Lori

Official Writer
909


Kita hidup di tengah kondisi dimana kehidupan normal seolah menghilang dalam waktu yang sangat singkat.

Banyak orang yang mulai bertanya-tanya kapan kondisi ini akan segera berakhir? Kenapa kondisi ini harus terjadi?

Gak heran kalau kita akan mendapati ada banyak orang yang mulai panik dan ketakutan. Orangtua mulai menggila karena harus mendampingi anaknya sekolah lewat zoom setiap hari.

Ada banyak ahli yang mungkin menyampaikan pandangan dan pendapat mereka tentang apa yang sedang terjadi. Tapi kebenarannya adalah inilah waktu yang tepat bagi kita untuk menyatakan injil. Tuhan mau kita menyatakan kemuliaan-Nya atas dunia. Tapi Dia tidak meminta kita untuk membela-Nya. Dia meminta kita menyampaikan pendapat kita tentang apa yang sedang Dia lakukan dan kenapa kondisi ini harus terjadi sekarang?

Karena itulah sebagai orang percaya, tugas kita adalah terus memperkatakan firman Tuhan bagi semua orang. Bukan sebaliknya membuat orang lain justru berbalik dari Tuhan. Karena itulah ada 3 hal yang seharusnya orang Kristen tidak ucapkan di masa-masa pandemi ini.

Pertama, pandemi adalah hukuman Tuhan atas dunia

Hanya dengan mengatakan ini membuat gambar Allah seperti seorang hakim yang kejam dan penuh amarah. Tentu saja Tuhan bukan pribadi yang sembarangan memberikan hukuman. Tuhan sudah menghakimi manusia saat berada di Taman Eden.

Jadi, setiap bencana yang terjadi di dunia ini bukan semata-mata hukuman Tuhan. Ini adalah konsekuensi dari dosa yang dilakukan manusia.

2. Dia sakit karena gak beriman

Ini adalah salah satu ucapan yang akan menyakiti orang lain. Bahkan ucapan itu bisa membuat orang yang awalnya percaya Tuhan justru memilih untuk meninggalkan imannya.

Iman adalah tentang Tuhan dan bukan tentang kita. Dan saat kita menyampaikan hal ini ke orang lain, kita sedang mengambil kendali dari Tuhan. Tanpa sadar sebenarnya kita sedag mencoba untuk memamerkan iman kepada orang lain.

3. Pandemi ini diluar dari kendali Tuhan

Orang Kristen sering mengatakan hal ini saat mereka berusaha membela Tuhan. Mereka tahu bahwa Tuhan itu baik karena itu gak mungkin Dia mengendalikan sesuatu yang jahat atau buruk terjadi.

Faktanya, Tuhan itu memang baik dan tidak merancangkan kejahatan. Tapi mengklaim kalau Dia tidak pegang kendai sama dengan mengklaim kalau Dia bukan Tuhan. Masalahnya adalah antara ‘memegang kendali’ dan ‘menyebabkan’. Ada banyak orang yang pasti memakai dua kata ini dengan artian yang sama. Padahal sebenarnya sangat berbeda.

"Tuhan tidak mengendalikan virus ini" sebenarnya bermaksud bahwa “Tuhan tidak menyebabkan virus ini”.

Mazmur 92: 15 berkata bahwa Tuhan selalu melakukan hal yang benar. Tuhan adalah batu penjuru kita. Yohanes juga menyebut Tuhan sebagai terang dunia. Sesuai dengan karakter-Nya, Dia tidak menciptakan kegelapan. Dia tidak menciptakan kejahatan. Dia lah Allah yang akan selalu melakukan hal-hal baik (Kejadian 50: 20) dan seperti yang ditulis Yesaya 14: 24 bahwa “TUHAN semesta alam telah bersumpah, firman-Nya: "Sesungguhnya seperti yang Kumaksud, demikianlah akan terjadi, dan seperti yang Kurancang, demikianlah akan terlaksana”

Jadi, kondisi yang kita alami saat ini sama sekali tidak diciptakan oleh Tuhan. Tapi sekalipun begitu, Dia tetap ambil kendali atas apa yang kita hadapi. Jadi, sebagai wakil Tuhan di dunia mari lebih bijaksana menyampaikan pandangan kita kepada orang lain. Buktikan bahwa kata-kata kita mengandung hal positif yang membangkitkan iman orang lain dan yang bahkan bisa membawa banyak orang menemukan Tuhan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2