Ini Alasan Kenapa Menghargai Perbedaan di Tempat Kerja Itu Penting

Ini Alasan Kenapa Menghargai Perbedaan di Tempat Kerja Itu Penting

Lori Official Writer
748

Isu rasial yang muncul belakangan ini membuat banyak orang mulai berpikir tentang pentingnya menghargai perbedaan.

Perbedaan ini sendiri bukan hanya mencakup rasa, jenis kelamin dan agama. Tapi juga mencakup berbagai hal termasuk gaya kerja, usia dan kepribadian. Bukan hanya di lingkungan sosial, tapi menghargai perbedaan juga ternyata penting diterapkan di lingkungan kerja. Karena percaya atau gak, sikap sangat menentukan bagaimana seseorang menghasilkan ide, pandangan dan juga kreativitasnya di dunia kerja.

Menghargai perbedaan dalam hal ini adalah seperti saat semua rekan kerja mengerjakan sebuah proyek, pasti akan ada perbedaan pendapat atau ide dan bahkan penolakan. Dan satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah bagaimana setiap pekerja tidak menempatkan perbedaan pendapat itu menjadi masalah personal. Sebaliknya, setiap pekerja harus punya cara pandang yang berbeda bahwa apa yang mereka kerjakan adalah untuk tujuan berhasilnya proyek.

Ada dua manfaat menghargai perbedaan di tempat kerja diantaranya:

1. Mengurangi stress, konflik dan masalah di tempat kerja

Memiliki sikap menghargai dan menghormati rekan kerja yang lain akan membantu meningkatkan komunikasi antar pekerja yang berdampak pada kinerja tim. Selain itu, sikap ini juga sangat membantu kesehatan psikologi pekerja. Seperti menghindari stress dan meningkatkan rasa bahagia.

2. Meningkatkan produktivitas, pandangan dan pemahaman

Dengan meningkatnya rasa saling pengertian dan rasa hormat, maka proses bertukar ide atau pikiran pun akan sangat mudah dilakukan. Selain itu sesama pekerja akan mampu untuk meningkatkan wawasan atau pandangannya soal bidang pekerjaan yang mereka kerjakan. Hal ini berguna untuk membuat setiap pekerja hanya fokus untuk mengerjakan tugasnya dengan baik.


Baca Juga:

Back to Office, Ini Aturan New Normal Bagi Para Pekerja

Satu dari Tujuh Kesalahan Keuangan Ini yang Bikin Kamu Kerap Terlilit Utang


Lalu bagaimana pekerja menunjukkan rasa hormat di lingkungan kerja?

1. Pekerja harus bisa mengelola kemarahan mereka.

Dalam hal ini pekerja harus bisa mengontrol kemarahan saat satu masalah muncul. Masalah ini bisa muncul karena akibat provokasi dari orang tertentu. Jadi, hal penting yang bisa dilakukan pekerja adalah memikirkan kembali darimana pemicu masalah. Kalau ternyata itu hanya hal yang sepele, akan lebih baik untuk mengendalikan emosi.

2. Selalu berkomunikasi dengan cara yang sopan.

Sikap kasar kepada rekan kerja akan merusak budaya kerja yang positif. Gak ada yang mau bekerja denganmu kalau kamu bersikap kasar, menghina atau meremehkan orang lain.

Penting untuk berusaha menjadi rekan kerja yang sopan, positif dan menghargai.

3. Tunjukkan sikap saling mendukung.

Meningkatkan keterampilan berkomunikasi sangat penting. Karena dari komunikasi kamu menunjukkan dukungan kepada rekan kerja yang lain, seperti membagi ide, pemikiran dan pemahaman.

4. Jangan menilai orang lain dari tampilan luarnya.

Menilai orang lain adalah cara yang mudah untuk merusak hubungan dengan rekan kerja. Karena akan muncul gap atau batasan yang menonjol antara pekerja sehingga menyebabkan sentimen tertentu.

Daripada merusak hubungan dengan cara ini, kenapa tidak justru lebih mengenal rekan kerja lebih dekat. Sehingga proses kerja bersama bisa ditangani dengan baik.

Ingatlah bahwa di dunia kerja, kita akan bertemu dengan beragam jenis pekerja. Dimana diantaranya berasal dari budaya, suku dan agama yang berbeda. Mereka juga memiliki perilaku, karakter serta pola kerja dan cara pandang yang berbeda. Karena itu belajarlah untuk beradaptasi dengan perbedaan.

Khususnya bagi orang percaya, kita dipanggil untuk menjadi pemersatu perbedaan. Jadi kalau kamu adalah seorang pekerja di sebuah kantor yang di dalamnya banyak rekan kerja dari beragam latar belakangan, hormati dan hargailah mereka. Buat perbedaan dimulai dari dirimu sendiri.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami