Kalau Gak Terkontaminasi, Jamur Enoki Punya 8 Manfaat Ini Loh Buat Kesehatan!

Kalau Gak Terkontaminasi, Jamur Enoki Punya 8 Manfaat Ini Loh Buat Kesehatan!

Lori Official Writer
568

Walaupun di Indonesia gak ditemukan kasus keracunan bakteri listeria akibat jamur enoki. Tapi pemerintah melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memutuskan untuk menghentikan impor dan menarik jamur enoki dari peredaran.

Jamur asal Korea Selatan ini dilaporkan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang bisa menyebabkan seseorang mengalami demam, flu, nyeri otot, kelelahan dan bahkan keguguran pada wanita hamil. Risiko inilah yang membuat International Food Safety Authority Network (INFOSAN), jaringan otoritas keamanan pangan Internasional di bawah FAO/WHO mengeluarkan himbauan resmi untuk tidak mengkonsumsinya.

Tapi terlepas dari kasus ini, jamur enoki sebenarnya adalah jamur yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Jamur berbentuk jarum panjang bertudung putih ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara.

Jamur yang disebut juga dengan jamur jarum emas atau jamur lily ini juga jadi makanan umum negara-negara Asia Timur seperti Cina, Jepang, Korea dan Vietnam.

Ahli nutrisi menemukan kalau jamur enoki ini memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan vitamin dan mineralnya.

Ada 8 manfaat kesehatan yang bisa didapatkan saat mengkonsumsi jamur enoki yang sehat dan segar, diantaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain sebagai sumber nutrisi, jamur enoki juga mengandung antioksidan yang tinggi. Enoki dikenal kaya akan tiamin, niasin, kalium, riboflavin, zat besi dan selenium.

Kandungan asam amino valine, lisin dan ergothioneine sendiri berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Jamur enoki berfungsi sebagai sumber asam linoleate terkonjungksi non-daging (CLA) yang membantu mengurangi lemak tubuh. Karena itu, bagi yang ingin menurunkan berat badan bisa menjadikan jamur enoki sebagai bagian dari diet.

3. Menyeimbangkan kadar gula darah

Salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi jamur enoki adalah membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Kandungan serat yang tinggi di dalam jamur enoki lah yang membantu mengelola kadar gula darah dengan memperlambat asimilasi gula.

Manfaat inilah yang menjadikan jamur enoki sebagai salah satu alternatif untuk mencegah terjadi diabetes tipe 2.

4. Mengatasi masalah sembelit

Kandungan seratnya membantu mengatasi masalah sembelit akibat gangguan pencernaan. Masalah pencernaan bisa diatasi jika seseorang mengkonsumsi 300 gram jamur enoki atau setara 50% kebutuhan serat harian.

5. Memperkuat daya ingat otak

Jamur enoki mengandung asam amino yang baik. Kandungan inilah yang berfungsi mendukung perkembangan mental dan daya ingat otak.

Manfaat inilah yang menjadikan jamur enoki sebagai konsumsi wajib bagi anak-anak hingga orang dewasa.


Baca Juga: Yuk Waspada. Jamur Enoki Asal Korea Ini Diduga Mengandung Bakteri Berbahaya Loh!


6. Mencegah alergi

Jamur enoki yang segar dan bebas kontaminasi bakteri bermanfaat tinggi mencegah asam, rhinitis, eksim dan reaksi alergi lainnya. Jadi, buat kamu yang rentan mengalami alergi, bisa memasukkan jamur enoki dalam menu harianmu.

7  Menurunkan tekanan darah

Jamur enoki mengandung kalium yang cukup tinggi dan berguna menurunkan tekanan darah. Kalium akan berfungsi sebagai vasodilator yang mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah sehingga aliran darah dari arteri lancar.

8. Proflamin dan anti-kanker

Penelitian menemukan bahwa jamur enoki rupanya berfungsi sebagai proflamin atau anti tumor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang memiliki tumor 85% bisa bertahan hidup setelah diberika konsumsi jamur enoki.

Mengejutkannya, jamur ini bukan hanya membantu menyembuhkan tumor tapi juga mencegah kanker.

Cara Mengkonsumsi Jamur Enoki

Bagi yang bingung tentang cara mengkonsumsi jamur enoki bisa menikmatinya dengan cara dipanggang, direbus atau digoreng.

Waktu merebus jamur enoki, rebuslah selama tiga atau empat menit sampai teksturnya lunak. Jamur ini bisa juga direbus bersama dengan sup, semur atau kari.

Jika ingin dinikmati dengan dipanggang, pangganglah enoki sampai teksturnya lembut dan berair. Dan untuk enoki yang digoreng bisa dijadikan sebagai cemilan dengan menambahkan tepung dan mengorengnya sampai terasa krispy.

Walaupun punya banyak manfaat kesehatan, kita perlu waspada saat membeli jamur ini. Karena jamur ini bisa saja terkontaminasi bakteri sehingga menyebabkan penyakit.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami