Bukan Soal Cepat, Tapi Ambillah Keputusan yang Tepat

Bukan Soal Cepat, Tapi Ambillah Keputusan yang Tepat

Lori Official Writer
      972

Daniel 2: 16

Maka Daniel menghadap raja dan meminta kepadanya, supaya ia diberi waktu untuk memberitahukan makna itu kepada raja.


Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 9; Yohanes 19; 1 Raja-Raja 5-6

Waktu kamu diminta untuk melakukan sesuatu yang gak mungkin, kamu mulai menolak kepanikan dan mencari semua fakta. Lalu kamu akan mulai meminta lebih banyak waktu.

Kenapa? Karena godaan terbesarmu di tengah krisis adalah bersikap impulsif. Kamu cenderung tidak akan berpikir rasional. Tapi memilih berpikir secara emosional. Kamu mau membuat keputusan yang cepat.

Sayangnya, adalah lebih baik membuat keputusan yang benar daripada keputusan yang instan.

Keputusan yang salah akan tetap salah, gak peduli seberapa cepat kamu membuat keputusan itu. Jadi mulailah melangkah mundur, tarik napas panjang, tenangkan diri dan ambil waktu untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

Daniel melakukan hal ini saat raja memintanya untuk menafsirkan mimpi (setelah raja memerintahkan meminta penafsir mimpi sebelumnya dibunuh). Lalu Daniel segera pergi menghadap raja dan meminta lebih banyak waktu untuk memberi tahu raja soal arti mimpi itu (Daniel 2: 16).

Dia memberi kita teladan yang luar biasa untuk menghadapi tekanan besar dengan meminta lebih banyak waktu lalu berkomunikasi dengan Tuhan tentang krisis itu.

Jadi, kita akan cenderung membuat keputusan yang lebih baik saat kita tidak terburu-buru mengambil keputusan. Pakailah waktumu.


Hak cipta Rick Warren, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami