Kamu Pengguna Kereta Sebagai Alat Transportasi Umum? Ayo Simak 5 Tips Anti Ribet dan Aman

Kamu Pengguna Kereta Sebagai Alat Transportasi Umum? Ayo Simak 5 Tips Anti Ribet dan Aman

Claudia Jessica Official Writer
804

Tidak memiliki kendaraan pribadi atau mungkin jauhnya jarak antara kantor dan rumah adalah beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan transportasi umum.

Kereta api adalah salah satu jenis transportasi umum yang diandalkan oleh banyak orang. Selain murah, kereta juga memiliki keuntungangn lain seperti bebas macet, cepat, memiliki banyak stasiun dan mungkin lebih nyaman. Selain itu, kapasitas kereta juga cukup banyak sehingga efektif di jam-jam sibuk.

Nah jika kamu adalah pengguna kereta regular, inilah tips supaya kamu merasa aman dan ga ribet sewaktu menggunakan jasa transportasi umum ini.

1. Jangan bawa banyak barang

Angkutan umum jelas digunakan oleh banyak orang lain yang tidak kita kenal. Karena itu, ada baiknya untuk tidak membawa barang terlalu banyak.

Disarankan untuk membawa satu tas saja nyaman dipakai dan mampu menampung barang yang dibutuhkan seperti, ponsel beserta chargenya, dompet, earphone (jika perlu), botol air minum, alat make up (jika perlu). Ingat untuk membawa barang yang penting saja agar tasmu ringan.

Jika barangmu banyak atau tasmu terlalu berat, selain menyusahkan dirimu sendiri, juga akan mengganggu penumpang lain. Usahakan untuk menaruk tas di depan dada atau dipangkuan (jika kamu mendapat tempat duduk) agar aman dari tindak pencurian ya.

2. Tiba di stasiun lebih awal dari jadwal keberangkatan

Kereta sudah memiliki jadwal yang teratur. Jangan sekali-kali kamu datang terlambat jika tidak mau tertinggal dan harus menunggu lebih lama untuk jadwal kereta selanjutnya.

Usahakan untuk datang setidaknya 15 menit lebih awal. Selain kamu tidak ketinggalan kereta, kamu juga bisa lebih santai bahkan kamu bisa sarapan ringan, membaca berita, membuka sosial media atau bahkan mempersiapkan diri untuk pertemuan di kantor nanti.

3. Gunakan uang elektronik atau e-money

Di zaman sekarang udah banyak kereta yang harus menggunakan uang elektronik. Tentunya ini memudahkan para pengguna karena hanya perlu melakukan ‘tap’ dan bisa langsung memasuki stasiun sementara saldo akan terpotong secara otomatis.

Jadi, pastikan kamu memiliki saldo yang cukup ya.

4. Gunakan pakaian yang nyaman dan sopan

Pakaian menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan jika menggunakan angkutan umum, termasuk kereta api. Pastikan pakaian yang kamu pakai nyaman dan sopan. Bagi wanita, hindari pakaian terbuka, karena rawan pelecehan seksual.

Di jam-jam sibuk, kereta biasanya penuh dan sesak dengan penumpang, berdiri berdekatan satu sama lain. Jadi untuk menghindari hal-hal tidak senonoh di dalam kereta, gunakan pakaian tertutup dan sopan.

Hindari pula memakai perhiasan berlebihan agar tidak mengundang niat orang berbuat jahat, seperti mencuri atau menjambret.

5. Jangan buang sampah dan makan di dalam kereta

Perhatikan etika ketika kamu telah berada di dalam kereta. Jangan membuang sampah dan makan sembarangan. Walaupun ada petugas kebersihan kereta, kita haru tetap menaati peraturan untuk kenyamanan sesama pengguna lain.

Tidak seperti kendaraan pribadi yang bisa kamu perlakukan sesuka hati, sebagai warga negara yang baik, kita perlu menaati peraturan yang berlaku, menjaga keamanan dan ketertiban agar selamat sampai tujuan.

Tetap waspada dan selalu berhati-hati terhadap risiko kejahatan yang mengintai karena kejahatan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami