Claudia Jessica

Official Writer
593


Banyak keluarga kewalahan oleh hutang dan benar-benar tertekan dengan beban keuangan. Hal ini pun disebabkan oleh berbagai hal. Mungkin bisnisnya bangkrut, diberhentikan bekerja atau mungkin pekerjaan yang terpaksa harus terhenti.

Namun, tidak perlu khawatir karena Tuhan tetap setia. Selain itu, 6 langkah ini juga bisa membantu mengatasi masalah keuanganmu. Amsal 16: 3 “Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.”

1. Kendalikan Situasi

Ketika kamu harus menghadapi krisis keuangan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami apa dan mengapa kamu masuk dalam situasi itu. Terimalah tanggung jawab yang harus kamu tanggung pada posisi ini.

Mungkin keputusan yang kamu buat di masa lalu mengharuskanmu untuk menanggungnya kini, dan membuat keuanganmu menjadi sulit. Apapun itu, terimalah bahwa Tuhan tidak melupakanmu dan Dia memiliki rencana untuk membuatmu menjalani kehidupan yang bebas dari tekanan finansial.

Baca juga: Dalam 5 Tahun, Hutang Kamu Pasti Akan Lunas Jika Kamu Melakukan Hal Dibawah Ini!

2. Menetapkan Anggaran Sesuai dengan Keuangan

Baik lajang maupun menikah, kamu harus membuat tahu kemana dan untuk apa uangmu pergi. Kemudian, buat juga anggaran untuk memenuhi kebutuhanmu.

Rencana anggaran harus mempertimbangkan pemasukan. Penuhi dahulu kebutuhan ‘nyata’ seperti makanan, tempat tinggal, transportasi yang merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditolak. Buat anggaran ini selama sebulan ke depan hingga penerimaan gaji selanjutnya.

3. Buat Rekening Tabungan/Dana Darurat

Jika suatu hari kamu mendapat tagihan atau keadaan darurat yang tidak direncanakan muncul, kamu bisa menggunakanya untuk membayarnya tanpa menciptakan stress.

Tujuan utama dibukanya tabungan ini adalah utuk memiliki sejumlh dana sebanyak rata-rata 6 bulan dana pengeluaran di rekening/tabunganmu.

Baca juga: Sampai Kapanpun, Kamu Tidak Akan Pernah Bebas Dari Hutang Tanpa Memahami 3 Hal Ini!

4. Jual Barang yang Bukan Kebutuhan dan Kurangi Pengeluaranmu

Jual barangmu yang bukan merupakan kebutuhan pokok, dan ingatlah antara keinganan dan kebutuhanmu. Ketika kamu dapat mengendalikan pengeluaran dan mulai mengurangi hutang, kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk menikmati kehidupan yang lebih berkelimpahan.

5. Pertimbangkan Pekerjaan Sampingan

Kamu mungkin memiliki waktu dan kemampuan untuk melakukan penjualan online atau mungkin juga kamu keterampilan yang memungkin untuk melakukan pekerjaan lepas (freelance). Kini banyak situs yang dapat menyalurkan kemampuanmu dan mengerjakan proyek dari rumah.

6. Setia Kepada Tuhan

Prinsip keuangan Alkitabiah adalah jelas bahwa apa yang kamu tabor, itulah yang kamu tuai.  Mengikuti rencana keuangan-Nya akan memastikan keberhasilan dalam membantu kita menangani hutang dengan tepat.

Tuhan ingin kita mencari bimbingan berkat-Nya ketika kita bekerja untuk mengatasi hutang kita.

Baca juga: #KataAlkitab - Orang Kristen Kok Berhutang? Apakah Boleh? - Juhono Sudirgo

Proses untuk mengurangi dan melunaskan hutang membutuhkan disiplin bagaimana cara kita mengelola keuangan dalam hidup kita.

Amsal 21:5 "Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan"

Sumber : crosswalk.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7255

Banner Mitra April Week 2