Biar Pernikahan Jauh Dari KDRT, Yuk Bangun Hubungan di Rumah Dengan 4 Kebiasaan Ini…
Sumber: clplawyers.com.au

Marriage / 22 April 2020

Kalangan Sendiri

Biar Pernikahan Jauh Dari KDRT, Yuk Bangun Hubungan di Rumah Dengan 4 Kebiasaan Ini…

Lori Official Writer
2851

Tinggal di rumah selama 24 jam sehari bagi semua pernikahan, tanpa terkecuali pernikahan bahagia sekalipun pasti akan menjadi tantangan besar.

Rumah jadi ruang kecil yang membuat suami istri menjadi lebih dekat secara fisik dan juga lebih rentan dengan berbagai konflik. Salah satu masalah yang dihadapi adalah rentannya pernikahan mengalami tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Karena itu penting sekali untuk menerapkan seni membangun hubungan yang baik dengan pasangan, diantaranya:

1. Memastikan komunikasi yang baik

Rahasia dari hubungan yang sehat adalah komunikasi.

Semakin banyak komunikasi yang dibangun antara suami dan istri sepanjang hari, semakin baik pula dampaknya kepada hubungan. Saat salah satu pihak punya pandangan, ide dan cara yang berbeda dalam mengatasi keadaan tertentu, satu-satunya cara untuk menyamakannya adalah dengan berkomunikasi.

2. Memahami kebutuhan masing-masing

Suami istri yang tinggal di rumah harus memahami apa yang menjadi kebutuhan pasangannya. Karena saat tinggal di rumah, ruang bergerak atau menikmati wkatu sendiri bagi masing-masing pasangan pasti akan semakin kecil. Karena itulah penting untuk saling terbuka tentang apa yang mereka butuhan. Misalnya, apakah suami butuh ruang sendiri? Kalau ya, istri harus tahu kapan dia memberikan waktu pribadi kepada pasangan dan tidak berusaha mengganggunya.

Hal serupa juga berlaku bagi istri. Saat istri butuh waktu untuk dirinya sendiri, suami juga harus mau memberikannya.


Baca Juga: Saat Pasanganmu Lagi Tertekan, Topanglah Dia Dengan 4 Cara Ini…


3. Mulai rutinitas baru bersama

Tinggal di rumah bisa jadi masalah tapi bisa juga jadi berkat. Nah, supaya tidka terjadi konflik, alangkah baiknya untuk menemukan ide baru tentang cara menjalani sepanjang hari dengan aktivitas baru.

Seperti yang dilakukan banyak suami istri, mereka memilih untuk masak bersama. Mencoba menu baru dan bereksperimen dengan semua bumbu yang ada di dapur.

Menghabiskan waktu bersama untuk melakukan sesuatu yang baru akan meningkatkan bukan hanya keintiman, tapi juga membangun kerja sama yang baik antara suami dan istri.

4. Hargailah hal-hal sederhana diantara kalian

Menjalani kehidupan di masa-masa normal membuat banyak pasangan lupa dengan hal-hal sederhana yang ada di dalam diri pasangannya.

Di masa-masa tinggal di rumah inilah waktunya untuk melihat kembali secara mendalam hal-hal yang perlu disyukuri dari pasangan. Misalnya, bersyukur bisa menikmati secangkir kopi atau teh bersama di luar rumah. Bisa saling bertukar pikiran tentang keadaan yang ada. Bisa lebih banyak merecanakan masa depan dan sebagainya.

Saat salah satu pasangan benar-benar stress di rumah, entah karena terlalu banyak pekerjaan atau bosan, cobalah untuk menjadi pendukung. Pahami masalahnya dan tahan dirimu untuk tidak menyulut api kemarahan yang berakibat pada tindakan kekerasan. Berhati-hatilah dalam bersikap satu sama lain.

Sumber : cnn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami