Inilah 3 Fakta Penting Kebakaran Besar di Gereja Christ Cathedral Serpong
Sumber: Detik.com

Nasional / 27 April 2020

Kalangan Sendiri

Inilah 3 Fakta Penting Kebakaran Besar di Gereja Christ Cathedral Serpong

Lori Official Writer
3973

Gereja Christ Cathedral atau disebut juga dengan GBI Basilea Serpong yang terletak di Kawasan Paramount Serpong, Kabupaten Tangerang ini terbakar pada Senin, 27 April 2020 pagi.

Berdasarkan berbagai informasi yang beredar, peristiwa ini dinyatakan terjadi secara tiba-tiba. Seperti dihimpun dari berbagai sumber, Jawaban.com merangkum 3 fakta penting terkait kebakaran hebat gereja ini diantaranya:

1. Sumber kebakaran berasal dari dalam gereja

Kabid Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Tangerang Kosrudin menyampaikan bahwa sumber api yang melahap habis bagian ruang ibadah gereja Christ Cathedral bersumber dari lantai 2.

Meskipun belum bisa memastikan penyebab kebakaran, tapi Kosrudin meyakini api berasal dari korsleting listrik.

"Boleh menduga ini karena tidak ada aktivias biasanya seperti ini akibat korsleting listrik biasanya," katanya.

2. Kerusakan mencapai lebih dari separuh gereja

Kabid Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Tangerang Kosrudin menyampaikan bahwa kerusakan gedung gereja mencapai 60%.

“Sekitar 60% lah. Bagian elilingnya nggak runtuh. Ada beberapa yang runtuh bagian tengah karena kebakarannya di tengah. Jadi kalau kita lihat dari luar nggak kelihatan,” kata Kosrudin.

Dia mengatakan kondisi yang paling mengalami kerusakan adalah ruang ibadah. Sementara bagian depan gereja dalam keadaan baik.


Baca Juga: 3 Suasana Kerukunan Beragama di Tengah Pandemi Virus Corona, Buktikan Berbeda Itu Indah!


3. Salah satu gereja dengan jemaat terbanyak

GBI Basilea Serpong ini berada dalam urutan ke-12 dari 17 gereja dengan jemaat terbanyak di Indonesia. Jumlah jemaatnya sampai saat ini mencapai 12000 orang.

Gereja ini sendiri didirikan oleh pengusaha kaya sekaligus Pendeta Billy Sindoro. Gereja ini sendiri memiliki gedung yang megah yang diberi nama Christ Cathedral.

Sementara pihak gereja sendiri telah menyampaikan informasi resmi mengenai kebakaran ini melalui akun Instagramnya di @ccmychurch. Di akun ini pihak gereja menyampaikan empat poin penting yang dijabarkan dalam tulisan berikut.

Salam sejahtera dalam Kristus. Berikut informasi resmi dari pihak gereja mengenai kebakaran yang terjadi di fasilitas ibadah Christ Cathedral:

1. Gereja Christ Cathedral Gding Serpong mengalami kebakaran sejak tadi pagi sekitar pukul 7 pagi, 27 April 2020.

2. Penyebab kebakaran belum diketahui. Masih akan dilakukan investigasi oleh pihak-pihak yang berwenang.

3. Api sudah bisa dipadamkan seluruhnya sekitar pukul 11.30.

4. Tidak ada korban jiwa.

Terima kasih atas doa dan dukungan saudara terhadap gereja Christ Cathedral. Kami akan memberikan updates secara regular mengenai perkembangan selanjutnya. Tuhan memberkati.

Mari mendukung saudara seiman kita di tengah musibah ini dan kiranya ini bisa jadi perhatian bagi seluruh gereja-gereja di Indonesia secara khusus.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami