Dear Parents, Ini 10 Kata Terlarang yang Tidak Boleh Kamu Ucapkan Pada Anak Remajamu (2/2)
Sumber: zoomeru.com

Parenting / 21 May 2020

Kalangan Sendiri

Dear Parents, Ini 10 Kata Terlarang yang Tidak Boleh Kamu Ucapkan Pada Anak Remajamu (2/2)

Claudia Jessica Official Writer
2522

Seperti yang pernah disebutkan di artikel sebelumnya bahwa anak-anak adalah pemimpin di masa depan yang sedang kita bentuk saat ini. Dalam membentuk karakter anak, ada sepuluh kalimat yang tidak boleh kita ucapkan pada anak remaja.

Apa saja dan mengapa kita tidak boleh mengatakan kalimat tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Dear Parents, Ini 10 Kata Terlarang yang Tidak Boleh Kamu Ucapkan Pada Anak Remajamu (1/2)

6. “Kamu harus melakukan ... dan menjadi ...”

Ketika kamu mendorong pencapaian dan kesempurnaan sedemikian rupa, anak akan merasa tertekan dan ada potensi untuk menghancurkan keinginan anak untuk hidup. Mereka akan merasa bahwa dirinya tidak cukup mampu untuk memenuhi ekspektasimu dan kamu mungkin tidak tahu bahwa anakmu memiliki keinginan atau minat di bidang lain. Tetapi doronglah mereka dengan cara ilahi, ajari mereka siapa dan siapa mereka.

Efesus 6:4 “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

7. “Kamu terlalu gemuk atau terlalu kurus”

Bagi anak remaja yang memiliki masalah dengan makanan, gangguan makan atau kelebihan berat badan, kata-katamu dapat mengangkat atau bahkan menjatuhkannya.

Amsal 16:24 "Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang."

Pilihlah kata-kata yang menyenangkan, dan membantu anakmu untuk bersemangat dan pulih. Jadilah obat yang baik untuk anak remajamu dan berikan mereka kata-kata yang positif.

Amsal 17:22 "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”

Baca juga: Mengasuh Anak Berarti Harus Berkorban, Apakah Orangtua Sudah Berkorban Banyak Demi Anak?

8. “Pergi dari hidupku dan jangan pernah kembali”

Mazmur 119:115 "Menjauhlah dari padaku, hai penjahat-penjahat; aku hendak memegang perintah-perintah Allahku."

Mengusir orang jahat dari hidupmu adalah benar dan aku berdoa bahwa mereka bukan anak-anakmu. Anakmu selalu disambut di sebuah rumah, rumah Tuhan.

Mazmur 27:4 "Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.

9. “Jangan pernah memberi tahu siapa pun tentang ...”

Sebuah rahasia dapat benar-benar menimbulakan banyak pikiran dalam benak mereka terlepas berapa pun usia mereka. Melumpuhkan. Mengontrol. Merusak. Menghancurkan. Kehidupan.

Lukas 8:17 "Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan."

Apa yang dilakukan "dalam gelap" akan terungkap. Cahaya menyembuhkan sebagaimana Yesus adalah Terang Tuhan. Penyembuh. Penebus. Juruselamat dan Raja.

Markus 4:22 "Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap."

Baca juga: Anak Membutuhkan Seorang Pemimpin, Bukan Bodyguard

10. “Aku membencimu”

Tuhan itu baik sepanjang waktu, pegang itu di tangan kananmu.

Musuh datang untuk mencuri, membunuh dan menghancurkan, pegang itu di tangan kirimu.

Yohanes 10:10 "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan"

Tuhan penuh cinta dan kasih 1 Yohanes 4: 8  dan  1 Yohanes 4:16

Ilustrasi di atas dimaksudkan untuk membantu orang melihat kebaikan dan kejahatan dalam kehidupan sehari-hari. Berharap agar kamu dapat memikirkan apa yang mereka alami dan menentukan apakah itu baik atau jahat.

Jika kamu mengenal kasih, jika kamu mengenal Tuhan, tolonglah anakmu untuk dapat mencari Tuhan. Karena Tuhan dapat ditemukan dalam hubungan yang lebih dalam dan lebih bermakna dengan iman, harapan, dan kasih.

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami