Setelah Toxic Relationship, Anda Harus Kenali Toxic Financialship!

Finance / 17 May 2023

Kalangan Sendiri

Setelah Toxic Relationship, Anda Harus Kenali Toxic Financialship!

Claudia Jessica Official Writer
4491

 

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah toxic relationship nah, kali ini kita akan membahas toxic financialship.

Jika toxic relationship adalah keadaan dimana pasangan memberikan dampak negatif terhadap diri kita, maka toxic financialship yang dimaksud disini adalah keadaan dimana pasangan memanfaatkan kita untuk kepentingannya sendiri.

 

Baca juga: Merusak dan Beracun, Begini Kunci Hadapi Toxic People di Lingkungan Gereja

 

Itulah sebabnya toxic financialship berkaitan dengan toxic relationship. Lantas, apa saja ciri-ciri toxic financialship?

1. Boros dan selalu menggunakan uang pasangannya untuk dirinya sendiri.

2. Dimanfaatkan dalam banyak kesempatan.

3. Sering berhutang ke pasangannya atau ke pihak lain dan yang melunasi adalah pasangannya.

4. Menjual aset atau barang yang dimiliki dan uangnya diberikan untuk pasangannya.

5. Meminjam barang pasangannya untuk kemudian dijual dan uangnya dipakai sendiri.

6. Meminjam uang ke orang lain atau berbohong kepada orang tua dan uangnya digunakan oleh pasangannya untuk main dengan teman-temannya.

7. Seseorang yang bekerja dan penghasilannya diberikan kepada pasangannya dan dipakai untuk biaya hidup dan main.

8. Membelikan barang atau aset mahal seperti hp, mobil atau bahkan rumah dengan mencicil uanganya sendiri namun atas banyak pasangan atau barangnya digunakan oleh pasangan.

Toxic financialship sangat merugikan. Uang yang seharusnya bisa kita gunakan untuk berinvestasi, ditabung di hari tua atau bahkan modal bisnis menjadi sia-sia karena diberikan kepada pasangan yang tidak bertanggung jawab karena uang kita digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna.

 

BACA JUGA: Atasi Kesulitan Finansialmu dengan 18 Ayat Alkitab Ini. Ayat Nomor 13 Wajib Diingat!

 

 

Lalu bagaimana menghindari toxic financialship?

1. Ajari pasangan mengenai pentingnya keuangan yang sehat

Tidak ada jaminan bahwa pasangan menikah tidak akan menjadi seseorang yang toxic financialship jika pada masa pacaran tidak menunjukkan hal ini. Bagitu banyak kasus dimana pasangan bisa berubah pola pikir dan sifatnya setelah menikah dan perubahan ini bisa saja merugikan kalian dari sisi keuangan.

Karena itu sebelum menikah, sepakati dahulu bagaimana kalian akan mengatur keuangan kalian dan cobalah untuk belajar menerapkan keuangan yang sehat.    

Bagikan dengan pasangan betapa pentingnya keuangan yang sehat untuk rumah tangga kalian nantinya. Kesadaran yang tinggi akan pentingnya memiliki keuangan yang stabil akan membuat kamu dan pasangan lebih mudah lagi dalam mengatur keuangan keluarga masa depan kamu nantinya.

 

2. Bersama-sama menghindari pemborosan

Satu lagi cara yang bisa membuat kamu terhindar dari toxic financialship adalah dengan menghindari gaya hidup yang boros. Pengeluaran yang lebih banyak daripada pemasukan masuk dalam kategori keuangan yang tidak sehat.

Hal ini bisa terjadi karena gaya hidup yang tinggi dan tidak sesuai dengan pemasukan yang kalian dapatkan. Alih-alih hidup boros dengan gaya hidup yang tinggi, kamu bisa belajar mengontrol keinginan dan kamu juga bisa belajar mengenai investasi untuk mendapatkan penghasilan lebih.

 

Baca juga: Kenalan Sama Toxic Spending, Mana Nih Yang Kamu Banget Dari 5 Kebiasaan Ini?

 

 

Toxic financialship bisa menghampiri siapapun. Baik pasangan berpacaran atau bahkan pasangan menikah. Pastikanlah pasanganmu memiliki visi misi yang sejalan denganmu untuk menciptakan keuangan yang baik, sehat dan stabil. Hubungan yang sehat dimulai dari keuangan yang sehat.

“Lebih baik yang sedikit pada orang benar dari pada yang berlimpah-limpah pada orang fasik.” ~ Mazmur 37:16 

 

Sumber : berbagai sumber | jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami