Buat Pernikahanmu Lebih Kuat, Alaskan Dengan 7 Firman Tuhan Ini (Bagian 2)
Sumber: freepik.com

Marriage / 2 September 2022

Kalangan Sendiri

Buat Pernikahanmu Lebih Kuat, Alaskan Dengan 7 Firman Tuhan Ini (Bagian 2)

Claudia Jessica Official Writer
8084

 

Kita setuju bahwa ada begitu banyak motivasi untuk membangun pernikahan. Namun, apakah motivasi yang kamu miliki sudah benar?

Baca bagian 1 disini: Buat Pernikahanmu Lebih Kuat, Alaskan Dengan 7 Firman Tuhan Ini (Bagian 1)

Kemudian apa fondasi atas pernikahanmu? Mampukan fondasi yang telah kamu bangun untuk menopang pernikahanmu sampai akhir?

Berikut ini adalah Firman Tuhan yang menjadi landasan atas pernikahanmu:

 

4. 1 Korintus 7: 3-6

"Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak. Hal ini kukatakan kepadamu sebagai kelonggaran, bukan sebagai perintah."

Pasangan tidak boleh menjadikan seks sebagai dasar pernikahan mereka menjadi prioritas utama. Kebenaran tentang seks adalah bahwa Allah menahbiskan dan mendesainnya untuk membawa kesenangan bersama dalam pernikahan.

Seperti dalam semua kehidupan, kamu dipanggil untuk hidup dalam kebenaran. Dapatkan kembali pandangan yang sehat tentang hubungan dengan pasanganmu.

 

Baca juga: Saat Pernikahan di Ambang Kehancuran, Segeralah Cari Bantuan Dari 6 Sumber Ini

 

5. Amsal 21:9

"Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar"

Sekalipun kamu sudah menikah, perselisihan dan adu argumen masih sering terjadi diantara pasangan. Ada cara untuk mengatasinya dengan bijak.

Amsal 21:9 membuat kita membayangkan seorang suami yang pergi menjauh dari istrinya yang suka bertengkar atau sebaliknya.

Pertengkaran terus menerus dapat menyebabkan depresi. Jika pertengkaran terus menerus menjadi masalah pernikahanmu, cobalah tips berikut ini: Sering Bertengkar Dengan Pasangan?Kenali 3 Pola Komunikasi Ini Untuk Harmoniskan Hubungan.

Pernikahan dimaksudkan untuk menjadi tempat yang aman dan relatif bebas dari konflik. Meskipun tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan berdebat tentang hal kecil, itu bisa dilakukan.

 

Baca juga: Apakah Depresi Dapat Menghancurkan Pernikahan?

 

6. 1 Korintus 13: 4-7

"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu."

Ayat ini sering dikutip sebagai bagian mendasar untuk mengasihi orang lain. Ayat ini juga adalah dasar-dasar bagi pasangan yang berusaha mengembangkan hubungan pernikahan mereka ke arah yang lebih baik.

Semua pasangan menikah akan menjalani musim yang sulit dan kalian membutuhkan bimbingan dari 1 Korintus 13: 4-7.

Semakin cepat pasangan mengakui bahwa definisi cinta mereka tidak berarti jika dibandingkan dengan cinta yang dijelaskan dalam Alkitab, semakin cepat mereka dapat mulai mempraktikkan karakteristik yang dijelaskan dalam 1 Korintus 13.

 

Baca juga: Setiap Pernikahan Pasti Lewati 4 Musim Ini, Di Musim Apa Kamu Sekarang?

 

7. Matius 19: 8-9

Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian. Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah."

Perceraian adalah hal yang rumit. Dalam Matius 19: 8-9 Musa mengizinkan perceraian, bukan karena alasan yang dapat dibenarkan, tetapi karena hati orang menjadi keras.

Maksud Tuhan adalah agar pasangan dapat berkembang dengan meresponi konflik mereka dengan benar. Tetapi cara manusia bukanlah cara Tuhan. Mereka telah mengeraskan hati mereka atas rencana Tuhan dan telah memutuskan untuk membawa masalah ke tangan mereka sendiri. Hasilnya tentu kehancuran.

Untuk itu pastikan lembutkan hatimu dan ijinkan Tuhan bekerja dalam pernikahanmu. Jadikan Tuhan sebagai pusat kehidupanmu dan keluargamu, dan selesaikan masalah dengan cara Tuhan bukan caramu sendiri.

Dasarkan pernikahanmu pada 7 ayat yang telah kita bahas. Bersandar pada Tuhan dan libatkan Dia dalam setiap masalah yang kamu hadapi bersama pasanganmu. Bangunlah pernikahan yang kudus dan biarlah Allah dimulaikan atas pernikahanmu.

Kamu punya masalah rumah tangga dan butuh dukungan doa? Jangan khawatir, TIM DOA KAMI siap memberikan dukungan dan doa untuk Anda 24 jam! Hubungi tim doa kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/yjInginDidoakan.

 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami