Claudia Jessica

Official Writer
394


Sulit bagi pasangan membicarakan tentang uang. Bahkan sebuah studi dari Ramsey Solutions, perusahaan yang dimulai oleh pakar keuangan Dave Ramsey, menemukan bahwa uang adalah masalah nomor satu yang diperebutkan oleh pasangan menikah.

Terlebih lagi pertengkaran soal keuangan adalah faktor utama penyebab perceraian, di belakang perselingkuhan.

Baca juga: Saat Dalam Krisis Keuangan, Berdoalah Dengan 6 Ayat Alkitab Iniā€¦

Bagaimana pun situasi di rumah, keuangan membawa serangkaian tantangan unik dan kita harus menghadapinya secara langsung. Kita harus tahu bagaimana menghindari hal-hal umum yang menyeret kita ke dalam masalah yang menyebabkan perselisihan dalam pernikahan kita.

1. Mulailah dengan dasarnya

Sebelum membahas lebih dalam, ada satu hal penting yang perlu kamu ketahui. Kamu tidak punya uang, pasanganmu tidak punya uang. Semua itu milik Tuhan, Dia hanya mempercayai kita dengan beberapa hal sementara waktu.

Mazmur 24:1 "TUHANlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya." Semuanya milik Tuhan, dan kita dipanggil untuk menjadi pelayan yang setia atas apa yang Dia berikan kepada kita.

Ketika pasangan suami istri memahami konsep ini bersama-sama, mereka siap menghadapi tantangan keuangan yang menunggu. Selain itu, mereka juga akan memberkati orang lain di sekitar mereka untuk Allah.

Baca juga: Satu dari Tujuh Kesalahan Keuangan Ini yang Bikin Kamu Kerap Terlilit Utang

2. Mulai percakapan

Pembicaraan mengenai keuangan antar suami-istri tidaklah mudah. Namun bukan berarti kita harus menghindarinya. Kita harus berbicara dengan terbuka dan jujur soal uang.

Selain itu, membicarakan keuangan juga dapat membuat kalian jadi lebih dekat dan mengenal satu sama lain.

Menurut Ramsey, "mereka yang mengatakan mereka memiliki pernikahan 'bagus' hampir dua kali lebih mungkin berbicara tentang keuangan setiap hari atau setiap minggu dibandingkan dengan mereka yang mengatakan pernikahan mereka 'baik' atau 'dalam krisis.'"

94 persen dari responden survei Ramsey yang mengatakan bahwa mereka memiliki pernikahan yang 'bagus' mendiskusikan mimpi keuangan mereka dengan pasangan mereka, dibandingkan dengan hanya 45 persen responden yang mengatakan pernikahan mereka 'baik' atau 'dalam krisis.'

Baca juga: Meski Ekonomi Diprediksi Minus, Tetap Ada Peluang Usaha di Tengah Krisis. Mau Tau?

3. Buat anggaran atau tetap dengan kesepakatan yang sekarang

Anggaran adalah aspek penting dalam mengelola keuangan rumah tangga. Tapi, jangan biarkan anggaran mengatur hidupmu.

Kamu harus tahu berapa yang kamu hasilkan dan berapa banyak yang kamu belanjakan, supaya kamu tidak mengeluarkan uang lebih banyak dari pemasukanmu dan tidak perlu berhutang karenanya.

Tapi jangan biarkan anggaran mendominasi hidupmu. Anggaran hanyalah alat yang dapat kamu gunakan untuk memastikan kamu menjadi pelayan yang baik. Jangan biarkan anggaran menjadi injil, dan berilah ruang bagi Roh Kudus untuk bekerja atas hidupmu.

Pertengkaran dan perselihan dalam pernikahan pasti terjadi, dan uang bisa jadi alasan atas pertengkaranmu. Tapi, jika kamu memusatkan perhatian pada Yesus dan kamu menemui tantangan keuangan, kamu akan bisa menyelesaikannya. 

Sumber : crosswalk.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Banner Mitra April Week 2