Selisih Paham Dengan Ipar Bikin Canggung? Coba Lakuin Ini deh Biar Kalian Baikan

Selisih Paham Dengan Ipar Bikin Canggung? Coba Lakuin Ini deh Biar Kalian Baikan

Claudia Jessica Official Writer
961

Ketika menikah, kamu akan menjadi bagian keluarga besar pasanganmu dan begitu pula sebaliknya. Orangtua pasanganmu menjadi orangtuamu dan saudara dari pasanganmu menjadi juga akan menjadi saudara iparmu.

Namun sedekat apapun hubungannya, tetap saja tidak bisa menghindari konflik. Apalagi jika kamu tinggal di rumah yang sama, pertengkaran bisa terjadi akibat perselisihan ataupun hal lainnya. Tapi bukan berarti perselihan tidak dapat terjadi jika kalian tinggal di rumah yang berbeda.

Pertengkaran bisa memecah keutuhan keluarga lho. Jadi, kalau kamu sedang bertengkar dengan saudara iparmu, segera atasi yuk, begini caranya:

Pertama-tama, diskusikan dulu dengan pasangan

Bagaimanapun juga, kamu memiliki masalah dengan saudaranya. Jangan libatkan dia secara langsung, tetapi mintalah pendapatnya tentang bagaimana watak saudaranya itu sehingga kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.

Hindari menjelek-jelekan saudara iparmu atau bahkan anggota keluargamu di depan pasangan.

Kedua, ajak bicara secara langsung

Mengajak bicara secara langsung adalah solusi yang paling efisien. Pembicaraan empat mata dapat membuat pembicaraanmu lebih intens, dan ekspresi serta nada bicara bisa disampaikan dengan tepat untuk mencegah kesalahpahaman.

Hindari meminta bantuan pasangan, anggota keluarga atau pihak lain untuk menyampaikan pesanmu karena hal ini dapat membuatnya merasa tidak dihargai.

Tetapi kamu bisa mengajak pasanganmu atau anggota keluarga atau orang lain sebagai pihak ketiga untuk menjadi penengah apabila kamu dan saudara iparmu masih belum bisa menemukan konklusi permasalahan kalian.

Ketiga, tenang dan atur emosi

Apapun penyebab pertengkaranmu, hadapilah dengan tenang. Orang bijaksana berpikir dahulu sebelum bertindak; orang bodoh mengobralkan kebodohannya (Amsal 13:16) (BIS).

Bersikaplah dengan tenang dan kuasai dirimu, kemudian situasi pun akan ikut menjadi lebih terkendali. Sampaikan seluruh perasaanmu dengan rendah hati dan jangan meninggikan diri.

Keempat, bersikap dewasa

Jika hingga akhir pembicaraan kalian masih belum mendapatkan konklusi permasalahannya, bersikaplah dewasa. Kadang kala kita bisa setuju untuk memiliki cara pandang yang berbeda, tapi bukan berarti kalian tidak bisa membangun hubungan yang baik. Selain itu, beri dia waktu karena mungkin dia butuh waktu untuk bisa kembali bersikap seperti biasa.

Terima apapun keputusannya dan tanyakan alasan dibalik jawabannya. Meski keadaan belum membaik, tetaplah bersikap normal seperti biasa pada ipar dan anggotan keluarga lainnya. Hindari sikap agresif atau malah mendiamkan dia karena hal ini membuat masalah menjadi semakin besar.


Baca juga:

Pengen Akur Sama Ipar? Coba 15 Cara Ini Biar Kalian Keliatan Kayak Teman Dekat

Tips dan Trik Untuk Makin Akrab dengan Saudara Ipar


Kelima, kamu harus berjiwa besar

Jika hubunganmu dan ipar sudah mengalami perbaikan dan menjadi lebih baik, jangan pernah kamu mengungkit masalah itu lagi karena hal ini akan menimbulkan pertengkaran kembali. Bagaimanapun, pertengkaran kalian telah berlalu.

Kemudian untuk mengembalikan hubungan yang pernah retak secara utuh, kamu bisa melakukan quality time bersama atau membuatkan makanan kesukaannya.

Nah setelah mencoba hal-hal di atas, kamu bisa memberi tahu kami apakah artikel ini bermanfaat? Tuliskan di kolom komentar ya. Kalau hubunganmu dengan ipar masih belum selesai dan butuh teman curhan dan dukungan doa, langsung saja h Hubungi kami di 0822-1500-2424 atau klik https://bit.ly/InginSharing

Kamu memiliki pergumulan rumah tangga dan ingin di doakan? Ayo ikuti Live Streaming doa bersama Jawaban.com dan Andi Otniel dengan klik DISINI.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami