#Dirumahaja Bingung Mau Usaha Apa? Yuk Bangun Usaha Online Dengan 7 Tips Ini

#Dirumahaja Bingung Mau Usaha Apa? Yuk Bangun Usaha Online Dengan 7 Tips Ini

Puji Astuti Official Writer
1126

Masa-masa wabah COVID-19 ini membuat banyak orang yang harus #dirumahaja, bahkan tidak sedikit yang kehilangan pekerjaan atau kena PHK. Semua orang memutar otak bagaimana caranya agar tetap bertahan hidup, apa yang harus dilakukan untuk mencari nafkah.

Dibalik masalah ini, kita juga melihat perubahan prilaku. Sebuah ulasan  ekonomi menyatakan bahwa sekarang ini tingkat mereka yang berbelanja online meningkat 30%. Bahkan produk yang terjualpun tidak hanya produk fashion atau pakaian saja, namun hingga merambah kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Selalu ada peluang dibalik masalah yang terjadi. Untuk itu buat kamu yang mungkin mengalami masa sulit,yuk sama-sama kita coba untuk mencari peluang itu, sambil terus meminta bimbingan Tuhan.

Nah, buat kamu yang baru pertama kali ingin terjun di bisnis online nih, berikut ada 7 tips yang akan bisa membantumu untuk memulainya.

#1 Tentukan produk yang akan kamu jual.

Kebanyakan orang berpikir terlalu rumit tentang hal ini karena kita semua ingin mengubah dunia dan membangun sesuatu yang sangat menarik. Tapi kita harus mulai dengan sesuatu yang sangat mendasar seperti sesuatu yang bisa kita jual besok dan memang keahlian kita.

Apa yang kamu jual tidak selalu berupa benda, tapi juga bisa berupa jasa, atau konsultan yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

Pengusaha pemula biasanya membuat kesalahan ini, yaitu ketika mereka berpikir, “Oh saya tidak dapat meluncurkan produk besok, saya perlu duduk untuk membuat rencana bisnis dan menghitung semuanya dan kemudian mungkin membuat situs web yang bagus dan kemudian kamu tahu, berbicara dengan teman dan mempresentasikan  ide saya.Tapi sebelum meluncurkannya ke pasar saya harus memastikan itu sempurna.

Itu super salah, jangan lakukan itu karena masalahnya adalah kamu mungkin menghabiskan waktu 2 tahun untuk membangun sesuatu, membuat websitenya, melakukan riset  dan kemudian kamu meluncurkannya ke pasar dan pasar ternyata tidak membutuhkan itu, karena kadang-kadang kita hanya memunculkan ide-ide yang buruk atau kadang-kadang kita muncul ide ini untuk menyelesaikan masalah yang hanya kita alami.

Jadi saran saya melakukannya dengan segera,  meluncurkannya ke pasar, kemudian mendengar semua masukan tentang idemu kemudian mengubah apa yang butuh diubah, ini adalah satu-satunya cara untuk membangun usaha yang hebat.

#2  Kamu tidak perlu membuat situs web mewah dan menyewa pengembang yang mahal.

Ada begitu banyak alat ata platform online yang dapat kamu  gunakan dan banyak di antaranya gratis. Kamu bisa membuat landing page untuk produk kamu dengan wordpress dan dibutuhkan sekitar 20 menit atau 1 jam untuk membangun landing page ini.

Dan jika kamu ingin membuat landing page dengan domain kamu sendiri, kamu  cukup membelinya dari perusahaan penyedia layanan hosting dan domain hanya dengan biaya sekitar 500 ribu rupiah saja.

#3 Mulai mengumpulkan email orang.

Halaman landing page kamu hanya akan menjual produk, karena itulah tujuan akhirnya, tetapi masalahnya adalah kamu akan mulai membayar iklan. Kamu akan perlu mempromosikan produk dan kamu tidak ingin kehilangan uang itu.

Untuk itu, saat membangun usaha online ini buat sedemikian rupa sehingga langkah pertama kamu adalah mengumpulkan email atau nomor telepon orang-orang yang mengunjungi halaman produk yang kamu jual.  Setelah mendapatkan email orang-orang itu, langkah kedua adalah jual sesuatu yang harganya murah atau terjangkau untuk mereka. Dan langkah terakhir ketika mereka sudah membeli sekali, adalah menjual sesuatu yang lebih besar dan bernilai kepada orang itu. Jadi mengumpulkan email adalah poin penting

#4 Pilih system pembayaran yang memudahkan pembeli.

Coba tebak tujuan bisnismu? Ya, menghasilkan uang. Jadi, untuk benar-benar menghasilkan uang, pastikan bahwa kamu mempermudah pelangganmu untuk melakukan pembayaranBisa saja sih kamu menggunakan cara transfer bank, tapi apakah hal itu memang benar-benar mudah untuk melakukan komfirmasi pembayaran dan lain sebagainya.

Saat ini sudah ada banyak system pembayaran online yang bisa digunakan. Untuk kamu yang mau memulai bisnis international, kamu bisa menggunakan PayPal dan stripe. Sedangkan jika kamu mentarget dalam negeri, carilah system pembayaran yang mendukung usaha kecil dan menengah, sehingga kau tidak tercekik biaya administrasinya.

#5 Menentukan harga produk.

Seringkali sebagai pengusaha pemula,  cenderung meremehkan produk sendiri. Akhirnya dia memberi harga yang terlalu murah, hal inipun tidak baik. Jadi jangan terlalu rendah harganya, tetapi juga jangan terlalu mahal.

Pertimbangkan biaya produksi, biaya promosi, nilai dari benda atau jasa yang kamu jual, baru tentukan harganya. Jika kamu mulai meluncurkan produk dengan harga yang tidak terlalu mahalke depannya kamu bisa mempertimbangkan menaikkan harga jika peminat tinggi dan dengan beberapa perubahan pada produk.

#6 Bagaimana cara menarik pelanggan pertamamu?

Mulai dengan iklan Facebook dan targetkan orang-orang yang memiliki minat yang sama atau sesuai dengan profil target market kamu. Misalnya kamu memulai agensi yang membantu membangun situs web untuk wirausahawan, maka buatlah iklan dengan  metargetkan wirausahawan muda yang sudah ada dan Facebook. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama di  YouTube, atau Google, atau kalau kamu sudah memiliki daftar  email, kamu bisa langsung mengirim promosi ke mereka.

Atau kamu juga bisa berkolaborasi dengan orang lain, beginilah influencer menghasilkan uang.  Tapi hal itu  tergantung cara kamu bernegosiasi dengan influenser yang kamu tuju. Saya telah berbicara dengan banyak pengusaha, dan banyak yang mengatakan bahwa 30% dari pengunjung website mereka berasal dari media sosial mereka sendiri sedangkan  70% berasal dari penargetan ulang iklan di Google. Jadi saya akan merekomendasikan jika kamu  tidak memiliki komunitas social media sendiri maka  mulailah dengan iklan online .

#7 Dan jika sekarang kamu belum memiliki ide atau kamu  tidak tahu kapan akan mulai, maka mulailah dengan membangun komunitas online.

Saya bergaul dengan begitu banyak blogger, mereka menghasilkan jutaan rupiah per bulan, bukan karena mereka pengusaha hebat tetapi karena mereka memiliki komunitas yang hebat.

Jadi bangun komunitas di sekitarmu, jika kamu seorang profesional di suatu bidang seperti mungkin adalah seorang digital marketingatau pembuat kue, mungkin fotografer, apapun keahliaanmu, ada banyak  hal yang bisa kamu lakukan. Mulailah dengan membagikan pengetahuanmu kepada komunitas yang kamu buat.

Membuat akun  Instagram adalah platform termudah untuk memulai tetapi memiliki jangkauan yang kurang organik. YouTube sedikit lebih sulit dalam hal upaya, seperti kamu perlu mengedit video dan hal-hal lain tetapi platform ini menawarkan jangkauan organik yang luar biasa. yang lainnya adalah Facebook, ada LinkedIn, dan ada begitu banyak platform lainnya.

Mulai sesuatu sekarang mulailah membangun komunitasmu  dan bayangkan jika dalam enam bulan kamu  memiliki 1000 orang dalam platform komunitasmu, maka kamu  sudah memiliki basis pelanggan potensial dimana kamu dapat memasarkan sesuatu, atau  dimana kamu  dapat menguji ide-idemu.

Kamu bisa bertanya,  “Teman-teman,  jika saya membuat produk ini apakah kamu akan membelinya?” dan mereka akan memberi kamu  umpan balik instan dan itu hal gratis namun sangat berharga bagi usahamu.

Nah, itu ide buat kamu memulai usaha online mulai dari nol. Buat kamu yang sudah punya pengalaman, kamu juga bisa berbagi dengan yang lain melalui kolom komentar ya. Yuk saling memberkati. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami