Bagaimana Sih, Menjadi Youth Pastor yang Diminati Anak Muda? Simak Tipsnya Di sini!

Bagaimana Sih, Menjadi Youth Pastor yang Diminati Anak Muda? Simak Tipsnya Di sini!

Claudia Jessica Official Writer
573

Melayani jemaat di usia dewasa, pemuda atau bahkan sekolah minggu bukanlah hal yang mudah. Ditambah dengan perbedaan setiap generasi, kita perlu melakukan mereka dengan perlakuan yang berbeda agar tetap fokus pada Firman Tuhan yang kita bawakan.

Apakah kita harus menjadi orang hebat terlebih dahulu untuk dapat menyampaikan Firman Tuhan atau Youth Pastor? Saya rasa tidak. Namun, dalam menjalani peran youth pastor, kita tidak hanya membina kaum muda tetapi juga menggembalakan mereka.

Tugas penggembalaan kaum muda adalah tugas yang krusial, mengingat tantangan dan krisis yang terjadi pada masa transisi yang dihadapi kaum muda bisa berdampak besar terhadap kehidupannya secara keseluruhan.

Lalu bagaimana agar kita bisa menjadi youth pastor yang lebih baik?

1. Lakukan persiapan

Hal yang paling mendasar ini tentu saja sudah dilakukan semua orang. Persiapan adalah hal terpenting ketika kita hendak menyampaikan Firman Tuhan.

Mungkin kamu memiliki kesibukan lain, tetapi kamu bisa bandingkan sendiri ketika kamu hanya bersiap selama 30 menit atau 3-4 hari sebelum waktu untuk berbicara di depan mimbar.

Persiapan mungkin memakan waktu dan mungkin menggangu waktu sebelum tidur atau selepas bangun tidur. Namun kamu dapat merasakan sendiri perbedaan ketika kamu mempersiapkan diri lebih lama.

Atlet yang hebat karena menguasai teknik-teknik dasarnya. Mempersiapkan materi pengajaran sama seperti atlet yang praktik dasar. Jika kamu berkomitment untuk melakukan persiapan yang baik dan terfokus, kemampuanmu pasti akan berkembang.

2. Gairah untuk menyampai Firman Tuhan

Sederhananya, jika kamu bersemangat ketika menyampaikan Firman Tuhan, anak remaja akan memahami ini.

Ketika kamu menyampaikan Firman Tuhan seperti membaca buku saja, dan menyampaikannya seperti ketika kuliah, tidak heran jika perhatian mereka tidak terfokuskan pada pengajaran yang kamu sampaikan.

Namun jika kamu menyampaikannya dengan cara yang semangat dan menarik, para remaja akan menangkap pengajaranmu. Alkitab bukanlah teks kuno yang membosankan tetap Firman Tuhan yang hidup.

Jadilah pengajar yang mampu menghidupkan Firman Tuhan dan membuat orang ingin terlibat dengan Alkitab seperti yang kamu lakukan.


Baca juga:

Untuk Menjadi Pelayan dan Gembala Yang Setia. Inilah Karakter Yang Harus Kamu Miliki!

Inilah Kesalahan Gembala Youth Yang Membuat Pengembalaan Menjadi Tidak Efektif!

Nikahi Pendeta, Empat Hal Ini yang Perlu Diketahui Semua Ibu Gembala Baru


3. Anggap dirimu sebagai fasilitator, bukan pembicara

Seorang pembicara memiliki audiens yang mendengarkan. Namun, yang mereka lakukan adalah komunikasi satu arah dimana hanya pembicara yang berbicara dan audiens mendengarkan.

Sedangkan fasilitator memfasilitasi waktu pembelajaran interaktif, pengalaman yang didorong oleh diskusi dan partisipatif.

Tujuanmu bukanlah menjadi tempat pembuangan informasi, tetapi malakukan komunikasi dua arah melalui sebuah pembicaraan dimana kamu dapat membimbing para remaja dalam pertemuan yang interaktif akan pembicaraan mengenai kebenaran Allah.

Itulah 3 tips yang dapat membantumu menjadi youth pastor yang baik, yang mampu menyampaikan Fiman Tuhan dengan tepat pada anak-anak remaja. Selamat mencoba.

Sumber : churchleaders

Ikuti Kami