Bagaimana Menghindari Gereja Online Mengkanibal  Gereja Tatap Muka

Internasional / 1 June 2020

Kalangan Sendiri

Bagaimana Menghindari Gereja Online Mengkanibal Gereja Tatap Muka

Puji Astuti Official Writer
9205


Tetapi bagaimana kita bisa secara praktis mendidik orang Kristen tentang tujuan mendasar dari gereja online ini? Kami mungkin tidak dapat mengendalikan anggota kami untuk tidak menonton online dan memaksa mereka untuk datang ibadah secara tatap muka.

Inilah yang perlu kamu  pikirkan: apa yang membuat orang ingin datang ke kebaktian gereja secara langsung?

Bagaimana kamu mencegah ibadah onlinemu mengkanibal ibadah secara tatap muka?

Bagian mana dari kehidupan gereja yang TIDAK mereka bisa dapatkan online?

Apa yang tidak bisa diunduh?

Saya bisa memikirkan beberapa ...

Persahabatan, suasana kebersamaan, pelayanan tatap muka, jamahan Roh Kudus, sekolah minggu untuk anak-anak, pelayanan pemuda, keterlibatan jemaat dalam pelayanan, dan masih banyak lagi. 

Tim saya telah bereksperimen dan mencoba menyelesaikan masalah ini di Heart of God Church sejak lama. 

Inilah bagaimana kamu bisa melakukan deferensiasi  ibadah online dan tatap muka. 

Ini seperti membuat dua jenis konten untuk dua  penonton. Intinya, hampir seperti membangun dua gereja. (Lihat permintaan #1)

Itulah mengapa penting membangun Gereja yang Kuat, seperti model gereja dimana HOGC dibangun. Di HOGC Experience (HOGCx), yang adalah pelatihan intensif pendeta tahunan kami, kami mengajarkan 5 Pilar Gereja Yang Kuat, semuanya tidak bisa di download. 

- Kebanguanan rohani remaja dan dewasa muda

- Rumah

- Karakter

- Budaya dan atmosfer

- Mobilisasi

Inilah kesalahan umum yang terjadi.

- Jika ibadah onlinemu cuma rekaman ibadah tatap muka, maka itu menjadi pengganti ibadah saja. Akibatnya, orang akan memilih tinggal dan menonton di rumah. 

- Jika gerejamu dibangun hanya berdasarkan pengjaran/kotbah  dari kefasihan seorang “hamba Tuhan yang berbakat”, maka coba tebak? Semua konten kotbah bisa diunduh. Akibatnya, orang akan memilih online untuk mendapatkan masukan mingguan dari pengkotbah favorit mereka. 

Kabar baik dan buruk. 

Kabar buruknya, jika gereja dibangun di atas dasar konten ‘pewahyuan’ atau penampilan dari pendeta yang berkotbah, mereka mungkin mampu menarik follower online yang besar tetapi mereka tidak menawarkan sesuatu yang unik  yang menarik orang untuk datang. 

Kabar baiknya, jika gerejamu dibangun di atas dasar elemen yang tidak bisa di unduh (seperti contoh di atas), maka tekanan diambil dari tampilan panggung/kamera dan dibagi diantara departemen yang lain. 


Sumber : https://asiaevangelicals.org/
Halaman :
1234Tampilkan Semua

Ikuti Kami