Lori

Official Writer
682


Banyak orang pasti merasakan dampak wabah virus corona harus mmebuat mereka bekerja dari rumah. Hal ini gak terkecuali dialami oleh para suami. Mereka harus dipaksa untuk bekerja dari rumah demikian juga dengan istrinya.

Di masa-masa pandemi ini, banyak berita yang melaporkan justru selama masa-masa suami istri tinggal di rumah, konflik pun semakin tinggi bahkan tingkat perceraian diyakini bisa menjadi semakin besar.

Sebagai orang Kristen, kita tentu saja tidak ingin hal ini terjadi kepada rumah tangga kita bukan? Justru sebaliknya, masa-masa tinggal di rumah ini harusnya digunakan sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan antara suami, istri dan juga anak.

Karena itulah, bagi para suami yang harus bekerja dari rumah ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindari keadaan yang tidak baik terjadi di rumah, diantaranya:

1. Ingatlah bahwa emosi atau marah gak akan membantu

Waktu segala sesuatu gak bekerja sesuai dengan yang kita inginkan, banyak dari kita yang mulai frustrasi dan mulai mengalami kemarahan yang meledak-ledak. Para suami akan sangat rentan dengan kondisi ini.

Karena itulah, selama bekerja dari rumah, salah satu gangguan yang bisa memicu kemarahan dan frustrasi bisa saja dari anak atau pasangan. Tapi sebelum mulai marah jawablah pertanyaan ini: Apakah kamu perlu menghabiskan semua waktumu untuk marah karena kebiasaan anak yang sudah mereka lakukan setiap hari? Pandanglah bahwa kondisi inilah yang justru membuat pekerjaanmu semakin menantang

"Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran." (Amsal 19: 11)

Pekerjaanmu emang akan selalu mengikuti deadline. Tapi ingatlah bahwa kamu tak harus selalu memprioritaskan pekerjaan di atas dari keluargamu.

Jadi, alih-alih harus marah karena kondisi rumah menyebabkan pekerjaanmu gak selesai, ingatlah bahwa marah itu gak membantu.

2. Bangunlah kerja sama yang baik dengan pasangan

Jika kebetulan kamu dan pasangan juga harus dituntut untuk bekerja dari rumah, maka berjuanglah bersama dalam mengatasi berbagai kondisi. Sebagai suami, tunjukkanlah penghormatan kepada istri (1 Petrus 3: 7).

Lakukanlah diskusi terbuka, menyampaikan pesan dengan lembut dan spesifik tentang apa yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan.

Sementara Alkitab juga mengingatkan bahwa suamilah yang seharusnya memikul beban yang lebih berat dibandingkan istri.


Baca Juga:

4 Tips Pasangan Ciptakan Rumah Jadi Tempat yang Menyenangkan

Sama-sama Work From Home, Begini Biar Suami Istri Tetap Fokus Kerja Tanpa Gangguan


3. Pandanglah kondisi ini sebagai peluang

Bekerja dari rumah harusnya bisa para suami gunakan untuk menjadi dampak bagi istri dan anak-anak. Misalnya, membiasakan diri untuk membangun semangat bagi seluruh anggota keluarga. Memberikan lebih banyak pelukan dan ciuman kepada istri dan juga anak-anak. Lebih banyak melayani daripada dilayani serta pakailah waktu-waktu di rumah untuk jadi suami dan ayah yang selalu bisa diandalkan.

“…dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.” (Efesus 5: 16)

4. Selalu andalkan Tuhan

Kita percaya bahwa dalam kondisi tersulit sekalipun akan bisa kita lalui jika kita melibatkan Tuhan untuk menyelesaikannya.

Jadi, waktu kamu harus bekerja dari rumah kamu harus berusaha untuk mengasihi keluargamu dengan baik. Jika ada masalah, mintalah kebijaksaan dan hikmat dari Tuhan supaya kamu bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.

“Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin.” (Efesus 3: 20-21)

Jadi bagaimana pengalamanmu selama di rumah bersama keluarga? Semoga kita selalu diberikan sukacita dan damai sejahtera dari Tuhan setiap hari. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7247

Banner Mitra Juli 1-2