Dukung Penanganan Wabah Virus Corona, OBI Sumbangkan Alat Medis ke Dinas Kesehatan
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 1 April 2020

Kalangan Sendiri

Dukung Penanganan Wabah Virus Corona, OBI Sumbangkan Alat Medis ke Dinas Kesehatan

Lori Official Writer
2762

Penanganan wabah virus corona atau COVID-19 di Indonesi masih terus berjalan. Pemerintah sendiri telah mengerahkan seluruh tim medis yang ada untuk bekerja maksimal dalam menangani pasien baik yang masih berstatus ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) maupun yang sudah positif COVID-19. Selain tim dokter dan perawat yang sudah bekerja selama 24 jam di rumah sakit, tim Ambulans Gawat Darurat (AGD) pun jadi garda terdepan dalam penanganan wabah saat ini.

Melalui Dinas Kesehatan Jakarta, tim ini dipastikan terus melakukan tugasnya sesuatu dengan panggilan. Sebagai garda terdepan AGD sendiri harus berhadapan secara langsung dengan pasien.

Menyadari tugas AGD yang sangat berisiko inilah, Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) tergerak untuk membantu Dinas Kesehatan untuk tetap bisa melindungi mereka yang bertugas di lapangan. Tim OBI sendiri telah menyumbangkan sejumlah peralatan medis yang mereka perlukan.

"Alasan kita bantu mereka karena mereka merupakan garda terdepan dalam mobilisasi maupun transport pasien dari rumah ke rumah sakit maupun dari Puskesmas ke rumah sakit atau RS non rujukan ke RS Rujukan. Mereka paramedis terdepan khususnya nomor telepon penting dalam hal edukasi, preventif maupun tranportasi apalagi di masa COVID-19 ini mereka tetap 24 jam/7 hari dalam seminggu melayani warga Jakarta," ucap dr. Sovian Anugrah selaku Humanitarian & Disaster Manager OBI.

Sementara dr. Sovian juga menyampaikan bahwa pemberian sumbangan ini memang bukan hanya untuk kepentingan penanganan wabah virus corona saja. Tapi juga diharapkan bisa berguna untuk penanganan semua penyakit.


Aksi pemberian sumbangan ini sendiri sudah dilakukan sebanyak tiga kali yaitu 23 dan 27 Maret serta 30 Maret lalu.

“(Sumbangan) Masih baru AGD Jakarta berupa: 40 box masker, 80 goggles, 5 liter hand sanitizer, 15 buah bunk bed dan 30 kasur beserta spreinya. Untuk ranjang susun mereka butuhkan karena mereka juga punya tempat karantina untuk paramedis yang sudah terpapar COVID-19 harus dikarantina 14 hari. Jadi, mereka butuh tempat tidur tersebut,” jelas dr. Sovian.


Bukan hanya itu, OBI juga rencananya akan mendukung penanganan wabah virus COVID-19 ini dengan menyumbangkan bantuan serupa ke rumah-rumah sakit rujukan pemerintah, khususnya di daerah Bekasi dan Jakarta.

“Tindakan ke depan kita mau bantu RS Rujukan COVID-19 khususnya di daerah Bekasi dan beberapa RS di Jakarta dan Jawa Barat. Dalam bentuk masker N95, goggles, handscoen (sarung tangan) serta APD (Hazmat Suit),” terangnya.

Terkait pemberian sumbangan ini sendiri, dr. Sovian mengaku jika pihak AGD Dinas Kesehatan Jakarta merasa bersyukur dan berterima kasih. Mereka pun menyambut kedatangan OBI dengan hangat di kantornya.


Apakah Anda juga tergerak untuk membantu OBI untuk mendukung para tim medis dalam menangani wabah virus corona saat ini? Untuk informasi lebih lengkap silahkan sms/telepon ke 0813-4006-6551 atau kunjung https://www.jawaban.com/covid19/ .

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami