Gugat Ibu Gara-gara Warisan, Kasatreskrim: “Laporannya Kami Tolak”

Gugat Ibu Gara-gara Warisan, Kasatreskrim: “Laporannya Kami Tolak”

Claudia Jessica Official Writer
547

Baru-baru ini, beredar kisah tentang seorang anak berinisial M yang menggugat ibu kandungnya sendiri karena masalah warisan. Kejadian ini terjadi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Menurut berita yang beredar, M melaporkan ibunya ke polisi gara-gara sepeda motor. Motor tersebut dibeli oleh ibu M dari warisan yang ditinggalkan suaminya.

Dikutip dari Tribunnews.com, ibu M mengatakan "Motor itu saya beli dari bagian uang warisan 15 juta, sebenarnya ada Rp 200 juta hasil penjualan, tapi M membawa uang warisan tersebut entah ke mana."

Setelah berbincang-bincang dengan Kasatreskim Polres Lombok Tengah AKP Priyo Suharto, diketahui bahwa M meraka kesal karena ibunya membawa motor tersebut ke rumah keluarga ibunya.

"Motor itu dia bawa ke rumah saudaranya, padahal itu kita beli dari harta warisan. Jadi saya juga punya hak terhadap motor itu, itu yang saya keberatan," kata M.

Tetapi, Kasatreskrim Polres Lombok Tengah AKP Priyo Suhartono menolak laporan yang diajukan oleh M.

"Laporannya kami tolak, karena ibu kandung sendiri soalnya," ujar Priyo kepada wartawan. Dikutip dari Antara, Selasa (30/6).

Kemudian Priyo menyarankan agar M dan ibunya menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan.

Keluaran 20:12, "Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu."

Alkitab mengajarkan kita untuk menghormati orang tua kita. Tuhan menempatkan perintah ini di atas dari perintah lainnya dan setelah perintah tentang diri-Nya.

Bahkan jika kamu memperhatikan, perintah ini memiliki hadiah. “Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu (Ulangan 5:16).

Kemudian, Efesus 6 sekali lagi memerintahkan kita untuk menghormati orangtua kita. “Hormatilah ayahmu dan ibumu — ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.” (Efesus 6: 2-3)

Dalam bahasa Yunani kata ‘menghormati’ diartikan sebagai ‘memuja, menjunjung dan menghargai’. Secara sederhana, menghormati berarti menunjukkan respek kepada seseorang yang memiliki suatu kedudukan.


Baca juga: Sebagai Anak, Perkatakanlah Tiga Ayat Alkitab Ini Saat Doakan Orangtuamu

Cara Menghormati Orang Tua Versi Alkitab, Biar Kita Sukses Di Dunia Ini


Semua anak (berapapun usianya) diperintahkan untuk menghormati orangtuanya, tanpa memandang apakah orangtuanya itu ‘layak’ dihormati atau tidak.

Tuhan mau kita untuk menghormati orangtua kita terlepas berapapun usia kita. Semua orang yang ada di dalam Kristus harus tahu bahwa sekalipun kita sudah terpisah dari orangtua kita, kita tetap adalah anak-anak Allah dan kita harus menghormati-Nya.

Ada beberapa keadaan dimana kita merasa sulit untuk menghormati orang tua seperti keluarga broken home, orangtua yang kurang peduli atau kurang perhatian, anak yatim piatu.

Namun, bukan berarti kamu adalah pengecualian untuk tidak menjalankan perintah Tuhan ini.

Imamat 19:3 “Setiap orang di antara kamu haruslah menyegani ibunya dan ayahnya dan memelihara hari-hari sabat-Ku; Akulah TUHAN, Allahmu.”

Kamu mungkin termasuk salah satu anak yang sulit untuk menghormati orangtuamu karena beberapa keadaan di atas, jangan khawatir karena kami ada bersamamu.

Kamu bisa menghubungi kami untuk berbagi cerita ataupun mendukungmu dalam doa. Hubungi kami di nomor 0822-1500-2424 atau klik http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami