Indonesia Umumkan Ikut Berpartisipasi Dalam Hari Doa Sedunia, Begini Acaranya!

Indonesia Umumkan Ikut Berpartisipasi Dalam Hari Doa Sedunia, Begini Acaranya!

Lori Official Writer
723

Pemerintah Indonesia menyampaikan partisipasi soal Hari Doa Sedunia yang akan digelar pada Kamis, 14 Mei 2020.

Lewat Kementerian Agama dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), partisipasi ini Hari Doa Nasional ini akan dilakukan dengan menggelar Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan yang akan dipimpin oleh tokoh lintas agama dan juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin.

Panitia Pelaksana Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan Nifasri yang menjabat sebagai Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama menyampaikan bahwa kegiatan doa ini akan disiarkan secara live di stasiun televisi TVRI, RRI dan juga saluran resmi media sosial Kementerian Agama pada Kamis, 14 Mei 2020 mulai pukul 09.30 sampai 11. 00 WIB.

"Kami berharap, meskipun dari rumah, seluruh umat dapat mengikuti doa bersama dengan menyaksikan siaran live ini," kata Nifasri.

Dia juga menyampaikan bahwa acara doa ini ditujukan untuk mendoakan Indonesia bebas dari Covid-19 sekaligus mengajak masyarakat untuk berbagi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan Indonesia bebas dari Covid-19 sekaligus membangkitkan kepedulian dan rasa kemanusiaan bangsa dalam menghadapi pandemi global ini,” kata Nifasri.

Acara doa ini sendiri akan dipimpin oleh enam tokoh agama dari lintas agama seperti Prof Dr. Quraish Shihab perwakilan dari umat Muslim, Pendeta Ronny Mandan, M.Th perwakilan dari Kristiani Protestan, Ignatius Kardinal Suharyo dari Katolik, Ida Pedanda Nabe Gede Bang Buruan Manuaba dari Hindu, Sri Pannavaro Mahathera dari Budha dan Xs. Budi S. Tanuwibowo dari Konghucu.

Dengan digelarnya acara ini, Nifasri meminta seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dari rumah masing-masing. “Kami berharap  meskipun dari rumah seluruh umat dapat mengikuti doa bersama dengan menyaksikan siaran live ini,” katanya.


Baca Juga: Doakan Penemuan Vaksin Corona, 14 Mei Jadi Hari Puasa Seluruh Umat Beragama di Dunia


Dia juga menyampaikan kalau di akhir acara akan digelar konser penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Di penghujung acara kita juga akan menggalang dana guna dimanfaatan untuk bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19,” katanya.

Seperti diketahui, Hari Doa Sedunia ini awalnya dicanangkan oleh Komite Tinggi Persaudaraan Manusia (The Higher Committee of Human Fraternity). Acara ini secara langsung digelar serentak di seluruh dunia dan akan diikuti oleh seluruh lintas agama dari berbagai negara.

“Semua orang dari ajaran agama, keyakinan dan sekte manapun harus berdoa kepada Tuhan meminta supaya pandemic ini segera berlalu dari kita dan seluruh dunia, untuk menyelamatkan kita semua dari kesulitan ini, untuk mengilhami para ilmuwan untuk menemukan obat yang bisa mengobati penyakit ini dan menyelamatkan seluruh dunia dari dampak kesehatan, ekonomi dan manusia dari pandemi serius ini,” kata panitia penyelenggara.

Buat semua masyarakat Indonesia yang tinggal di rumah, yuk ikut berpartisipasi di hari doa besok. Persiapkan stasiun televisimu dan berdoa untuk pemulihan kondisi saat ini.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami