Lagi Karantina, Ga Bisa Work Out ke Gym? Ayo Work Out Di Rumah Aja!

Lagi Karantina, Ga Bisa Work Out ke Gym? Ayo Work Out Di Rumah Aja!

Claudia Jessica Official Writer
1223

Jika kamu adalah seorang penggemar kebugaran atau penggemar olahraga santai, maka pergi ke gym dan menggunakan alat olah raga bersama-sama dengan orang lain yang (mungkin) membawa virus akan terasa mengerikan bukan?

Penyebaran COVID-19 yang masih terus berlanjut hingga saat ini, membuat banyak pusat kebugaran menutup pintu mereka untuk menmbantu menekan kurva penyebaran COVID-19. Tentunya juga untuk melindungi anggota mereka.

Jika latihan kebugaran adalah bagian yang penting dalam hidupmu, kamu mungkin akan bertanya-tanya bagaimana kamu bisa melakukan latihan kebugaran selama di rumah? Bersyukurlah karena jawaban dari hal ini tidak sulit untuk dilakukan.

Seorang ahli fisiologi olahraga menjelaskan bahwa banyak hal yang akan kita temui dengan melatih kebugaran di rumah. Teruma tentang menjaga tingkat kebugaran.

Berikut ini adalah beberapa saran praktis tentang cara tetap aktif di rumah.

01 Temukan latihan melalui video dan aplikasi online

Ada banyak video latihan gratis yang beredar di internet. Mulai dari Zumba atau aerobic, olah raga kardio ataupun menari. Kamu bisa mencoba beberapa latihan ini di rumah untuk menemukan pola dan instrukstur yang kamu sukai. Bahkan, kamu bisa mengajak orang rumah untuk ikut bergabung denganmu.

02 Berjalan, lari, atau bersepeda di luar

Semua orang bisa pergi ke luar sebentar untuk mencari udara segar atau berolah raga. Kita bisa Berjalan, berlari atau bersepeda beberapa menit atau beberapa di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.

Jika kamu seorang penggemar kebugaran yang berpengalaman dan kamu benar-benar ingin meningkatkan detak jantunmu, pilihlah bukit atau coba latihan HIIT berbasis berlari.

03 Fokus pada gerakan berat badan

Kini saatnya untuk menggabungkan latihan beban tubuh ke dalam latihanmu. Gerakan yang dapat dicoba mencakup hal-hal seperti push-ups, squat, lunges, planks dan burpees.

Hal-hal tersebut dapat dilakukan dengan efisien dan gratis. Pilih beberapa gerakan yang berbeda dan buat latihan sirkuit dengan menyelesaikan pengulangan sebanyak mungkin dari satu gerakan itu dalam satu menit.

Kemudian kamu bisa istiraha sebentar dan lanjutkan ke gerakan berikutnya dan lakukan hal yang sama. Ulangi ini selama 15 hingga 20 menit.

04 Pesan peralatan kebugaran murah secara online

Hal-hal seperti lompat tali, tarik palang yang menempel pada kusen pintu, pelatih suspensi dan band resistensi adalah barang murah yang dapat melukaimu ketika kamu lakukan latihan di rumah.

Karenanya, disarankan untuk mengikat pelatih suspensi ke pohon di luar. Atau kamu juga bisa bertanya apakah anggota keluarga atau tetangga lain memiliki dumbel atau barbel tua yang tidak lagi mereka gunakan.

05 Gunakan barang-barang di sekitar rumah

Gunakan kreativitasmu ketika kamu harus berolahraga di rumah. Jalan turun-naik di tangga rumahmu, gunakan kursi untuk triceps dips atau ambil kaleng sup atau satu galon air sebagai beban. Atau lompati kotak sepatu beberapa kali dapat menjadi ledakan kardio yang cepat.

06 Libatkan keluarga

Jika kamu memiliki anak, kemungkinan mereka memiliki lebih banyak energi untuk dibakar. Cobalah masukkan mereka ke dalam rencana olahragamu untuk tetap aktif bergerak. Kamu bisa mendorong mereka untuk melakukan push-up bersamamu.

Atau kamu juga bisa mengajak hewan peliharaanmu jalan-jalan setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa mengajak mereka membakar kalori dengan menari atau senam irama.

Karantina bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas normalmu. Karantina mendorongmu agar kreatif untuk tetap melakukan aktivitas normalmu, di dalam rumah.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami