Lori Mora

Official Writer
295


Di ulang tahunnya yang ke-32, pelantun lagu Someone Like You Adele mengejutkan publik setelah memposting gambar dirinya yang kini sangat berubah.

Adele tampak berbeda dengan bentuk tubuhnya yang kurus. Selama tidak aktif dalam beberapa tahun belakangan, ternyata Adele sedang fokus menjalani program diet ketat yang berhasil menurunkan berat badannya sebesar 45 kilo.

Meski tidak mengomentari soal perubahan dirinya dan pola diet yang dia jalani. Publik pun menjadi sangat penasaran dan akhirnya mendapatkan jawaban dari perubahan penampilan sang penyanyi iconik ini.

Selama setahun belakangan, rupanya Adele tengah menjalani satu diet yang disebutkan dengan Sirtfood Diet.

Berikut fakta yang perlu kamu ketahui soal jenis diet baru ini.

Sirtfood Diet adalah sebuah program diet yang jadi trending setahun belakangan ini ditulis dalam sebuah buku oleh Aidan Goggins dan Glenn Matten. Diet ini sendiri fokus pada diet yang didasarkan pada jenis makanan yang kaya sirtuins yaitu sejenis protein yang memperbaharui pertumbuhan sel dan mencegah peradangan. Beberapa jenis makanan ini diantaranya kangkung, kakao, stroberi dan teh hijau.

Makanan-makanan yang termasuk dalam kelompok ini dipercaya mampu mengaktifkan sirtuin dalam tubuh karena kandungan proteinnya yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti melindungi sel dari peradangan, memperbaiki sistem metabolisme tubuh, mencegah penuaan dan membakar lemak dalam tubuh.

Jenis Makanan yang Tergolong Sirfoods

Seseorang yang menjalani diet ini, termasuk Adele, harus menjalani pola diet yang ketat. Dimana mereka harus menghindari berbagai jenis makanan berkarbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang mengandung protein dan lemak saja.

Adapun jenis makanan yang tergolong sirtfood diantaranya:

- Teh hijau

- Bubuk kakao

- Kunyit

- Kubis

- Bawang

- Peterseli

- Brokoli

- Bunga Kol

- Minyak Zaitun

- Buah Zaitun

- Apel

- Anggur Merah

- Cokelat hitam

- Ikan kaya Omega-3 (Salmon, trout dan mackerel)

Pola Diet Sirtfood

Diet ini dibagi menjadi dua fase.

Fase Pertama

Fase ini dilakukan selama tujuh hari penuh. Selama tiga hari pertama, mereka yang menjalani diet harus mengkonsumsi tiga jenis jus hijau sirtfood dan satu kali makan biasa yang kaya sirtfood. Total kalori yang harus dipenuhi tidak lebih dari 1000 kalori.

Di hari keempat sampai ketujuh, mereka harus mengkonsumsi dua jenis jus hijau selama dua kali sehari dengan total sebanyak 1500 kalori sehari.


Baca Juga: Mengenal Pola Diet ‘16:8 Intermittent Fasting’ yang Dijalani Artis Jennifer Aniston


Fase Kedua

Di fase kedua ini, mereka yang menjalani sirtfood diet perlu menjalani fase pemeliharaan selama 14 hari yang bertujuan untuk membantu menurunkan berat badan dengan konstan. Selama fase ini, mereka akan makan tiga jenis makanan seimbang yang kaya akan sirtfoods beserta satu jenis jus hijau. Sementara unuk total kalori yang dibutuhkan dalam fase ini tidak disebutkan dengan pasti. Tapi kemungkinan sesuai dengan kalori yang sudah ditetapkan.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis jus yang terbuat dari matcha, herbal lovage dan gandum.  Sedangkan untuk makanan, disarankan dari yogurt kedelai dengan buah beri, kenari dan cokelat hitam, telur dadar dengan bacon, sawi merah, dan peterseli, sandwich kalkun, keju dan hummus serta udang goreng dengan kale dan mie soba.

Setelah menjalani dua fase ini secara tuntas, mereka yang menjalani sirtfood diet harus melakukan sebagai kebiasaan pola makan.

Di tiga minggu pertama bahkan sangat dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi makanan kaya sirtfoods dan konsisten mengkonsumsi jus hijau harian.

Sangat disarankan untuk berhenti berolahraga dan mengurangi rutinitas biasa selama fase pertama. Karena energi akan terkuras banyak karena asupan makanan yang masuk tidak mengandung banyak kalori. Tapi setelah pola diet sirtfoods ini sudah jadi kebiasaan, tentunya mereka sangat dianjurkan untuk menjalani olahraga yang teratur.

Karena manfaatnya yang sanat baik bagi kesehatan, sirtfoods diet ini pun menjadi pilihan bagi penyanyi Adele. Salah satunya mampu menurunkan berat badan berlebih. Berkurangkan asupan kalori dalam menu makan harian, secara otomatis akan membuat lemak di dalam tubuh terbakar. Berat badan tentunya akan turun secara konstan selama program diet ini dijalankan dengan teratur.

Efek Samping Sirtfood Diet

Fase pertama diet ini memang terbilang cukup ekstrim bagi para pemula. Diet yang hanya mengharuskan mengkonsumsi 1000 kalori selama seminggu tentunya akan berpengaruh besar bagi tubuh. Kemungkinan yang akan terjadi adalah tubuh akan kehilangan cairan dan kehilangan massa otot yang berdampak pada kerusakan sistem metabolisme tubuh.

"Membatasi asupan kalori sebanyak ini hanya akan baik-baik saja jika dilakukan selama beberapa hari. Tapi itu benar-benar tidak ideal," kata Michael Russo, MD, seorang ahli bedah bariatric di Memorial Care Surgical Weght Loss Center di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley.

“Sangat penting untuk memperhatikan jenis kalori apa yang kamu konsumsi. Mendapatkan protein yang cukup sangat penting karena itu adalah sumber pembangun tubuh,” lanjutnya.

Jadi karena pola sirtfoods diet ini terbilang cukup ketat dan ekstrim, bagi setiap orang yang ingin mencoba sangat dianjurkan untuk lebih dulu berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter. Atau mentor diet yang secara khusus menjalankan diet tersebut. Namun jika ternyata tubuh tidak mampu mengikuti pola diet ini, ada baiknya memilih pola diet yang sesuai dengan kapasitas tubuh seperti contoh Intermittent atau Mediterania diet.

Setiap diet pasti akan berdampak bagi kesehatan jika dilakukan dengan teratur dan dibarengi dengan olahraga. Selain terhindar dari berbagai penyakit, tampak lebih awet muda bisa jadi bonus yang kita dapatkan dari pola diet sehat ini.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7256

Banner Mitra April Week 2