki, atau pembebat, mungkin juga bermanfaat bagi anak.

Dengan terapi okupasi, anak mengembangkan kemampuan motorik yang baik, misalnya untuk memakai baju, makan, dan menulis.

Sekalipun masalah membesar, Tuhan Yesus akan tetap memberikan kekuatan. Selayaknya seorang sahabat, kami rindu mendengarkan dan mendoakanmu. Dengan senang hati kami akan menunggu pesanmu. Hubungi kami di nomor 0822-1500-2424 atau klik http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami