Lori Mora

Official Writer
492


Pasangan penyanyi rohani Kristen Jeremy dan Andrienne Camp, yang dikenal dengan dengan lagu I Still Believe ini mengungkapkan kisah perjalanan pernikahan mereka yang sudah berusia 20 tahun.

Jeremy bertemu dengan Andrienne setelah kehilangan istri pertamanya Melissa karena sakit kanker di usia 23 tahun.

Setelah mengarungi bahtera pernikahan selama 17 tahun, pasangan ini pun membagikan perjalanan cinta kepada publik.

Jeremy mengungkapkan jika mereka melakukannya untuk membagikan tentang apa yang Tuhan ajarkan kepada keduanya selama menjalani pernikahan.

Andrienne sendiri mengaku jika keduanya memang sepertinya sudah ditakdirkan bersama oleh Tuhan. Dan perjalanan cinta itu dimulai tidak dengan mudah. Dia mengaku bahwa mereka sama sekali tidak saling tertarik pada awalnya.

"Itu bukan cinta pada pandangan pertama saat Jeremy dan saya bertemu saat tur di tahun 2002. Tapi ketika saya melihat bagaimana Tuhan menyatukan kita, saya tidak dapat membayangkan menikah dengan siapapun selain Jeremy. Kami berdoa memiliki kepribadian yang kuat dan sudah saling menundukkan kepada dan menjalani percakapan dan konflik yang sulit. Tapi pada akhirnya, saya melihat bagaimana kekuatan dan kelemahan kami menyeimbangkannya. Hanya Tuhan yang bisa tahu," kata Andrienne.

Dia mengaku bahwa Jeremy adalah hadiah yang diberikan Tuhan untuk dirinya. Dan Tuhan yang paling tahu apa yang dia butuhkan. Karena itulah penting untuk mencari Tuhan dan membiarkan Dia memuaskan hidup kita. “Dia akan membawa orang yang tepat kepada kita,” terangnya.

Berdasarkan perjalanan cinta yang melibatkan iman inilah Jeremy dan Andrienne Camp membagikan 9 tips pernikahan yang memuliakan Tuhan, diantaranya:

1. Jujuran dan Transparan

Hanya dengan jujur satu sama lain dan kepada Tuhan yang membuat pernikahan mereka bisa berhasil.

Karena gak bisa dipungkiri bahwa ada saat dimana cinta bisa memudar dalam pernikahan. Pada saat mengalami itulah, suami istri perlu jujur terhadap diri sendiri dan kepada Tuhan.

“Hanya sedikit dari kita yang berjalan dalam kasih tanpa syarat itu. Tuhan akan memberikan hal-hal itu kepada kita kalau kita bertaya kepada-Nya,” ungkap Andrienne.

2. Komunikasi

Sejak pertama kali menikah, baik Jeremy dan Andrienne sudah menyepakati untuk selalu mengkomunikasikan segala hal diantara mereka. Karena itulah pentingnya untuk tidak berpura-pura kalau semuanya baik-baik saja.

“Jangan berharap orang lain bisa membaca pikiranmu,” kata Jeremy.

3. Mematikan Keinginan Sendiri

“Kami saling menekan tombol, saling mengganggu. Intinya, itu adalah salah satu alat terbesar yang Tuhan gunakan untuk mengajarkan kami untuk mati bagi kedagingan kami,” kata Andrienne.

Dia menyampaikan pentingnya untuk meminta Tuhan untuk membuat kita mencintai tanpa syarat setiap hari.

“Salah satu budaya kebohongan besar memberi tahu kita bahwa jika pasangan kita tidak memenuhi impian kita dan menahan kita dari apa yang kita yakini sebagai panggilan sejati kita, tidak apa-apa untuk pergi. Itu kebohongan si musuh. Kamu perlu meminta Tuhan untuk membantumu tetap berkomitmen dan mati untuk dirimu sendiri bahwa ketika kamu tergoda untuk pergi,” ungkap Jeremy.

4. Kerendahan hati

 “Banyak konflik dalam pernikahan berasal dari keinginan untuk mengubah orang lain. Itu tidak berhasil. Kita perlu dengan penuh doa bertanya, ‘Apa yang ada dalam diriku yang perlu diuabah?’” kata Jeremy.

Karena itu, dibutuhkan kerendahan hati untuk tetap mengasihi pasangan, sekalipun cinta rasanya mulai memudar.

Dia menganjurkan untuk berhenti mencoba mengubah orang lain dan meminta Tuhan untuk mengubah hati kita sendiri lebih dulu.

5. Hadapi peperangan rohani

Peperangan rohani itu benar-benar nyata. Dan salah satu target dari si musuh adalah memecah belah sebuah keluarga.

“Pernikahan Kristen adalah cerminan dari Kristus dan mempelai wanita-Nya yaitu gereja. Ini adalah contoh persatuan dan kesatuan. Jadi, tentu saja, musuh seperti singa yang mengaum, berusaha untuk melahap dan menghancurkan pernikahan. Kita harus mengerti bahwa kita tidak berguat melawan darah dan daging, itu adalah musuh Yesus yang berusaha menyebabkan konflik,” terang Jeremy.

Karena itu, pasangan menikah harus benar-benar menyadari bahwa si musuh sedang menyerang pernikahan kita. Jadi, berjaga-jagalah dengan menggunakan peralatan perang iman kita.


Baca Juga: Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film, Jeremy Camp Libatkan Shania Twain


6. Kreatif

Kesengajaan sangat penting dalam pernikahan. Meluangkan waktu untuk pasangan adalah faktor yang bisa memperkuat hubungan.

“Sulit untuk menghabiskan waktu bersama ketika kamu punya bayi yang baru lahir dan menjadi kelelahan. Lalu, ketika anak-anak tumbuh remaja, kamu menghadapi sesuatu yang sama menantangnya. Kamu harus memaksakan diri untuk didisiplinkan dan meluangkan beberapa saat setiap hari untuk saling memperhatikan,” kata Andrienne.

7. Temukan kepuasan di dalam Tuhan saja

“Kalau kita melihat secara eksklusif satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan kita, kita akan kecewa. Yesus melengkapi kita ketika kita berjalan berdampingan. Sementara pernikahan adalah hal yang baik dan indah, hanya Kristus sajalah yang memenuhi kebutuhan kita sepenuhnya,” kata Jeremy.

Dia menegaskan bahwa hanya Kristus sajalah yang bisa memenuhi kebutuhan kita sepenuhnya. Saat suami istri menyadari hal itu, mereka akan lebih mencintai satu sama lain dan memenuhi kebutuhan masing-masing dengan mengandalkan kuasa Roh Kudus.

8. Temukan bimbingan di tengah konflik

Banyak pasangan menikah yang sedang dalam masalah mendapati dirinya enggan untuk mencari bantuan dari pihak luar.

Dalam kehidupan rumah tangga, Jeremy menyampaikan betapa pentingnya untuk mendapatkan bantuan dari orang lain yang mungkin punya sudut pandang yang berbeda.

“Tidak harus menjadi penasihat resmi, tapi temukan seseorang yang pernikahannya dipercayai dan dihormati. Bagikan dengan mereka apa yang terjadi,” katanya.

Jadi penting sekali bagi pasangan menikah untuk memiliki pasangan-pasangan terdekat yang bisa membantu ketika kondisi sedang tidak baik. Karena mereka bisa saja memberikan solusi yang tepat berdasarkan pengalaman pernikahan mereka yang terbukti berhasil.

9. Percayalah kepada Tuhan sepenuhnya

Untuk pasangan yang sedang berjuang dalam pernikahannya, Jeremy dan Andrienne menyampaikan bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Bahkan pernikahan yang paling rusak sekalipun bisa dipulihkan oleh Tuhan.

“Alkitab penuh dengan contoh-contoh tentang bagaimana Allah menebus bahkan situasi dan manusia yang paling buruk dan paling dahsyat. Sering kali, kita membatasi Tuhan dan memasukkannya ke dalam kotak dimana kita berkata, ‘Tidak mungkin kita bisa menyelamatkan hal ini.’ Tapi Kristus yang mati di kayu salib memberi kita semua kekuatan yang perlu kita ubah. Jangan batasi apa yang dilakukan Kristus di kayu salib,” kata Jeremy.

Dia pun menyampaikan bahwa pernikahan itu memang tidak mudah. Tapi Tuhan adalah Tuhan yang merupakan kebangkitan dan hidup. Ketika kita merasa putus asa, kita perlu berlutut dan membawa kehancuran kita kepada-Nya. Jangan pernah menyerah dan belajarlah untuk saling mengampuni satu sama lain.

Sumber : CP | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7256

Banner Mitra Maret Week 3