Segera Dapatkan Pekerjaan Dengan Bangun Personal Branding yang Kuat (Part 1)
Sumber: freepik.com

Finance / 13 July 2020

Kalangan Sendiri

Segera Dapatkan Pekerjaan Dengan Bangun Personal Branding yang Kuat (Part 1)

Claudia Jessica Official Writer
2275

Personal branding tidak hanya dilakukan oleh perusahaan saja tetapi juga untuk diri sendiri. Dengan mudahnya akses internet dan hampir semua orang yang telah familiar dengan sosial media, tentu saja memudahkan kita untuk dikenali baik secara personal atau profesional.

Personal branding adalah cara untuk mempromosikan diri beserta pencapaiannya dalam karier dan keahlian yang dimiliki. Melalui personal branding, orang-orang bisa dengan mudah melihat keahlian, karya, dan pencapaian kamu secara online.

Di era digital ini, personal branding menjadi semakin penting karena HRD, klien, investor serta calon partner akan mengetikkan namamu di google dan mencari jejak digitalmu.

Nah bagaimana sih cara membangun personal branding yang baik?

1. Tampilkan Citra Diri Sesuai Portofolio

Penctiraan menjadi buruk jika kamu mengada-ada, namun pencitraan juga baik jika kamu menampilkan citra yang jujur kepada publik.

Jika kamu ingin menampilka citra seorang penulis yang hebat, buatlah portofolio skenatrio film. Kamu juga bisa bekerja sama dengan sutradara atau produser untuk membangun portfolio tersebut.

Citra yang baik, didukung dengan portfolio yang sesuai.

2. Bagikan Portofolio

Jika kamu sudah memiliki portofolio yang sesuai dan memahami citra yang ingin kamu tunjukkan, ini saatnya untuk membagikan portofoliomu. Percayalah pada dirimu dan jangan malu.

Setiap bidang pekerjaan biasanya telah memiliki media untuk berbagi portofolionya masing-masing seperti: designer membagikan karyanya di Dribbble, fotografer yang membagikan karyanya di Shutterstock atau Photostock.

Bagaimana jika pekerjaan yang kamu geluti belum memiliki media untuk menyebarkan portofoliomu? Tenang, di zaman canggih seperti sekarang ini kamu bisa membuat website untuk mempromosikn karya-karyamu sendiri.


Baca juga:

Lebarkan Peluang, Yuk Bangun Personal Branding Lewat LinkedIn Dengan 3 Langkah Ini

Sedih Habis Ditolak Kerja, Jangan Nyerah! Bikin Lamaran Baru Aja Pakai Langkah Iniā€¦

Masih Suka Malas, Begini Caranya Biar Konsisten Bikin Konten Buat Bisnis di Sosial Media


3. Buat Website Pribadi

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa website bisa kamu gunakan sebagai media untuk memamerkan portofoliomu.

Teknologi yang semakin canggih tentu juga membuatmu lebih mudah untuk membuat website sendiri tanpa pengetahuan coding sama sekali. Kamu hanya perlu membeli hosting, domain dan install platform pembuatan website.

Tidak hanya sebatas media untuk memamerkan portofolio, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan web sendiri. Kamu bisa membuat website dengan gayamu sendiri. Kemudian, dengan website dan domain sendiri kamu juga bisa lebih meyakinkan banyak orang di internet.

Kemudian juga bisa kamu gunakan sebagai investasi.  Kamu bisa mengembangkan websitemu dengan sesuka hati, bahkan kamu juga bisa menjual produkmu sendiri di website.

Nah itu dia 3 cara pertama membangun personal branding yang kuat supaya kamu segera mendapatkan pekerjaan. Kita akan membahas 4 langkah selanjutnya di artikel berikutnya ya.

Sumber : niagahoster
Halaman :
1

Ikuti Kami