7 Masalah Rumah Tangga Ini Pasti Pernah Kamu Alami. Nah Begini Cara Menyelesaikannya (2/2)

7 Masalah Rumah Tangga Ini Pasti Pernah Kamu Alami. Nah Begini Cara Menyelesaikannya (2/2)

Claudia Jessica Official Writer
761

Berapa lama pernikahanmu berjalan? Satu tahun? Tiga tahun? Lima tahun? Atau mungkin puluhan tahun? Dalam pernikahan yang menyatukan dua orang menjadi satu, pasti gesekan dan perbedaan pernah terjadi sehingga menimbulkan perselisihan dan pertengkaran.

Meski demikian, jika pertengkaran dapat diatasi dengan baik, hubunganmu bersama pasangan memungkin menjadi lebih dekat jika kalian saling memahami dengan baik.

Nah, ini dia penyebab suami-istri biasanya bertengkar:

Baca juga: 7 Masalah Rumah Tangga Ini Pasti Pernah Kamu Alami. Nah Begini Cara Menyelesaikannya (1/2)

4. Keluarga Besar

Kamu dan pasangan tumbuh di keluarga yang berbeda dan memiliki dinamika sendiri dan juga budaya yang berbeda.

Kamu dan keluarga besarmu mungkin terbiasa melakukan beberapa hal seperti berlibur bersama selama berhari-hari, kemudian menggunakan barang satu sama lain dan mungkin mampir tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tetapi jika pasanganmu tidak tumbuh dan terbiasa dengan keadaan seperti ini, dia mungkin merasa privasinya telah terusik, merasa frustasi dan bingung.

Karena itu penting bagi kalian untuk membuat kesepakatan dalam kehidupan pribadimu. Ini pernikahanmu berdua dengan pasanganmu, bukan keluarga besarmu.

Tentu saja keluarga besar memiliki peran penting namun jangan lupakan bahwa kamu harus memprioritaskan pernikahan dan pengasuhan anak-anak dengan menunjukkan rasa hormat dan kasih pada anggota keluargamu.

5. Teman

Jika lingkungan pertemananmu dan pasangan berbeda, makan kamu harus beradaptasi dengan teman-teman pasanganmu demi pernikahanmu.

Mungkin kamu akan mengalami kesulitan untuk menemukan teman yang bisa ‘klik’ denganmu. Meski begitu, mendapatkan teman baru adalah bagian penting dari kehidupan pernikahan.

Kamu tidak harus menjadi teman baik atau teman dekat dengan semua teman pasanganmu tetapi jika mereka adalah orang yang penting bagi pasanganmu, penting bagimu untuk mengenal mereka.

Mungkin ada teman dekatmu yang tidak akur dengan pasanganmu, tidak apa-apa. Kamu tidak bisa memilih salah satu dari mereka karenanya, bicarakan dengan pasangan jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan temanmu.

Ada baiknya jug ajika kamu memiliki teman yang sudah menikah dan memiliki nilai yang sama denganmu dan pasangan.

Baca juga: Sering Bertengkar Dengan Pasangan? Kenali 3 Pola Komunikasi Ini Untuk Harmoniskan Hubungan

6. Keintiman

Keintiman otentik mengarah ke seks yang baik, dan seks yang baik tergantung pada keintiman. Namun, banyak pernikahan tidak memiliki salah satu atau keduanya adalah alat ikatan yang penting.

Mungkin terdapat pasangan yang memasuki pernikahan dengan beban emosional akibat pelecehan, aktivitas seksual sebelumnya, rasa tidak aman, dan pornografi yang mempengaruhi keintiman dalam pernikahanmu.

Biacaralah dengan pasangan apa yang dapat membantu mereka merasa dicintain sehingga kalian dapat terhubung. Selain itu, bicarakan juga apa yang membuat mereka merasa tidak dicintai. Mungkin saja ada hal sepele yang membuat hubungan kalian menjadi renggang.

Lakukan juga pekerjaan spiritual dan emosional perawatan diri sehingga kamu dapat mencintai pasangan tanpa hambatan oleh rasa takut, rasa bersalah ataupun perbandingan.

Tanpa memberi waktu, perhatian, dan kebaikan satu sama lain, keintiman dan seks akan mengecewakan.

7. Iman

Jika kamu dan pasangan memiliki latar belakang iman atau perspektif yang berbeda dalam keterlibatan atau afiliasi, kemungkinan kalian akan mendapati perbedaan pendapat mengenai gereja mana yang harus kalian hadiri atau bahkan tidak sama sekali.

Kamu bisa mengajukan banyak pertanyaan tentang latar belakang gereja dan iman ketika kamu dan pasangan masih berkencan. Jangan pernah menganggap bahwa kamu dapat mengubah pikirn seseorang setelah menikah.

Argumen berkembang dari kesombongan dan keras kepala. Diskusi berkembang dari rasa saling menghormati

Baca juga: 7 Alasan Paling Sering Bikin Suami Istri Bertengkar Tiap Kali Liburan Tiba

Itulah hal yang penting dalam pernikahan untuk memprioritaskan bagaimana kamu setuju dan tidak setuju akan suatu hal. Bahkan jika ada masalah penting, kamu tidak bisa menyelesikan masalah tersebut tanpa berdiskusi terlebih dahulu bersama pasanganmu.

Belajarlah untuk saling menghormati satu sama lain termasuk ketika kalian membuat sebuah keputusan bersama.

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami