Inilah 10 Situs Arkeologi Paling Ikonik di Israel, Banyak Ungkap Sejarah dari Alkitab Loh!

Inilah 10 Situs Arkeologi Paling Ikonik di Israel, Banyak Ungkap Sejarah dari Alkitab Loh!

Lori Official Writer
972

Bagi yang gemar menggali sejarah, ada baiknya buat kamu mengunjungi berbagai pusat arkeologi Israel ini.

Pasalnya, ada begitu banyak kisah sejarah yang kembali ditemukan dari penggalian situs-situs kunonya, yang bukan saja menguntungkan para pecinta barang-barang antik. Tapi juga mengungkapkan kebenaran sejarah yang tercatat dalam Alkitab.

Terdapat 10 situs arkeologi yang paling ikonik di Israel diantaranya:

1. Kota Tua Yerusalem

Kota Tua Yerusalem jadi salah satu pusat konservasi yang mengungkapkan tentang sejarah pembangunan kota suci tersebut oleh Raja Daud 3000 tahun yang lalu.

Dari sepanjang penggalian situs ditemukan fakta baru tentang Bait Suci Pertama (1000-586 SM), Bait Suci Kedua (516 SM-70 Masehi), Era Bizantium Muslim (pada abad ke-4 sampai 11) dan Perang Salib (1095-1291 Masehi).

Semua barang-barang antik yang ditemukan dari penggalian pun dipajang di Taman dan Museum Arkeologi Davidson.

Selain itu, penggalian juga dilakukan tepat di pusat Gereja Makam Suci, yang merupakan situs suci yang banyak dikunjungi oleh umat Kristen dari berbagai belahan negara.

2. Taman Nasional Masada

Di atas tanah Taman Nasional Masada ini ternyata terkubur kepingan-kepingan sejarah dari Kerajaan Romawi. Pusat arkeologi ini sendiri berhadapan langsung dengan Laut Mati.

Selama penggalian, para arkeolog menemukan kerangka manusia dan lebih dari 5000 koin kuno. Sebagian besar dicetak selama lima tahun masa perang. Seusia dengan fragmen gulir dan 700 kepingan-kepingan prasasti.

Barang-barang yang ditemukan dari penggalian inipun dipamerkan di Museum Yigael Yadin Masada.

3. Taman Nasional Qumran

Taman ini sendiri terletak di sebuah tebing berbatu di atas Laut Mati. Berdasarkan sejarahnya, tempat ini awalnya adalah tempat kaum Eseni Yahudi tinggal. Ada banyak ukiran-ukiran tulisan yang bisa dilihat di dinding guanya.

4. Taman Nasional Kaisarea

Taman Kaisarea adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Israel. Di situs ini terdapat banyak artefak penting yang berkaitan dengan perjalanan sejarah orang Yahudi dan Kristen.

Dalam penggalian terakhirnya, para arkeolog menemukan reruntuhan istana Romawi yang cukup besar dan amfiteater dari zaman Yesus.

5. Taman Nasional Beit Guvrin-Maresha

Di kenal sebagai ‘tanah seribu gua’, Taman Nasional Beit Guvrin-Maresha berada di tanah seluas 1250 hetra di dataran rendah Yudea.

Di taman inilah ditemukan sebuah situs yang disebut Tel Maresha, dimana di dalam Alkitab dicatat bahwa Raja Rehoboam dari Yehuda membangun kota sebagai benteng pertahanan. Lalu situs ditinggalkan selama periode Romawi. Namun kembali menjadi kota penting setelah pembangunan Beit Guvrin yang sangat penting di era Perang Salib.


Baca Juga:

Arkeolog Klaim Temukan Gerbang-gerbang Benteng Raja Salomo yang Tercatat di Alkitab Loh!

 

Wow, Arkeolog Temukan Kota Yahudi Kuno Yang Terhubung Dengan Abraham Dan Yesus, Lho


6. Taman Nasional Tel Megiddo

Tel Megiddo adalah benteng pertahanan yang dikenal pada masanya sebagai Armageddon atau tempat pertempuran Hari Terakhir yang tertulis dalam Kitab Suci Kristen.

Lalu 1000 tahun kemudian tempat ini jadi pusat pemerintahan Mesir atas Kanaan. Raja Daus kemudian menaklukkan Megido dan kota itu berkembang pesat di bawah kepemimpinan putranya Salomo. Salah satu kemajuan yang terjadi adalah pemasangan sistem airnya yang canggih.

7. Taman Nasional Beit She-an

Bagi yang belum tahu, pusat arkeologi ini jadi tempat ditemukannya kerangka kerajaan Romawi yang megah, mulai dari puing-puing teater berkapasitas 7000 kursi, jalan-jalan bertiang, amfiteater gladiator, pemandian dan pasar Bizantium, kuil-kuil Romawi dan Yunani serta sinagoge pertama orang Samaria.

8. Taman Nasional Herodium

Salah satu penemuan arkeologi dari situs ini adalah sisa-sisa makam Herodes Agung tepat di situs Gurun Yudea setelah 35 tahun menggali harta karun arsitektur dan budayanya. Sampai saat ini penggalian terus dilakukan untuk mengungkap kepingan sejarah lainnya terkait pemerintahan Romawi.

9. Taman Nasional Tzipori

Tahu gak sih kalau ternyata Tzipori adalah tanah kelahiran dari Maria. Kota ini terletak di Galilea atau sebelah barat Nazaret.

Herodes lalu menaklukkan daerah ini pada tahun 37 SM. Lalu 33 tahun kemudian dihancurkan oleh bangsa Romawi.

Sejak gempa bumi yang sangat besar terjadi pada tahun 363, kota ini kembali dibangun dan ditinggali oleh orang-orang Kristen dan Yahudi. Sampai hari ini, kita bahkan masih bisa menyaksikan sisa-sisa bangunan gereja St. Anna dan benteng tentara salib.

10. Taman Nasional Avdat

Ini adalah salah satu situs arkeologi yang masih sangat lengkap. Avdat sendiri adalah bekas kerajaan Romawi yang kaya akan beragam peninggalan kunonya. Para arkeolog sendiri menemukan dua bangunan bekas gereja besar di era Bizantium, pemandian dan pemakaman mewahnya.

Sedikit banyaknya situs-situs bersejarah ini sendiri mengungkap banyak kebenaran tentang kisah yang tercatat di Alkitab. Jadi, kita berharap situs-situs ini bisa jadi sumber bagi kita untuk belajar lebih banyak sejarah.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami